Digital marketing menjadi salah satu strategi marketing yang banyak digunakan oleh pemilik bisnis. Digital Marketing adalah usaha memasarkan produk atau jasa dengan pemanfaatan platform online atau internet.
Digital marketing menjadi salah satu cara tepat dan efektif untuk menjangkau lebih banyak konsumen tepat waktu, pribadi,dan relevan karena semua proses yang dilakukan bisa diukur dan ditarget sesuai dengan target audiens.
Nah, untuk belajar tentang digital marketing, ada banyak buku digital marketing yang bisa kamu beli, berikut rekomendasi 10 judul buku terkenal dan menjadi best seller di pasaran.
Daftar isi
1. The Age of Influence (Neal Schaffer)
Dalam The Age of Influence, Neal Schaffer, pakar pemasaran media sosial yang diakui secara internasional menjelaskan Influencer memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap sebuah bisnis. Influencer marketing merupakan sebuah strategi pemasaran produk dengan memanfaatkan seorang influencer untuk memasarkan produk atau jasa dalam sebuah bisnis. Dan influencer itu sendiri merupakan seseorang yang dianggap mampu memberikan influence/pengaruh ke orang lain untuk melakukan suatu tindakan. Dalam konteksnya, biasanya mereka yang bersal dari kalangan artis, selebgram, model, public figure, dan lain-lain karena memang memiliki pengikut (followers) yang banyak.
Influencer bukan hanya menumbuhkan kepercayaan follower mereka terhadap sebuah bisnis. Influencer juga akan membuat followernya mengetahui serta ingat dengan sebuah produk atau jasa yang dipromosikan seorang influencer.
2. Digital Marketing (Dave Chaffey dan Fiona Ellis – Chadwick)
Buku berjudul Digital Marketing memberikan panduan paling komprehensif untuk semua aspek penggunaan Internet, media digital, dan teknologi pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran yang saling terintegrasi.
Buku digital marketing yang satu ini juga menghubungkan teori pemasaran dengan pengalaman bisnis praktis melalui studi kasus dari perusahaan terdepan di dunia.
Kamu sebagai pembaca juga akan mempelajari strategi pemasaran digital, ditambah faktor keberhasilan untuk teknik pemasaran digital utama.
Ini termasuk pemasaran mesin pencari, pengoptimalan konversi, dan komunikasi digital melalui media sosial seperti Twitter atau Facebook.
3. Buku Digital Marketing For Dummies (Ryan Deels & Russ Henneberry)
Buku digital marketing ini ditulis secara sederhana, isi buku ini menunjukkan bagaimana kamu menggunakan strategi dan taktik pemasaran digital yang telah terbukti untuk memperluas jangkauan brand, interaksi dengan audiens, dan meningkatkan penjualan.
Buku ini inu juga membahas SEO dan SEM hingga pemasaran konten dan pemasaran influencer terbaru. Dan buku ini juga dijadikan panduan bagi kebanyakan digital agency indonesia yang membutuhkan informasi soal marketing (pemasaran bisnis).
4. Marketing 4.0 (Philip Kotler)
Buku ini membahas pemasaran harus beradaptasi dengan perubahan alami dalam perjalanan pelanggan dalam ekonomi digital. Buku ini dimulai dengan diskusi yang memberikan pemahaman kepada pemasar.
Sebelum menjual produk sebagai pemasar potensial, kamu harus terlebih dahulu memahami lingkungan bisnis yang berubah. Selain memberikan panduan untuk memahami pasar yang semakin dinamis, buku ini memberikan banyak wawasan bagi pemasar untuk direnungkan.
Dengan membaca buku Marketing 4.0 ini untuk memperluas wawasan kamu tentang ilmu pemasaran. Buku ini adalah titik awal untuk memahami konsumen saat ini yang paham teknologi, paham produk, penuh perhatian, dan lebih suka berbagi pro dan kontra merek.
5. Introduction to Algorithmic Marketing dari Ilya Katsov
Dalam buku pengantar tentang pemasaran algoritma, kamu akan mempelajari cara kerja algoritma dalam pemasaran. Buku ini ditulis oleh Ilya Katsov, Kepala Ilmu Data di Dinamika Grid.
Selain itu, Ilya Katsof juga menjadi konsultan untuk banyak perusahaan terbesar di dunia, termasuk T-Mobile, Apple, dan Verizon. Dalam buku ini, Ilya mengungkapkan peran kecerdasan buatan (AI) dalam pemasaran modern.
Ilya telah menemukan bahwa banyak metode prediktif digunakan untuk membantu perusahaan besar mempromosikan iklan yang dimilikinya.
Rekomendasi konten yang ada pada buku ini memang ditargetkan untuk periklanan, pencarian e-niaga, dan strategi penetapan harga menjadi salah satu hal yang menarik.
6. Digital Marketing Strategy (Simon Kingsnorth)
Media digital dan sosial merupakan sebuah aspek penting dari sebuah fungsi pemasaran. Maka dari itu, penting untuk diorganisasikan ke dalam tujuan sebuah organisasi yang lebih besar.
Simon Kingsnorth dalam buku ini seolah memperlihatkan seperti apa cara untuk merumuskan strategi marketing yang terbaik bagi perusahaan.
Kingsnorth mewujudkan strateginya misalnya lewat studi kasus, diagram, ilustrasi, dan daftar periksa, daripada menghadirkan model universal.
Buku ini mencakup apa itu pemasaran digital, bagaimana menganggarkan dan memperkirakan, akuisisi, personalisasi, layanan pelanggan, pengalaman pengguna, strategi konten.
Kemudian bagaimana cara untuk melakukan analisis serta pengukuran sosial, dan bagaimana menyusun serta menyajikan rencana pemasaran digital agar bisa menerima banyak dukungan serta pendanaan.
7. The Big Data-Driven Business: How to Use Big Data to Win Customers, Beat Competitors, and Boost Profits’ (Russell Glass dan Sean Callaman)
Dalam bukunya yang berjudul The Big Data-Driven Business, Russell Glass dan Sean Callahan memaparkan tentang potensi big data dalam bisnis modern.
Ada berbagai tema yang dibahas mulai dari manfaat big data hingga meningkatkan kesadaran pelanggan dan memahami perilakunya, hingga (tentu saja) bisnis berbasis data.
Sederhananya, Glass dan Callahan menunjukkan bagaimana teknologi menjembatani kesenjangan antara pemasaran dan penjualan.
Tak perlu dikatakan, buku ini juga menawarkan studi kasus untuk perusahaan modern seperti DocuSign, Apple, Blackberry, dan juga Netflix. Buku digital marketing ini menjadi salah satu rekomendasi terbaik.
8. Digital Branding (Daniel Rowles)
Jika menurut kamu digital marketing hanya berguna untuk penjualan, kamu perlu segera mengubah anggapan tersebut. Pemasaran digital juga mencakup apa yang disebut merek digital.
Daniel Rowles merangkumnya dalam bukunya Digital Branding, yang mencakup pembahasan mulai dari pemasaran konten, media sosial, SEO, analisis web, hingga kiat perencanaan digital untuk membuat kampanye yang efektif.
9. Google AdWords for Beginners: A Do-It-Yourself Guide to PPC Advertising (Corey Rabazinski)
Google AdWords merupakan sebuah periklanan digital paling besar saat ini. Tentu saja, ini tidak mengejutkan. Karena Google sendiri masih menjadi mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia.
Bagi orang awam, AdWords terlihat membingungkan. Untungnya, buku karya Corey Rabazinski ini memungkinkan kamu mempelajari semuanya sekaligus tanpa harus melakukan riset sendiri.
Unsur-unsur AdWords dijelaskan dalam bahasa sederhana. Ini juga mencakup marketing tips tentang copywriting, penelitian kata kunci, dan pengoptimalan kampanye iklan.
10. SEO for Beginners: An Introduction to SEO Basics (SEJ)
Karena pentingnya dan popularitas SEO, Search Engine Journal (SEJ) juga menerbitkan SEO for Beginners: An Introduction to SEO Basics pada tahun 2017.
Berisi tujuh bab untuk menjelajahi dunia SEO. Dari sejarah, terminologi, dan alat hingga jawaban atas pertanyaan umum tentang SEO.
Ini adalah 10 buku digital marketing yang direkomendasikan untuk dibaca. Tentu saja, kamu dapat menemukan dan membaca banyak judul lainnya. Akan tetapi, kamu bisa juga membaca buku mengenai digital marketing secara online melalui Whello Blog.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Tips Optimasi Location Landing Page untuk SEO
Pelajari cara mengoptimasi location landing page untuk SEO. Temukan tips dan trik yang dapat membantu meningkatkan peringkat di sini!
Apakah NAP Citations Menjadi Ranking Factor? Ini Jawabannya!
Apakah NAP citations menjadi faktor penentu peringkat? Baca penjelasan lengkapnya dan ketahui bagaimana cara kerjanya di sini!
Content Pruning, Pemangkasan Konten untuk Tingkatkan SEO
Pelajari cara pemangkasan konten dapat meningkatkan SEO situs kamu. Dapatkan panduan lengkap untuk mengelolanya di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!