Cara Menggunakan Instagram Insight untuk Perkembangan Bisnis Kamu

4 menit

Apakah kamu sudah mempunyai akun instagram bisnis? Jika sudah, kamu bisa melihat fitur insight atau biasa dikenal dengan “Instagram Insight” melalui aplikasi instagram.

Apa Itu Instagram Insight?

Instagram Insight adalah fitur Instagram yang memberikan berbagai informasi mengenai konten yang kamu posting, mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun Instagram kamu, serta mengetahui data diri (jenis kelamin, usia, dan geografi) followers.

Ada 3 menu yang terdapat pada Instagram Insight:

1. Content

Melalui menu ini, kamu dapat melihat informasi mengenai konten yang kamu posting. Misalnya mengetahui berapa banyak akun yang melihat sebuah konten yang kamu posting (feed/stories), berapa orang yang sudah membagikan (share) postingan kamu, berapa banyak akun yang menyimpan postingan kamu dan informasi konten lainnya.

2. Activity

Disini kamu dapat mengetahui berapa jumlah interaksi yang terjadi pada akun bisnis kamu. Misalnya berapa kali followers kamu mengklik tombol website, berapa jumlah jangkauan konten yang kamu posting, berapa kali profil bisnismu dikunjungi oleh orang lain, berapa kali followers mengklik tombol email serta tombol call di menu kontak.

Selain itu kamu juga dapat mengetahui berapa jumlah akun Instagram yang berhasil dijangkau oleh konten yang kamu unggah dan berapa jumlah tayangan keseluruhan yang kamu dapatkan dari konten yang kamu unggah.

3. Audience

Pada menu ini kamu akan memperoleh data – data mengenai followers. Misalnya mengetahui jenis kelamin, usia, dan geografi mereka. Kamu juga dapat mengetahui kapan waktu (jam dan hari) followers kamu mengakses akun Instagram kamu.

Cara Menggunakan Instagram Insight

Untuk meningkatkan performa social media marketing melalui Instagram Insight, ada beberapa cara penggunaan instagram insight yang perlu kamu lakukan:

1. Lihat Identitas dan Geografi Followers

Melalui menu Audience, kamu dapat melihat identitas diri follower, seperti jenis kelamin, usia. Kamu juga bisa melihat geografi (lokasi) tempat followers kamu berada, mulai dari kota dan negara.

Dengan mengetahui data-data tersebut, akan membantu kamu ketika ingin menentukan target audiens yang lebih tepat untuk mendapatkan calon konsumen yang tertarget.

Berikut contoh cara mengetahui identitas followers:

Dan melihat data geografi mereka:

Nah berdasarkan contoh diatas, sebagian besar follower kamu adalah laki-laki , memiliki umur 25 hingga 34 tahun, dan tinggal di Pekanbaru, Indonesia.

2. Lihat Waktu Akses Followers

Melalui menu Audience, kamu dapat mengetahui kapan waktu followers kamu mengakses Instagram, di sini kamu dapat mengetahui jam dan harinya.

Melalui informasi tersebut kamu dapat membuat jadwal postingan yang tepat sesuai dengan waktu akses mereka.

3. Lihat Kunjungan Profile dan Website

Melalui menu Activity, kamu dapat mengetahui berapa kali profile bisnis (instagram) kamu dikunjungi oleh orang lain, dan berapa kali followers kamu mengklik tombol website yang tercantum di bio. Biasanya informasi tersebut akan ditampilkan untuk rentang waktu satu minggu.

Informasi ini dapat kamu gunakan untuk meningkatkan strategi social media yang telah kamu lakukan. Misalnya ketika jumlah kunjungan website kamu sedikit, maka kamu dapat membuat konten yang mengarahkan mereka menuju website kamu.

Kamu bisa melihat pada bagian berikut:

Kamu bisa melihat, ada 67 orang yang mengunjungi Instagram kamu, dan 1 orang yang sudah mengunjungi website kamu melalui Instagram. Data tersebut dihitung dari tanggal 5 November hingga 11 November (1 minggu).

4. Lihat Jangkauan Audiens

Melalui menu Activity, kamu juga bisa melihat bagian “reach” yang digunakan untuk melihat ‘jumlah audiens’ yang telah melihat postingan kamu. Dan pada bagian “impressions”, kamu bisa melihat ‘jumlah postingan (foto atau video)’ kamu dilihat oleh audiens kamu. Data-datanya akan dihitung dalam periode tertentu (1 minggu).

Berikut contohnya:

5. Lihat Tingkat Engaging Pada Konten

Sebuah konten dapat dikatakan engaging jika konten tersebut dapat menimbulkan “reaksi” yang baik dari followers, seperti like, comment, share, dan save. Baik konten feed maupun stories.

Informasi ini dapat kamu gunakan untuk meningkatkan performa konten yang kamu buat. Misalnya jika jumlah like atau komen kamu sedikit, maka kamu bisa membuat konten yang lebih berkualitas.

Untuk melihat tingkat engaging konten pada sebuah postingan feed, kamu bisa melihat pada bagian “view insights”.

 

Maksud dari gambar diatas adalah, ada 11 orang yang menyukai postingan tersebut, tidak ada yang memberikan komentar, 1 orang yang membagikan (share), dan tidak ada yg menyimpan (saved) postingan tersebut.

Kemudian untuk melihat tingkat engaging konten untuk postingan stories, kamu bisa melihat pada bagian “insight”, dan melihat beberapa informasi seperti gambar dibawah:

Berdasarkan contoh diatas, story tersebut sudah dilihat sebanyak 40 kali, 29 orang yang sudah melihat postingan kamu hingga selesai, 4 orang yang melihat story berikutnya, dan 5 orang yang sudah meninggalkan story tersebut.

Dan pada menu “content”, kamu juga bisa melihat berapa orang yang telah melihat masing-masing postingan feed dan stories kamu:

Berdasarkan contoh diatas, kamu bisa melihat angka seperti 116, 120, 101, dan 29. Angka tersebut adalah jumlah orang yang telah melihat masing-masing postingan, baik itu feed maupun stories.

0

Social Media Campaign

Social media bisa dibuat sebagai media promosi juga loh. Baca artikel tentang social media lainnya agar tahu caranya ya!

Baca selengkapnya

Beriklan di Social Media?

Ingin beriklan di Instagram dan Facebook secara efektif? Segera hubungi Whello!

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *