7 Skill yang Harus Dimiliki Front End Developer

1 menit

Front End Developer merupakan seseorang yang bekerja untuk pengembangan website menggunakan bahasa pemrograman untuk menghasilkan website dengan “tampilan” menarik.

Saat kamu mengakses website pada sebuah browser, maka kamu akan melihat berbagai tampilan dari masing-masing website, baik tampilan header, footer, menu atau halaman website lainnya. Tampilan-tampilan tersebut diatur oleh seorang front end developer.

Bukan hanya itu, mereka juga harus memastikan fungsionalitas website dapat berjalan dengan baik.

Kamu tertarik menjadi seorang front end developer? Berikut 7 skill yang harus dimiliki seorang front end developer:

1. Menguasai Bahasa Pemrograman HTML dan CSS

HTML (HyperText Markup Language) merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membuat halaman website.

Dan CSS (Cascading Style Sheets) merupakan bahasa pemrograman yang mendukung HTML untuk bekerja. CSS berfungsi mengatur layout, warna, font, dan style website lainnya.

Kedua bahasa pemrograman ini merupakan bahasa paling dasar yang harus dipahami oleh seorang front end developer.

2. Menguasai Bahasa Pemrograman JavaScript

JavaScript juga merupakan salah satu bahasa pemrograman dasar yang juga harus dimiliki seorang front end developer.

JavaScript digunakan untuk mengatur fungsi-fungsi yang ada dalam sebuah website, seperti menambahkan fungsi add, delete, edit, menambahkan animasi, video, audio dan fungsionalitas lainnya.

3. Menguasai Framework CSS dan JavaScript

Framework berfungsi untuk membantu front end developer menulis beberapa baris kode menjadi satu kode saja. Bisa dikatakan framework berarti meringkas baris kode.

Framework CSS dan JavaScript merupakan koneksi dari file CSS dan JavaScript yang berfungsi untuk menggabungkan berbagai fungsi menjadi lebih sederhana.

4. Menguasai Preprocessor CSS

Seperti yang kita ketahui, CSS biasa (murni) tidak bisa mendefinisikan operasi matematika dasar, variabel, atau loop. Sehingga dibutuhkan Preprocessor CSS.
Preprocessor CSS merupakan framework yang menyediakan berbagai fitur yang tidak terdapat pada CSS. Contoh preprocessor CSS yang bisa kamu gunakan adalah SASS, LESS, dan Stylus.

5. Mampu Melakukan Responsive Design

Responsive design merupakan salah satu hal terpenting sebuah website. Website yang responsive akan mudah diakses di berbagai device seperti desktop, tablet atau smartphone.

Seorang klien pasti akan meminta jasa pembuatan website untuk melakukan responsive design. Dan yang bertugas melakukannya adalah seorang front end developer.

Baca: Keuntungan Memiliki Website yang Responsive dalam Bisnis Online .

6. Mampu Melakukan Testing dan Debugging

Seorang front end developer juga harus bisa melakukan testing dan debugging. Testing bertujuan untuk mengetahui kesalahan-kesalahan pada website, baik dari segi tampilan maupun fungsionalitas. Salah satu tools yang bisa membantu kamu melakukan testing yaitu blisk.

Setelah melakukan tester, kamu juga harus mampu melakukan debugging. Debungging merupakan kegiatan untuk perbaikan kesalahan-kesalahan yang didapatkan ketika dilakukan testing.

7. Mampu Mengoptimalisasi Website

Salah satu ciri website yang baik adalah dapat diakses dengan cepat. Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan loading website ketika di akses.

Banyak hal yang membuat loading website menjadi lambat, seperti penggunaan baris kode HTML atau CSS yang tidak efisien.

Maka dari itu, seorang front end developer harus mampu mengusai cara mengoptimalisasi website dengan baik.

Baca juga: 3 Tools Untuk Mengecek Kecepatan (Speed) Website Kamu .

Nah itulah 7 skill yang harus dimiliki oleh seorang front end developer. Pengembangan website yang dilakukan oleh seorang front end developer yang memiliki skill yang bagus, tentunya akan berdampak positif bagi suatu perusahaan maupun website itu sendiri. Semoga bermanfaat.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *