Konten merupakan inti dan hal utama yang wajib ada di dunia digital. Mengingat cara komunikasi dan promosi masa kini yang didominasi dilakukan pada media online, utamanya Instagram. Instagram menjadi salah satu platform media sosial terbesar setelah Facebook.
Memiliki feed Instagram yang menarik bukan lagi menjadi sebuah pilihan. Namun, merupakan sebuah kewajiban jika kamu ingin menggunakan Instagram sebagai platform utama untuk melakukan pemasaran produk maupun jasa.
Lantas bagaimana sih cara membuat konten Instagram yang menarik dan dapat menarik lebih banyak pengguna Instagram agar mengikuti akun Instagram bisnis kita? Nah berikut tips yang bisa kamu terapkan di akun bisnismu ya!
Daftar isi
Tips Membuat Konten Sosial Media Instagram
1. Membuat konten kalender bulanan
Untuk dapat menampung ide-ide kreatifmu dalam membuat konten, alangkah lebih baiknya jika kamu menyusunnya di dalam sebuah konten kalender atau sering juga disebut dengan content planning. Adanya konten kalender ini akan mempermudah kamu dalam menyusun setiap konten yang akan kamu unggah setiap bulannya di Instagram. Kamu bisa mengkombinasikan konten bulanan yang beragam, misalnya kamu ingin membuat jadwal unggah setiap 3 sampai 4 kali seminggu atau mungkin setiap hari.
Kamu bisa mengkombinasikan tiap konten yang akan kamu unggah, mungkin di mulai dari foto produk, post keunggulan produk, post fasilitas, game, quiz, dan lain sebagainya. Jadi akun Instagram bisnis yang kamu kelola akan tampak lebih terstruktur dan konsisten dan bahkan lambat laun kedepan bisa menjadi sebuah ciri khas jika kamu lakukan pola yang mirip setiap bulannya. Hal ini juga akan memudahkan pengikutmu dalam mengenal akun Instagrammu melalui konten yang kamu bawakan.
2. Membuat konten yang relevan
Konten Instagram yang relevan juga merupakan kunci yang harus kamu terapkan dalam membuat sebuah konten di sosial media Instagram. Setiap postingan yang diunggah haruslah sesuai dengan produk atau jasa yang kamu kenalkan ke audience melalui akun Instagram tersebut.
Ketika kamu telah menyesuaikan konten yang akan dibuat dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan, maka untuk dapat mengemasnya menjadi konten yang menarik akan lebih mudah. Hal ini karena kamu telah memahami tujuan dari konten yang akan kamu unggah, apakah itu akan berfungsi sebagai brand awareness, memberi informasi, mengedukasi, menawarkan promo untuk konversi dan lain sebagainya. Ketika tujuan dari konten sudah nampak jelas, maka kamu hanya perlu memikirkan bagaimana cara mengemas kontenmu menjadi menarik dan mudah dipahami oleh audience.
3. Menjangkau semua orang
Untuk mendapatkan jangkauan yang luas, pengikut yang beragam dan mudah dipahami, maka penting untuk memastikan apakah konten yang akan kamu buat dapat menjangkau audience yang luas pula. Kamu harus menyesuaikan konten yang kamu buat sesuai dengan berbagai segment market dari kalangan bawah, menengah, dan atas.
Pemilihan kontennya dapat kamu sesuaikan dengan tujuan dari unggahan konten tersebut. Apakah untuk awareness, menginformasi, mengedukasi atau menawarkan promo untuk menaikkan konversi. Pastikan konten yang kamu buat dapat menggerakkan audience untuk melakukan tindakan yang kamu ingin mereka lakukan terhadap postingan dari konten Instagram bisnismu.
4. Mengusung konsep terbaru
Salah satu cara untuk membuat konten sosial mediamu nampak menarik adalah dengan membawakan sebuah konsep terbaru yang belum pernah ada sebelumnya. Hal ini akan menjadi keunikan tersendiri dan berpotensi membuat audience menyukai bahkan membagikan postingan yang telah kamu buat. Untuk membuat suatu konsep baru tentu bukan hal mudah, kamu perlu mencari inspirasi untuk dapat merancang postingan Instagram yang kamu inginkan.
Contoh konsep terbaru untuk konten feed Instagram, misalnya olshop yang kamu kelola adalah akun sosial media yang menjual sebuah brand skincare. Kebanyakan brand skincare tentu memilih model dengan visual yang cantik. Nah, kamu bisa mengusung konsep terbaru dengan tidak berfokus pada standar kecantikan orang masa kini seperti kulit putih dan pipi tirus. Kamu bisa menggunakan model yang berkulit sawo matang atau lebih gelap dengan pipi tidak tirus tetapi memiliki kulit wajah yang sehat.
