Brand awareness adalah kemampuan konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek (brand), seperti nama, gambar, logo atau slogan yang digunakan oleh sebuah brand.
Brand awareness mampu menciptakan kepercayaan klien, mendorong klien untuk loyal dengan produk atau jasa kamu, dan mempermudah kamu untuk mendapatkan klien baru yang lebih banyak.
Ada banyak cara untuk membangun brand awareness, salah satu caranya yaitu melalui SEO. Bagaimana caranya? Yuk simak penjelasannya:
Daftar isi
1. Targetkan Kata Kunci (Keyword) yang Tepat
Kata kunci (keyword) juga salah satu elemen SEO yang dapat membangun brand awareness suatu bisnis. Dengan menargetkan kata kunci (keyword) yang tepat pada suatu halaman website akan membantu website mudah ditemukan dan mendapatkan posisi yang baik pada mesin pencarian.
Jika suatu website sudah berada pada posisi yang bagus, maka dapat membantu meningkatkan brand awareness suatu bisnis. Visitor juga akan percaya dengan bisnis tersebut.
Ada 3 tools yang dapat membantu kamu menemukan kata kunci yang tepat.
Apakah kamu pernah menggunakan 3 tools diatas? Jika belum, maka kamu bisa membaca artikel sebelumnya tentang 3 Cara Mudah Temukan Kata Kunci Artikel .
Baca juga: Mengenal Istilah Short Tail Keyword dan Long Tail Keyword .
2. Buat Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO
Selain keywords, konten juga merupakan cara selanjutnya untuk membangun awareness melalui SEO. Konten yang berkualitas akan mempermudah kamu untuk melakukan optimalisasi SEO dan menaikkan rating website pada mesin pencarian.
Selain itu juga mampu menarik perhatian pengunjung untuk membaca konten kamu. Mereka akan betah berada di website kamu.
Untuk membuat konten yang berkualitas, ada 5 cara yang bisa kamu lakukan:
- Tentukan topik konten yang sesuai dengan niche (topik) website.
- Gunakan kata kunci yang tepat dan sesuai dengan isi konten.
- Buat judul konten yang menarik.
- Ciptakan engaging content.
- Masukkan link terkait
Bingung dengan engaging content atau cara memasukkan link terkait? Terlebih dulu kamu harus membaca artikel mengenai 5 Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO agar lebih paham mengenai 5 cara diatas.
3. Buat Blog Website
Menyediakan blog pada website, juga dapat membantu membangun brand awareness, karena membuktikan bahwa kamu memang ahli dalam suatu bisnis yang sedang kamu jalankan.
Selain itu, mereka juga akan betah dan berkunjung kembali ke website kamu, karena kamu menyediakan artikel-artikel yang memberikan value (manfaat) bagi visitor.
Kamu dapat membuat beberapa artikel yang membahas hal-hal yang berhubungan dengan bisnis kamu.
Misalnya bisnis kamu bergerak di bidang “kuliner”. Maka kamu bisa membuat artikel mengenai “tips memulai bisnis kuliner”, “5 strategi bisnis kuliner untuk meningkatkan penjualan”, atau artikel lain yang berhubungan dengan bisnis kuliner.
Baca juga: 4 Jenis Konten Untuk Optimalisasi Digital Marketing .
4. Lakukan Evaluasi SEO
Setelah melakukan optimalisasi SEO, apakah hanya dilakukan sekali saja? Tentu tidak, kamu perlu mengevaluasi (menilai) kinerja SEO secara bertahap dan berkelanjutan. Dimana tujuannya agar bertujuan agar kinerja SEO pada website berjalan secara optimal dan trafik website terus meningkat.
Setelah melakukan evaluasi SEO, kamu dapat mengetahui beberapa hal seperti terjadi penurunan performa, kenaikan performa, jumlah visitor yang datang, dan lain-lain.
Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, maka kamu akan mengetahui hal yang harus dioptimalkan atau dipertahankan dari website kamu.
Lalu, bagaimana cara mengevaluasi SEO?
- Gunakan Google Analytics dan Google Search Console.
- Lakukan crawling.
- Riset kata kunci (keyword).
- Analisa performa konten.
Mungkin sekarang kamu bingung, apa itu crawling? Bagaimana cara melakukan crawling? Atau kamu juga bingung dengan riset kata kunci? Jangan khawatir, kamu bisa temukan jawabannya pada artikel mengenai cara mengevaluasi kinerja SEO. Artikel ini akan menjelaskan 4 cara evaluasi SEO diatas.
Itulah 4 cara membangung brand awareness melalui SEO. Apakah kamu sudah melakukan 4 hal diatas? Jika belum, lakukan secara perlahan mulai sekarang.
Semoga berhasil…
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!