SEO (Search Engine Optimization) terbukti mampu meningkatkan trafik website secara efektif pada mesin pencari. Dikatakan efektif karena dengan teknik optimalisasi SEO yang tepat dan sesuai dengan user experience maka bisa dipastikan SEO akan menjadi sebuah ‘senjata’ ampuh untuk menaikkan trafik.
Namun apakah teknik optimalisasi SEO dilakukan sekali saja? Tentunya tidak, kamu harus selalu mengevaluasi (menilai) kinerja SEO secara bertahap dan berkelanjutan.
Hal ini dilakukan agar kinerja SEO pada website kamu berjalan secara optimal dan trafik website kamu terus meningkat.
Ada empat hal yang dapat kamu ketahui setelah mengevaluasi kinerja seo, seperti terjadi penurunan performa, kenaikan performa, jumlah visitor yang datang, dan lain-lain. Dengan mengetahui beberapa hal tersebut, maka kamu akan mengetahui hal yang harus dioptimalkan atau dipertahankan dari website kamu.
Oleh karena itu, mengevaluasi kinerja sangat penting untuk dilakukan. Bagaimana caranya? Berikut 4 cara mengevaluasi kinerja SEO:
Daftar isi
1. Gunakan Google Analytics dan Search Console
Untuk mengevaluasi kinerja website, kamu harus mendaftarkan website kamu pada Google Analytics dan Search Console.
Dengan kedua tools ini, kamu dapat mengetahui beberapa hal mengenai website kamu, seperti jumlah visitor yang datang ke website, jumlah visitor yang meninggalkan website (menyebabkan bounce rate), halaman website yang sering dikunjungi visitor, dan sebagainya.
Dengan mengetahui hal-hal tersebut, maka akan mudah bagi kamu untuk mengevaluasi kinerja SEO saat ini dan memaksimalkan kinerja SEO berikutnya.
Pastikan kamu sudah menginstall Google Analytic pada website kamu. Setelah itu, masuk ke Search console dan tambahkan website kamu.
Kamu bisa membaca artikel sebelumnya untuk mengetahui cara install Google Analytic.
2. Lakukan Crawling
Crawling adalah proses yang dilakukan oleh mesin pencari untuk mengindeks halaman-halaman website dan mengumpulkan informasi. Tujuannya untuk mengetahui informasi sebuah website, seperti adanya error, broken link, duplikat konten dan sebagainya.
Begitupun dengan website kamu, kamu juga harus melakukan crawling sebagai evaluasi kinerja SEO pada website kamu. Ada beberapa tools yang dapat membantu kamu melakukan crawling, seperti BeamUsUp SEO Crawling Software, WildShark SEO Spider, ScreamingFrog SEO Spider.
Download salah satu tools diatas, dan lakukan scan serta perbaiki beberapa hal yang salah. Misalnya diketahui ada “broken link” di beberapa halaman website, sehingga kamu dapat memperbaiki broken link tersebut agar kinerja SEO kamu semakin optimal.
3. Riset Kata Kunci (Keyword)
Keyword merupakan salah satu unsur yang “sangat” penting dalam kinerja SEO. Dengan penggunaan keyword yang tepat dan populer, maka kinerja SEO kamu akan semakin baik dan mempermudah kamu untuk menaikkan trafik website.
Untuk menemukan keyword yang tepat dan populer, hal yang bisa kamu lakukan yaitu “riset keyword”. Riset keyword berarti mencari tahu beberapa keyword yang populer (banyak dicari orang) melalui mesin pencari.
Setelah menemukan beberapa keyword yang populer, tinggal menyesuaikan keyword yang relevan dengan website atau bisnis kamu. Dan gunakan keyword tersebut untuk website kamu atau ketika membuat artikel.
Baca juga: 3 Cara Mudah Temukan Kata Kunci.
4. Analisa Performa Konten
Selain keyword, unsur lain yang sangat berpengaruh terhadap kinerja SEO yaitu “konten” website. Saat ini, masih banyak pemilik website tidak memperhatikan kualitas kontennya.
Padahal hal ini sangat berpengaruh terhadap SEO. Untuk menganalisa performa konten, kamu juga bisa menggunakan Google Analytic. Kamu bisa melihat beberapa konten (artikel) yang banyak dibaca oleh visitor. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengoptimalkan konten tersebut agar mengundang lebih banyak visitor untuk membaca konten kamu.
Atau kamu juga bisa melihat konten yang tidak disukai oleh visitor, sehingga kamu bisa memperbaiki konten tersebut menjadi lebih berkualitas dan SEO friendly.
Untuk menghasilkan konten yang berkualitas, kamu bisa baca artikel sebelumnya mengenai 5 Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO.
Itulah 4 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengevaluasi kinerja SEO website kamu agar lebih optimal. Kesuksesan sebuah website membutuhkan strategi SEO yang dilakukan secara optimal. Selamat mencoba dan jangan lupa tinggalkan komentar di kolom komentar dibawah ya.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Apa Itu Back End Developer? Skill dan Tugas Utamanya
Pelajari tentang Back End Developer, skill yang harus dimiliki, dan tanggung jawab utama mereka dalam dunia teknologi informasi disini!
Ketahui Perbedaan Front End dan Back End Developer
Ketahui perbedaan Front End dan Back End Developer. Pahami peran penting masing-masingnya dalam artikel berikut!
Social Listening: Pahami Audiens Lewat Media Sosial
Manfaatkan social listening untuk memahami audiens Anda. Temukan tren dan opini di media sosial yang dapat mendukung di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!