Saat membuat iklan melalui Facebook Ads, ada 4 format iklan yang akan kamu gunakan. Jenis format iklan yang kamu pilih bergantung pada tujuan iklan yang telah kamu tentukan sebelumnya. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan ataupun cukup kamu pahami jika kamu ingin menggunakan jasa iklan instagram.
Maka dari itu, menentukan tujuan iklan sebelum membuat iklan merupakan hal penting yang harus kamu persiapkan sebelumnya. Misalnya jika tujuan iklan kamu menjangkau lebih banyak audiens atau berinteraksi dengan calon klien, maka format iklan yang cocok untuk kamu gunakan adalah iklan video.
Atau mungkin kamu mempunyai tujuan lain, untuk itu kamu bisa mengetahui 4 format iklan berikut ini:
Daftar isi
1. Iklan Gambar Tunggal
Jenis format iklan gambar tunggal maksudnya adalah menampilkan iklan yang menggunakan 1 gambar (foto). Format gambar tunggal menjadi format yang paling banyak digunakan pada Facebook Ads.
Jenis format iklan ini dapat digunakan dengan tujuan iklan untuk meningkatkan brand awareness, membangun interaksi dengan calon klien, dan meningkatkan trafik bisnis.
Berikut ukuran gambar yang harus kamu persiapkan:
- Ukuran gambar untuk feed: 1,200 x 628 pixels.
- Ukuran gambar untuk stories: 1,080 x 1,920 pixels.
- Rasio gambar: 9:16 to 16: 9 (cropped to 1.91:1 jika ada tautan)
Dan sebagai tips, jangan lupa untuk menggunakan gambar yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Dibawah ini salah satu contoh iklan gambar tunggal:
2. Iklan Video Tunggal
Jenis format iklan kedua yaitu menampilkan 1 video pada iklan. Jenis format ini digunakan jika tujuan iklan kamu adalah untuk menjangkau lebih banyak calon klien dan berinteraksi dengan audiens.
Untuk ukuran video, kamu dapat membaca pada format ukuran dibawah ini:
- Format Video : .mp4, .mov, atau .gif.
- Aspek rasio: 9:16 to 16:9 (Rasio idealnya tergantung pada penempatan iklan).
- Resolusi: minimal 600 pixels width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file and aspek rasio yang kamu pilih).
- Ukuran file: maksimal 4GB.
- Durasi video untuk feed : 1 detik sampai 240 detik.
- Durasi video untuk stories: 1 hingga 15 detik.
Berikut salah satu contoh iklan video tunggal:
3. Iklan Tayangan Slide
Iklan tayangan slide merupakan format iklan yang menampilkan berbagai gambar dan video berupa slide untuk menarik perhatian para audiens. Kamu dapat menggunakan 10 gambar atau video.
Jenis format iklan ini cocok digunakan dengan untuk tujuan iklan (tujuan menggunakan format gambar atau video). Dan untuk format ukuran gambar atau video, perhatikan format dibawah ini:
- Ukuran Gambar: 1,280 x 720 pixels
- Rasio Gambar: 16:9, 1:1, or 2:3
- Format Video: .mov, .mp4, atau .gif .
Contoh iklan dengan tayangan slide:
4. Iklan Carousel
Iklan carousel merupakan jenis format iklan yang menampilkan beberapa gambar dan video berbentuk carousel. Kamu juga dapat menambahkan 10 gambar atau video dalam satu iklan.
Sama dengan jenis format iklan tayangan slide, jenis format iklan ini juga bisa digunakan untuk semua tujuan iklan (tujuan iklan dengan format gambar atau video.
Format ukuran untuk jenis iklan carousel:
- Ukuran gambar: 1,080 x 1,080 pixels (maksimal 30MB).
- Rasio gambar: 1:1 (persegi).
- Format Video: .mov, .mp4, atau .gif .
Contoh iklan dengan format carousel:
Demikian 4 jenis format iklan yang harus kamu ketahui sebelum membuat iklan Facebook Ads, kamu dapat memilih 4 jenis format iklan tersebut berdasarkan tujuan iklan yang telah kamu tentukan sebelumnya.
Selamat mencoba.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Apa Itu Back End Developer? Skill dan Tugas Utamanya
Pelajari tentang Back End Developer, skill yang harus dimiliki, dan tanggung jawab utama mereka dalam dunia teknologi informasi disini!
Ketahui Perbedaan Front End dan Back End Developer
Ketahui perbedaan Front End dan Back End Developer. Pahami peran penting masing-masingnya dalam artikel berikut!
Social Listening: Pahami Audiens Lewat Media Sosial
Manfaatkan social listening untuk memahami audiens Anda. Temukan tren dan opini di media sosial yang dapat mendukung di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!