5 Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Dari Rumah Selama Wabah COVID-19

5 menit

Di Indonesia, jumlah pasien positif corona atau COVID-19 terus bertambah, pada tanggal 2 Maret 2020 presiden umumkan 2 orang warga Indonesia terkena virus corona. Dan saat ini (20 Maret 2020), data yang didapatkan dari Worldometers menunjukkan,  pasien terus bertambah hingga 309 orang. 

Sumber: Worldometers

Mengetahui hal tersebut, tentu saja hal ini membuat banyak orang merasa khawatir dan perlu waspada dengan penyebaran virus yang begitu cepat. Terutama para pekerja (pebisnis) yang melakukan berbagai aktifitas di luar rumah. 

Maka dari itu, beberapa perusahaan mengizinkan seluruh karyawannya untuk bekerja dari rumah atau work from home (remote). Lalu bagaimana dengan perusahaan atau industri di bidang manufaktur? Di mana setiap pekerjaannya membutuhkan alat bantu mesin yang tidak mungkin dibawa ke rumah. Hal ini mengharuskan karyawannya untuk tetap dirumah tanpa bekerja.

Atau bagi kamu yang bekerja melibatkan banyak orang, seperti Event Organizer (EO), tentu event kamu tidak bisa dilaksanakan. Jika pekerjaan kamu tidak berjalan dengan baik, apa yang akan terjadi? Penghasilan (pendapatan) kamu juga akan berkurang. Benar nggak? 

Tapi jangan khawatir, ada beberapa pekerjaan alternatif yang bisa kamu lakukan dirumah selama virus corona masih mewabah. 

Apa saja jenis pekerjaan tersebut?

5 Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Selama Wabah COVID-19

1. Online Shop Melalui Media Sosial

Mengingat banyaknya pengguna media sosial, memanfaatkan media sosial menjadi salah satu pekerjaan yang bisa kamu lakukan di tengah kasus virus corona yang terjadi saat ini. 

Ada beberapa platform media sosial untuk menjual berbagai barang atau jasa, seperti Facebook atau Instagram. Terlebih kedua platform ini juga menyediakan sarana periklanan untuk mempopulerkan bisnis kamu (Facebook dan Instagram Ads). 

Kamu bisa menjual berbagai produk melalui media sosial, misalnya pakaian, kosmetik, aksesoris, gadget, kuliner dan lain-lain.

Online Shop di Media Sosial

Lalu bagaimana jika kamu tidak memiliki modal untuk melakukannya? kamu bisa menggunakan metode bisnis dropship atau reseller.

Dropship adalah metode penjualan bisnis online dengan cara melakukan promosi barang salah satu supplier di media sosial atau toko online. Sebagai dropshipper, kamu tidak perlu melakukan stok barang, tetapi mengambil barang dari supplier jika ada pesanan dari pembeli.

Sedangkan reseller hampir mirip dengan dropshipper, dimana kamu akan menjual produk orang lain. Tetapi, saat menjadi reseller kamu harus mengeluarkan modal sendiri dan membeli produk langsung ke supplier untuk dijual kembali. Kamu harus menyetok barang terlebih dahulu. 

Biasanya supplier akan memberikan harga yang lebih murah dibanding harga jual di pasaran kepada para dropshipper atau reseller. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan keuntungan ketika melakukan penjualan di pasaran.

Misalnya, Ketika kamu mengambil atau membeli barang dari supplier A sebesar Rp120.000, kemudian menjual ke pasaran dengan harga Rp150.000. Sehingga keuntungan yang bisa kamu dapatkan sebesar Rp30.000.

Baca juga: 7 Strategi Sukses Menjadi Reseller

2. Buat Konten Video Youtube

Pada tahun 2020, Youtube telah menjadi platform media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia, faktanya 88% penduduk Indonesia telah menggunakan Youtube, hal ini diketahui dari data yang tunjukkan oleh we are social

Kamu juga bisa melihat pada gambar berikut.

Pengguna Youtube di Indonesia

Nah berdasarkan data diatas, ini merupakan kesempatan kamu untuk menjadikan sebuah pekerjaan yang bisa kamu lakukan saat ini. Buat konten yang menarik dan memberikan manfaat bagi penonton Youtube.

Misalnya dengan konten mengenai tips dan trik menghadapi virus corona, tips untuk menjaga kekebalan tubuh, atau konten-konten bermanfaat lainnya. 

Berikut tips membuat konten di Youtube:

  • Buat konten (video) dengan topik yang banyak dicari orang (populer).
  • Buat konten yang merupakan hasil karya sendiri (original). 
  • Jangan melakukan plagiarisme (meniru konten milik orang lain).
  • Konten harus user-friendly.
  • Saat membuat konten, perhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube.
  • Semakin banyak yang tertarik dengan konten kamu, maka kesempatan mendapatkan penghasilan akan semakin besar. Kamu akan mendapatkan penghasilan dari dua pilihan, yang pertama dari tayangan iklan yang ditampilkan di video dan kedua didapat dari subscriber YouTube.

Nah setelah menghasilkan konten, kamu juga perlu mengatur strategi SEO yang tepat. Dimana tujuannya agar konten yang kamu buat mudah ditemukan pada mesin pencarian. 

Berikut 5 strategi SEO untuk konten Youtube kamu:

  • Gunakan kata kunci (video keyword) yang berhubungan dengan konten yang sudah kamu buat.
  • Buat judul konten yang menarik. 
  • Buat closed caption (deskripsi singkat mengenai isi konten kamu).
  • Buat konten yang berkualitas. 
  • Buat nama file konten yang sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan.

Kamu bisa baca artikel sebelumnya untuk mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap mengenai 5 strategi diatas pada artikel 5 strategi SEO untuk video marketing.

3. Jadi Penulis Konten

Apakah kamu seseorang yang hobi menulis? Jika iya, kamu bisa menjadikan hobi kamu sebagai cara untuk mendapatkan uang. Kamu bisa menulis beberapa konten pada situs yang menyediakan program untuk para penulis.

Di Indonesia sendiri, yang menyediakan jasa seperti ini yaitu Babe, Jalan Tikus, UC News dan lain-lain.

Untuk model pembayarannya berbeda-beda, ada yang dibayar per kata, per artikel, hingga bagi hasil dengan pemilik website dari pendapatan yang diperoleh.

4. Jual Foto Online

Selain menulis, mungkin sebagian kamu ada yang suka photografi. Kamu bisa memanfaatkan hobi ini sebagai salah satu pekerjaan yang bisa kamu lakukan saat ini. Daripada daripada foto-foto tersebut hanya tersimpan dan memenuhi memori handphone, flashdisk, atau harddisk dirumah kamu, mending dijadikan uang. 

Kamu bisa jual foto-foto tersebut secara online, salah satu tempat yang dapat membantu menjual foto kamu yaitu “Shutterstock”. Shutterstock adalah salah satu marketplace media terbesar di dunia yang menjual berbagai macam gambar (foto), vectors, video, dan music.

Jual foto di Shutterstock bisa menghasilkan uang hingga $10.000 (Rp.159.845) , tergantung lisensi yang digunakan oleh pembeli ketika membeli foto kamu. Bisa dilihat pada tabel berikut:

Sumber: Photographytalk

Gimana? Tertarik untuk jual foto di Shutterstock? Tinggal registrasikan diri kamu di website resmi Shutterstock (sebagai contributor) dan upload karya foto kamu.

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing (afiliasi bisnis) merupakan model bisnis untuk mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk orang lain.

Saat melakukan affiliate marketing, terdapat dua pelaku bisnis. Pihak pertama sebagai pemilik produk atau disebut dengan “The Merchant”, dan pihak kedua sebagai pelaku affiliate marketing yang disebut “Affiliate Marketer”.

Sebagai gambaran, dalam menjalankan bisnis afiliasi, kamu (sebagai affiliate marketer) perlu menawarkan produk orang lain (the merchant), kemudian jika terjual kamu akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan atau yang punya produk.

Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan terkenal yang menyediakan program affiliate marketing, seperti Bukalapak, Blibli, Tokopedia, atau Tiket.com.

Lalu bagaimana cara melakukannya?

  • Pilih bisnis (produk) yang sesuai dengan kegemaran kamu, misalnya fashion, fotografi, kosmetik, dan lain-lain. 
  • Buat review produk atau jasa yang menarik.
  • Tentukan target audiens yang tepat.
  • Promosikan pada blog atau website.

Masih bingung dengan affiliate marketing? Kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai affiliate marketing atau tips melakukan affiliate marketing .

Itulah 5 jenis pekerjaan yang bisa kamu lakukan selama wabah virus korona terus menyebar dan mengganggu pekerjaan tetap kamu. Kira-kira kamu akan lakukan yang mana? Sharing yuk di kolom komentar dibawah! 

Semoga bermanfaat.

0

Bisnis

Baca artikel lainnya agar bisnis kamu bisa meraih kesuksesan di dunia digital marketing!

Baca selengkapnya

Ingin Sukses di Dunia Digital?

Sudah saatnya bisnis kamu dikenal oleh banyak orang.Segera hubungi Whello untuk mendapatkan penawaran menarik!

Hubungi kami


SEO Specialist.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *