Ada beberapa cara optimasi halaman 404 yang perlu kamu ketahui. Ketika mengelola sebuah website, masalah mendapatkan broken link atau kesalahan 404 halaman yang hilang adalah hal yang wajar dan bisa menjadi masalah yang umum terjadi karena ada banyak alasan untuk masalah ini terjadi.
Sebagai contoh yaitu adanya perubahan struktur tautan situs web, desain ulang situs web, sampai dengan penghapusan halaman yang disengaja. Salah satu upaya nyata yang dapat kamu lakukan saat ini adalah mengoptimalkan halaman 404.
Namun, bagaimana caranya? Simak uraian lengkapnya berikut ini.
Daftar isi
Apa Itu Halaman 404
Halaman 404 merupakan konten yang dapat dilihat pengguna saat mencoba membuka halaman yang tidak ada di situs web kamu. Ini adalah halaman yang akan ditampilkan server jika URL yang diminta oleh pengguna tidak dapat ditemukan.
Ada banyak perdebatan tentang cara menangani kesalahan 404 dan dampak SEO, tetapi pada kenyataannya kesalahan 404 hampir tidak dapat dihindari. kamu ingin mengarahkan semua kesalahan 404 ke beranda kamu, tetapi pada kenyataannya itu adalah kebalikan dari apa yang perlu kamu lakukan.
12 Cara Optimasi Halaman 404
Kamu perlu mengambil langkah-langkah yang baik untuk memperbaiki kesalahan ini ketika kamu menemukannya di situs web kamu. Namun, kamu harus membuat halaman 404 menjadi lebih baik ketika pengunjung menemukan hal ini di situs web kamu.
Jika dilakukan dengan benar, kamu juga dapat menggunakan halaman 404 untuk meningkatkan pengoptimalan mesin telusur dan meningkatkan penjualan. Namun, perusahaan tidak ingin tautan rusak karena dapat membuat peluang penjualan berkurang.
Namun, tidak semua aksi yang terjadi itu menghasilkan hal buruk, kamu bisa mencari cara optimasi halaman 404 agar bisa berguna dengan baik. Dengan pendekatan yang tepat, perusahaan dapat mengoptimalkan halaman 404 untuk memberikan nilai bagi bisnis kamu.
Berikut ini adalah 12 cara optimalisasi halaman 404 agar bisa lebih baik dan perlu kamu pahami lebih lanjut.
1. Memposisikan Produk Secara Efektif
Gunakan halaman 404 kamu sebagai kesempatan untuk memposisikan produk kamu secara efektif. Tunjukkan kepada pengunjung pilihan yang terbaik dari beberapa penawaran kamu yang paling populer, bersama dengan tautan ke setiap produk.
Meskipun calon pelanggan mungkin tidak mencari item spesifik ini, pendekatan ini menjadi salah satu cara optimasi halaman 404 untuk mendapatkan pengunjung dari halaman 404 kamu ke halaman situs yang aktif.
Hal yang penting harus diperhatikan adalah selalu menggunakan gambar. Meskipun tautan ke produk lebih baik, tautan dengan gambar jauh lebih efektif untuk membuat pelanggan mengkliknya.
2. Menyertakan Ulasan Produk
Fungsi halaman 404 kamu bisa ditingkatkan dengan menyisipkan beberapa ulasan pengguna mengenai produk maupun layanan yang kamu sediakan. Pasalnya, ketika pengguna mengalami frustasi ketika mendarat di halaman 404.
Para pelanggan ini tidak yakin apa yang salah, tetapi tahu bahwa para pelanggan itu tidak menemukan apa yang dicari. Kamu bisa menambahkan beberapa ulasan pelanggan yang dipilih dengan baik. Hal ini efektif untuk mengurangi pelanggan kabur jika mendarat di halaman 404.
3. Memberikan Pesan Alternatif Lucu
Buatlah permintaan maaf di halaman 404 pada situs web kamu merupakan sebuah taktik yang solid. Namun, kamu dapat meningkatkan operasional penggunaan halaman 404 dengan menghasilkan prospek baru berbentuk penawaran. Contohnya:
Misalnya “maaf ini tidak berfungsi”, tawarkan cara bagi pelanggan untuk menghubungi kamu atau menawarkan demo gratis produk atau layanan kamu.
Buat kalimat satu baris sederhana yang meminta pengguna untuk mengirimkan alamat email mereka dan kamu akan bisa lebih mudah untuk mendapatkan koneksi baru.
4. Menyisipkan Video atau Foto Lucu
Jika kamu tidak bisa membuat pengunjung situs bertahan, setidaknya buat tertawa dengan kalimat lelucon hingga video lucu yang mungkin atau tidak ada hubungannya sama sekali dengan merek yang kamu jual di situs.
