KOL Specialist adalah salah satu peluang karir yang menjanjikan di era digital ini. Popularitas KOL/influencer sebagai salah satu alat pemasaran menjadi alasannya.
Kamu tertarik dengan peluang karir sebagai KOL Specialist? Pelajari definisi, tugas, skill, dan kisaran gajinya pada artikel ini!
Daftar isi
Apa Itu KOL?
KOL atau Key Opinion Leader, adalah seorang individu yang memiliki pengetahuan dan otoritas yang mendalam dalam suatu bidang tertentu, sehingga mereka mampu memengaruhi pendapat dan perilaku orang lain, terutama dalam konteks marketing.
Karena kemampuannya tersebut, mereka menjadi bagian penting dalam strategi marketing yang dikenal sebagai influencer marketing yang bertugas untuk mempromosikan suatu brand atau produk.
KOL marketing diakui mampu menjadi penggerak utama dalam upaya memengaruhi pendapat dan perilaku audiens mereka di platform media sosial, baik TikTok, Instagram, YouTube, atau yang lainnya.
[Baca juga: Mengenal Istilah Affiliate Marketing]
Definisi KOL Specialist
Nah, karena banyaknya KOL yang ada saat ini, diperlukan seseorang yang mampu mengurus hubungan antara KOL dengan pihak perusahaan/brand. Di sinilah KOL Specialist menjalankan perannya. Biasanya KOL Specialist bekerja di dalam divisi marketing.
Seorang KOL Specialist adalah seorang profesional dalam bidang marketing yang memiliki spesialisasi dalam membangun hubungan dan kolaborasi antara perusahaan/brand dengan Key Opinion Leaders (KOL), yang seringkali merupakan tokoh terkenal atau berpengaruh dalam industri tertentu.
KOL Specialist memiliki tugas untuk membina relasi yang saling menguntungkan antara perusahaan/brand dengan para KOL, dengan tujuan meningkatkan eksposur brand, memengaruhi pendapat dan perilaku target pasar, serta memperkuat kepercayaan dan reputasi positif di dalam industri atau komunitas yang relevan.
Tugas dan Tanggung Jawab
Tugas dan tanggung jawab KOL Specialist tak hanya membina relasi dengan KOL saja. Jika di-breakdown, beginilah tugas dan tanggung jawab KOL Specialist:
- KOL Specialist harus memastikan komunikasi yang baik dengan media, KOL, dan agensi pihak ketiga untuk menjalankan kolaborasi yang efektif dalam pemasaran campaign.
- Tugas berikutnya yaitu melakukan riset mendalam dan memilih KOL dari berbagai platform digital untuk membangun brand experience yang kuat.
- KOL Specialist berusaha untuk menjalin dan memperluas jaringan KOL dalam berbagai kategori produk di media sosial.
- Mereka berkoordinasi dengan KOL dalam mengatur persyaratan, jadwal, dan hasil kerja dalam campaign.
- KOL Specialist bekerja sama dengan anggota tim lain untuk memulai dan melaksanakan campaign promosi produk.
- Mereka melakukan negosiasi biaya untuk jasa KOL, memastikan kesepakatan yang saling menguntungkan.
- KOL Specialist memberikan perkiraan waktu yang akurat untuk campaign pemasaran KOL.
- Tugas berikutnya yaitu menciptakan dan menjelaskan brief secara lengkap kepada KOL, memastikan bahwa mereka memahami tujuan campaign.
- Terlibat dalam brainstorming ide untuk campaign pemasaran sambil memperoleh, mengelola, dan bekerjasama dengan KOL atau influencer.
- Mengatur pertemuan, mengingatkan setiap account executive untuk menjalankan campaign pemasaran, dan memantau kinerja KOL.
Skill dan Kualifikasi
Setelah memahami definisi dan tugasnya, jelas bahwa tanggung jawab seorang KOL Specialist adalah hal yang sangat penting yang tidak boleh diabaikan. Profesi ini melibatkan beragam tugas yang harus dihadapi setiap harinya.
Tanpa kemampuan dan kualifikasi yang memadai, kamu akan kesulitan menghadapi tugas-tugas tersebut. Jadi, sebelum mengejar karier sebagai seorang KOL Specialist, berikut adalah daftar skill dan kualifikasi yang harus kamu kuasai terlebih dahulu:
Soft Skill
Sebagaimana dalam hampir semua profesi, kamu yang ingin menjadi seorang KOL Specialist harus menguasai beberapa soft skill tertentu.
Kamu perlu memiliki kemampuan berkomunikasi, presentasi, dan pemecahan masalah. Ketiga jenis keterampilan ini sangat cocok dengan tugas sehari-hari seorang KOL Specialist yang berinteraksi dengan banyak pihak.
Hard Skill
Selain itu, hard skill juga sangat penting untuk menjadi KOL Specialist yang sukses. Cara menjadi KOL Specialist yang sukses yaitu kamu perlu menguasai skill perencanaan serta memiliki pengetahuan tentang marketing dan media sosial.
Dengan dua keterampilan ini, kamu akan bisa menjalankan campaign yang sukses bersama KOL.
Kualifikasi
Kemudian latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja berperan penting. Kamu tidak harus memiliki gelar spesifik untuk pekerjaan ini, tetapi mahasiswa ilmu komunikasi dan marketing biasanya lebih diutamakan.
Pengalaman minimal 1 tahun di manajemen KOL juga diperlukan. Pertimbangkan untuk magang sebagai KOL Specialist intern di perusahaan terkemuka untuk memulai karier yang sukses di dunia influencer marketing.
Peluang Kerja dan Kisaran Gaji KOL Specialist
Kesempatan berkarier sebagai seorang KOL Specialist sangat banyak, karena banyak perusahaan membutuhkan peran ini. Banyak industri seperti fintech, pendidikan, kecantikan, fashion, dan makanan mencari orang yang ahli di bidang ini.
Gaji seorang KOL Specialist bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, termasuk industri, pengalaman, dan lokasi kerja. Seorang KOL Specialist yang berpengalaman dalam meng-handle campaign dan influencer besar biasanya memiliki pendapatan yang besar pula.
Tertarik Menjadi KOL Specialist?
Itulah penjelasan mengenai definisi, tugas, skill, dan kisaran gaji untuk KOL Specialist. Jika melihat jobdesk dan potensi dari pekerjaannya, profesi ini bisa menjadi pilihan karir yang menarik. Terlebih banyaknya penggunaan influencer marketing oleh berbagai brand bisnis.
Jika kamu adalah pebisnis yang ingin menjangkau audiens dengan mudah, kamu bisa memanfaatkan jasa influencer dan affiliate dari Whello Indonesia. Whello merupakan Official Agency Partner dari Impact. Dimana Impact adalah platform marketplace affiliate dan influencer terlengkap yang memiliki tools tracking dan analytic yang canggih, sehingga memudahkan kamu mengelola affiliate program.
Whello juga menyediakan Jasa iklan sosial media yang bisa membantu kamu melakukan sosial media marketing. Tim media sosial profesional Whello telah teruji dalam meriset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial. Hubungi kontak Whello untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello.
Apa yang dimaksud dengan KOL Specialist?
Seorang KOL Specialist adalah seorang profesional dalam bidang pemasaran yang memiliki spesialisasi dalam membangun hubungan dan kolaborasi antara perusahaan atau brand dengan Key Opinion Leaders (KOL), yang seringkali merupakan tokoh terkenal atau berpengaruh dalam industri tertentu.
Apa peran utama seorang KOL Specialist dalam industri pemasaran?
Peran utama seorang KOL Specialist adalah memfasilitasi kolaborasi yang menguntungkan antara perusahaan dan KOL. Mereka membantu perusahaan untuk memilih, berinteraksi, dan bekerja sama dengan KOL untuk mencapai tujuan pemasaran.
Bagaimana seorang KOL Specialist membantu perusahaan atau brand dalam berinteraksi dengan KOL?
KOL Specialist membantu perusahaan dengan identifikasi KOL yang cocok, menegosiasikan kontrak kerja sama, mengelola komunikasi, dan memastikan kolaborasi berjalan dengan baik.
Apa manfaat utama dari kolaborasi antara perusahaan dan KOL?
Manfaat utama dari kolaborasi ini adalah meningkatkan kepercayaan konsumen, meningkatkan visibilitas merek, dan mencapai target audiens yang lebih besar melalui pengaruh KOL.
Bagaimana KOL Specialist mengidentifikasi dan menilai potensi KOL untuk kolaborasi?
KOL Specialist biasanya menggunakan data analitik, memeriksa audiens KOL, dan mengevaluasi sejarah kolaborasi sebelumnya serta konten yang dibagikan oleh KOL untuk menilai potensi kerja sama.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!