Melalui visual yang seperti ini kamu bisa membawa sebuah campaign yang dapat mematahkan standar kecantikan orang-orang masa kini. Bahwa visual bukanlah masalah, tetapi kulit yang nampak sehat dan bebas masalah kulit adalah kunci dari kecantikan itu sendiri. Dengan konsep terbaru ini kamu bisa menggunakan tagline seperti “love yourself”, “you are beautiful just the way you are”, “perfect skin for perfect look” dan tagline menarik lainnya yang dapat mengajak audiensmu untuk mencintai diri sendiri. Dengan membuat konsep yang berbeda seperti ini, besar kemungkinan kamu dapat menarik hati audiens untuk mengikuti akun Instagrammu.
5. Memiliki sudut pandang berbeda
Untuk dapat berinteraksi dan menaikkan engagement pada akun Instagram bisnismu, terkadang kamu perlu membuat konten dengan bahasan topik-topik dari sudut pandang yang berbeda. Namun, usahakan topik tersebut tetap masih relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Bahas suatu topik dan minta lah pendapat dari mereka yang dapat mereka tuliskan pada kolom komentar. Semakin banyak like dan comment yang kamu dapatkan maka semakin tinggi pula engagement pada akun Instagram bisnismu.
Selain itu hal ini juga dapat kamu terapkan pada fitur Instastory yang tersedia. Kamu bisa gunakan berbagai fitur pendukungnya seperti voting, Q&A, Quiz, dan lain sebagainya. Jika memungkinkan pastikan kamu memberikan feedback atau tanggapan pada setiap respon dari audience. Sehingga mereka merasa dekat dan kedepan dapat berpotensi menjadi customer atau client yang loyal terhadap produk atau jasa yang kamu tawarkan.
6. Memiliki konsep desain yang menarik
Konten tulisan tanpa didukung dengan konsep desain yang sesuai tentu akan sulit menarik perhatian audiens. Karena saat melihat konten pertama kali, orang akan terhenti dan mau melihat isi konten jika desain dari postingan itu menarik. Jadi percuma saja jika kamu membuat konten teks yang menarik jika tidak pula didukung oleh desain yang eye catching. Penting bagimu juga memperhatikan pemilihan warna desain dominan yang akan kamu gunakan, apakah itu bernuansa biru, merah, hijau dan lain sebagainya.
Pastikan pula kamu memiliki stok foto yang cukup untuk dimasukkan ke dalam desain, karena akan lebih baik jika kamu menggunakan aset foto milik pribadi dibandingkan mengambil dari platform penyedia foto yang ada apalagi jika langsung menggunakan foto-foto yang ada di Google. Hal ini akan sangat mempengaruhi kredibilitas akun bisnismu dan menghindari potensi penggunaan foto serupa pada akun Instagram lain.
7. Memiliki jadwal unggahan yang tetap
Setelah kamu membuat konten kalender bulanan sesuai dengan jadwal yang kamu tentukan, usahakan kamu mengunggah setiap post sesuai dengan jadwal publishnya. Hal ini akan membuat akun Instagram bisnismu terlihat konsisten di mata audience. Bahkan jika setiap konten yang kamu buat dapat menarik hati audience, mereka akan menantikan setiap postingan dari akun bisnis yang kamu kelola. Untuk memudahkanmu mengunggah postingan sesuai jadwal, kamu bisa menggunakan tools scheduling dengan Creator Studio Facebook atau platform pihak ketiga lainnya yang berbayar.
Hal ini juga dapat membantumu dalam membuat report bulanan untuk melihat perkembangan dari hasil post yang telah kamu posting setiap bulannya. Kamu dapat memperhatikan kenaikan jumlah follower, engagement, jangkauan bahkan impresi dari audience terhadap tiap post yang kamu unggah. Sehingga setiap bulannya kamu dapat mengetahui apa yang disenangi oleh audience dan dapat memudahkanmu membuat strategi yang lebih sesuai dan tertarget di bulan berikutnya.
Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk membuat konten sosial media Instagram akun bisnismu. Cobalah langkah-langkah di atas dan terapkan langsung pada akun Instagram yang kamu kelola. Jangan lupa untuk selalu research dan melihat akun-akun Instagram lain yang dapat memberikan insight atau inspirasi untuk postingan konten yang akan kamu unggah setiap bulannya.
Namun, jika kamu merasa kesulitan dan tidak memiliki waktu yang cukup untuk fokus mengurus akun Instagram bisnismu, Whello Indonesia siap membantumu. Whello Indonesia sebagai salah satu Digital Marketing Agency memiliki service Jasa Social Media Marketing yang dapat menjadi solusi untukmu. Percayakan akun Instagram bisnismu pada kami, kami dapat membantu mengelola, memikirkan konten, mendesain konten, bahkan hingga mengupload post konten yang telah dibuat. Hemat waktu dan tenaga menjadi sangat memungkinkan dengan salah satu service kami ini. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.
Dapatkan keuntungan maksimal dengan Copywriting yang tepat!
Promosikan produk dan jasamu dengan teknik copywriting yang tepat untuk menarik lebih banyak pelanggan potensial. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!