Biasanya, humor dapat menciptakan dampak positif dan membantu pelanggan mengingat merek kamu. Kamu harus menganalisis pengunjung yang mendarat di halaman 404 kamu dan memastikan agar menonton klip video lucu kamu sisipkan kemudian tertawa.
Jika berkesan, para pengunjung ini akan terus mengingat situs web kamu karena video lucu yang disajikan dalam halaman 404. Kemudian di masa depan, para pelanggan ini akan kembali ke situs web yang kamu miliki.
5. Mengarahkan Pengunjung ke Situs Web yang Benar
Meskipun kamu mungkin tidak tahu persis apa yang dicari pelanggan ketika mereka mendarat di halaman 404 kamu, kamu dapat membuat tebakan yang unik dan berpendidikan.
Dengan menggunakan data yang dikumpulkan dari manajemen hubungan pelanggan dan alat analitik, Kamu dapat membuat serangkaian istilah pencarian pelanggan umum yang dapat membantu mempercantik dan menyempurnakan desain halaman 404 kamu.
6. Memunculkan Pop Up Diskon atau Tawaran Penjualan
Jika kamu tidak dapat menemukan apa yang diinginkan pelanggan, tawarkan sesuatu yang berharga kepada mereka yaitu pop up diskon. Banyak orang yang tidak menyukai pop up. Namun, pop up berbentuk diskon di halaman 404 ternyata bisa menarik perhatian.
Dengan membuat popup berisi penawaran diskon atau harga penjualan dengan kode, kamu dapat meyakinkan pengguna bahwa ada baiknya mengunjungi kembali situs web kamu untuk menemukan apa yang awalnya dicari pelanggan atau untuk membeli sesuatu yang lain.
7. Meninggalkan Pesan Permintaan Maaf yang Simple
Ketika datang ke 404 halaman, jangan terlalu memusingkannya. Jelaskan secara dasar apa yang salah pada halaman 404 dan tawarkan jalur potensial untuk membantu memecahkan masalah.
Sederhanakan permintaan maaf kamu dan kemudian tambahkan daftar link umum yang benar-benar berfungsi ke situs kamu, seperti beranda, halaman pencarian, dan halaman bantuan kamu.
8. Menyisipkan Video Game
Bagaimana jika kamu bisa membuat cara optimasi halaman 404 halaman lebih menyenangkan dengan memunculkan berbagai video game?
Beberapa merek telah memilih untuk membuat video game mini yang memberi pelanggan kesenangan beberapa menit dan kemudian memberikan tautan ke konten situs lain.
Ini adalah cara yang bagus untuk menempatkan pelanggan menikmati halaman 404. Dengan membiarkan pelanggan bermain game, kamu dapat mengurangi kehancuran yang akan datang jika pelanggan mendarat di halaman 404.
9. Menggunakan Kata Kunci yang Menarik Perhatian Pelanggan
Alih-alih hanya memasang pesan singkat dan permintaan maaf untuk halaman 404 kamu, tambahkan beberapa kata kunci kamu yang paling populer bersama dengan tautan yang relevan.
Ini membantu menambah nilai pada halaman yang rusak dengan menjadikannya sesuatu yang dapat membantu pengguna menemukan apa yang dicari.
10. Menyisipkan Tautan Pengaksesan Aplikasi
Cara optimasi halaman 404 untuk membantu meningkatkan dampak baiknya adalah dengan menambahkan tautan untuk mengunduh aplikasi seluler kamu.
Tentu, ini adalah langkah yang berani dan pastinya pengunjung mungkin merasa tidak ingin mengunduh aplikasi kamu setelah mereka mendarat di halaman 404. Tetapi jika kamu memposisikannya dengan cara yang benar hal ini mungkin akan berhasil.
Meskipun tidak menghasilkan unduhan dalam jumlah besar, setiap penginstalan aplikasi bisa menarik pelanggan untuk membeli barang kamu lewat aplikasi.
Meskipun tidak mungkin untuk sepenuhnya menghindari halaman 404, kamu bisa membuat hal tersebut tidak menyebalkan dengan mengubah fungsi dari laman tersebut menjadi sesuatu yang lebih baik. Apalagi, sekarang ini banyak jasa seo yang berhasil menggunakan cara optimasi halaman 404 di atas.
Tingkatkan kredibilitas bisnis kamu dengan memiliki Website!
Miliki website profesional yang powerful dengan desain eksklusif dan pastinya SEO friendly untuk bisnis kamu. Konsultasi bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!