
Daftar isi
Apa itu Backlink?
Backlink adalah link dari website lain yang mengarah ke website kita. Dengan backlink website kamu bisa mendapat value SEO bagus dari Google karena Google menganggap bahwa website kamu direkomendasikan oleh pemilik website lain. Tetapi apabila kamu salah dalam melakukan strategi backlink, yang ada website kamu bisa berapa pada posisi yang buruk pada halaman Google, bahkan bisa di deindex.
Maka dari itu, kamu perlu menemukan strategi penerapan backlink yang benar. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu dengan melihat strategi backlink yang digunakan oleh kompetitor kamu.
Manfaat Melihat Backlink Kompetitor?
Dengan melihat backlink kompetitor, kamu bisa mendapatkan referensi dari mana saja kompetitor kamu mendapat backlink. Kemudian bagaimana strategi kompetitor kamu dalam menanam backlink.
Kamu juga bisa melihat anchor text apa yang digunakan oleh kompetitor kamu. Dari situ kamu bisa menyimpulkan kira-kira anchor text seperti apa yang tepat untuk meningkatkan ranking website kamu pada keyword yang kamu target.
Untuk melihat backlink kompetitor, ada beberapa tools yang bisa kamu gunakan. Tetapi akan lebih baik jika kamu menggunakan Ubersuggest, karena tools ini dapat digunakan secara gratis, sehingga bisa digunakan kapan saja. Selain itu, informasi yang ditampilkan juga lebih lengkap dan mudah dimengerti.
Ikuti langkah-langkah berikut untuk melihat backlink kompetitor melalui Ubersuggest:
1. Buka Ubersuggest.
2. Masukkan domain kompetitor kamu dan klik “search”.
3. Pilih bagian backlink.
4. Dan lihat beberapa hasil yang ditampilkan seperti domain score, page score, link type, anchor text, first seen, dan last seen.
Nah dari informasi tersebut kamu bisa mengumpulkan berbagai informasi yang bermanfaat untuk membangun strategi backlink di website kamu.
Ada beberapa informasi yang bisa kamu dapatkan, contohnya:
- Dari forum mana kompetitor bisa mendapatkan backlink?
- Diarahkan ke page mana backlink tersebut?
- Link type apa yang paling dominan digunakan?
- Anchor text seperti apa yang paling sering digunakan? Apakah keyword, nama brand, dan lain-lain?
- Mayoritas backlink berasal dari website yang memiliki DA/PA berapa?
Setelah semua pertanyaan di atas terjawab, selanjutnya kamu bisa menyimpulkan strategi backlink seperti apa yang digunakan oleh kompetitor kamu. Dan selanjutnya terapkan secara langsung ke website kamu.
Contohnya jika sebelumnya kamu hanya menggunakan 1 jenis anchor text yaitu keyword, ternyata kompetitor kamu menggunakan kombinasi antara keyword dan brand anchor text. Dan apa yang kompetitor kamu lakukan terbukti sukses, maka kamu bisa meniru strategi tersebut.
Itulah bagaimana cara melihat backlink kompetitor untuk selanjutnya kamu gunakan untuk merumuskan strategi backlink untuk website kamu. Sebenarnya ada banyak tools yang bisa kamu gunakan seperti Ahrefs, Mangools, Semrush, dan lain-lain. Namun yang sampai saat ini masih tidak berbayar, hanya Ubersuggest. Karena itu saya rekomendasikan untuk menggunakan Ubersuggest. Terima kasih, happy learning!

Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami

Strategi Meta Ads untuk Target Audiens B2B
Pelajari cara mengoptimalkan strategi b2b meta ads yang benar agar bisa memaksimalkan potensi bisnis kamu hari ini!

Zero-Click Content: Definisi dan Alasan Harus Membuatnya
Apa itu Zero-Click Content? Temukan definisi dan alasan mengapa konten ini penting untuk bisnis kamu. Yuk selengkapnya di sini!

Cara Membuat Website E-Commerce dengan Shopify
Ingin membuat website e-commerce? Pelajari cara membuat website dengan Shopify dalam panduan praktis kami. Mulailah hari ini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!