Headline (judul) menjadi salah satu elemen penting dalam sebuah konten. Judul yang menarik akan membuat pembaca jatuh cinta pada pandangan pertama, maksudnya tertarik untuk membaca konten yang kamu buat.
Judul juga berpengaruh terhadap optimalisasi SEO sebuah website. Di mana judul konten akan membantu website mendapatkan posisi yang baik di hasil pencarian Google.
Untuk itu, kamu membutuhkan teknik copywriting ketika membuat judul konten yang menarik. Copywriting adalah teknik membuat dan menulis materi pemasaran. Dengan copywriting yang tepat, kamu bisa membuat audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan.
Dengan teknik copywriting, kamu bisa membuat judul konten yang menarik, simpel dan mudah dipahami. Berikut 3 tips copywriting yang perlu kamu perhatikan.
Daftar isi
1. Gunakan Nomor dan Data
Membuat judul dengan menyertakan nomor atau data, akan membuat pembaca penasaran dan percaya dengan konten yang kamu buat. Pembaca juga akan semakin yakin untuk membaca konten.
Terlebih ketika kamu membuat konten yang membahas panduan atau tips tertentu. Berikut contoh konten yang menggunakan angka dan data:
“6 Tips Copywriting Membuat Headline Konten”.
2. Berikan Alasan Kenapa Pembaca perlu Membaca Konten Kamu
Kebanyakan orang suka membuat judul konten menggunakan istilah-istilah yang sulit dimengerti. Sedangkan pembaca belum tentu mengerti dan tertarik dengan istilah yang kamu gunakan.
Oleh karena itu, cukup gunakan kata atau istilah yang membuat pembaca merasa perlu membaca konten yang kamu buat. Berikut beberapa kata yang sering digunakan:
- Alasan.
- Tips.
- Trik.
- Ide.
- Cara.
- Fakta.
- Rahasia.
- Strategi.
- Prinsip.
- Dan lain-lain.
Contoh penggunaannya pada judul konten.
- “5 Tips Sukses Melakukan Social Media Marketing”.
- “6 Alasan Kenapa Bisnis Kamu butuh Digital Marketing”.
- “7 Strategi Digital Marketing untuk Bisnis Kamu Semakin Sukses”.
- Dan lain sebagainya.
3. Gunakan Formula 4U
Untuk menarik perhatian pembaca, kamu juga perlu menggunakan formula 4U ketika membuat judul konten. 4U terdiri dari Useful, Urgent, Unique, dan Ultra-Specific.
A. Useful
Judul yang biasa disukai pembaca yaitu judul artikel yang mengandung sesuatu yang bermanfaat bagi pembaca. Kamu bisa mendefinisikan sebuah masalah dan menawarkan solusi pada judul yang kamu buat.
Contoh : “Keuntungan Menggunakan Google AdWords Untuk Meningkatkan Omset Bisnis Kamu”.
B. Urgent
Setiap pembaca membutuhkan informasi yang penting, terutama hal-hal yang berhubungan dengan kebutuhan pembaca. Urgent disini maksudnya teknik copywriting untuk membuat judul konten yang menggambarkan sesuatu yang penting.
Namun belum tentu setiap orang membutuhkan informasi yang sama bukan? Sebagai solusinya, kamu bisa membuat judul konten yang memberikan manfaat bagi banyak orang.
Contoh: “7 Strategi Agar Bisnis Kamu Tetap Survive di Tengah Kasus Virus Corona (COVID-19)”.
C. Unique
Definisi unik memiliki banyak arti, judul yang unik pada sebuah konten merupakan judul yang memberikan kesan unik terhadap pembaca untuk menarik perhatian pembaca. Berikut salah satu contoh judul konten yang cukup unik.
Contoh: Cara Cepat Membuat Website yang Responsive, programmer wajib baca!
D. Ultra-Specific
Ultra-specific disini maksudnya membuat judul yang menggambarkan isi konten secara keseluruhan. Kamu bisa menambahkan angka seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 1 (gunakan nomor dan data).
Contoh: “4 Manfaat Website Responsive Untuk Bisnis Kamu”.
Selain 3 tips dan formula 4U diatas, jangan lupa menyertakan kata kunci (keyword) pada judul yang kamu buat agar konten kamu mudah ditemukan pada mesin pencari.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!