Ada banyak sekali contoh kalender konten Instagram yang beredar di internet. Pasalnya, kalender konten media sosial menjadi salah satu cara yang tepat dalam membantu jasa sosial media atau media social specialist mengatur serta menghemat waktu saat mengembangkan strategi konten sehari-hari.
Kalender ini memungkinkan kamu untuk merencanakan posting kamu sebelumnya sehingga konten berkualitas tetap bisa diunggah dengan baik. Berikut ulasan, tips, dan contoh kalender konten di media sosial instagram.
Daftar isi
Contoh Kalender Konten Instagram
Sekarang setelah kamu tahu cara melakukannya, kamu akhirnya akan tahu apa contoh kalender konten Instagram dan apa yang dapat kamu gunakan.
Sekarang mari sesuaikan kalender konten media sosial Instagram kamu sesuai dengan keinginan kamu. Di bawah ini adalah beberapa contoh yang dapat kamu gunakan sebagai referensi.
1. Menggunakan Bulan dan Tahun
Menggunakan Microsoft Excel juga merupakan salah satu kunci utama dalam membuat contoh kalender konten Instagram.
Bulan dan tahun memungkinkan kamu untuk menyematkan berbagai detail di kalender konten kamu. Nantinya, semua detail akan menunjukkan seberapa besar konten berpengaruh dan engagement tinggi yang kamu miliki.
2. Menggunakan Google Calendar / Google Spreadsheet
Untuk membuat perencanaan konten media sosial kamu lebih mudah, kamu memerlukan sebuah platform. Google Spreadsheet atau Google Kalender adalah dua dari banyak platform yang dapat kamu gunakan untuk membuat kalender konten.
Buat kalender konten media sosial yang efektif dalam 10 menit. Template sangat ideal untuk merakit dan merencanakan konten yang dibuat untuk media sosial.
Berikut ini adalah contoh yang sudah dibuat oleh tim Whello untuk kalender konten Instagram.
3. Menggunakan Rincian Tanggal, Bulan, Tahun dan Jenis Konten
Biasanya dalam satu contoh, kita memprediksi dan menyiapkan konten dan jenisnya yang akan dibuat. Selain itu, tanggal, bulan, dan tahun jenis konten juga ditampilkan untuk memudahkan analisis.
4. Menggunakan Kalender Konten 1 Tahun
Kamu dapat membuat kalender konten setiap tahun atau 365 hari, strategi ini digunakan untuk menjaga konten kamu tetap aman setiap tahun dan tidak bingung saat memposting ke Instagram.
Namun, kelemahan dari strategi ini adalah, misalnya, jika pengembangan produk ternyata merupakan perubahan pasar, kamu perlu melakukan koreksi.
Selanjutnya, kamu perlu merombak total kalender konten.
5. Merinci Riwayat Konten
Dapat kita simpulkan bahwa tabel kalender konten ini kurang konten dan perlu ditingkatkan dari interaksi yang ada. Kamu bisa melihat kenaikan/penurunan indeks interaksi like, comment, share, dan reach. Ini adalah beberapa indikator ketika melihat kinerja kalender konten Instagram.
Kamu dapat menggunakan tabel analisis konten untuk melihat apakah aplikasi dalam contoh kalender konten Instagram di atas benar-benar berfungsi. Tentu saja, jika kamu sudah terbiasa dengan grafis dan pengembangan konten, kamu harus memperbaiki bug di sana-sini.
Apa Itu Kalender Konten
Sebelum mengetahui apa saja contoh kalender konten Instagram, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu kalender konten. Ternyata, kalender konten media sosial merupakan sebuah pengingat untuk semua posting media sosial.
Dengan membuat dan menyusun kalender konten media sosial, kamu juga bisa membuat sumber informasi utama yang berisi perencanaan untuk posting di masa mendatang, melacak postingan kamu di media sosial, serta mengkoordinasikan pekerjaan kamu dengan tim lintas departemen.
Jenis kalender ini berguna jika kamu mengelola beberapa akun media sosial di Instagram, LinkedIn, Facebook, Twitter, dan masih banyak lagi.
Selain itu, kalender konten media sosial juga dapat membantu kamu memposting dengan secara langsung, kemudian mengelola beberapa karya setiap postingan, serta memutuskan apa saja yang akan diposting atau diunggah ke setiap akun.
Tips Membuat Kalender Instagram
Ternyata, ada beberapa langkah serta cara-cara yang perlu kamu ketahui dan juga ambil dalam membuat serta menerapkan penggunaan kalender konten. Maka dari itu, sebelum melihat contoh kalender konten Instagram, kamu harus mengetahui cara membuatnya diantaranya adalah sebagai berikut:
A. Melakukan Audit Media Sosial
Mulailah mengidentifikasi mana konten yang perlu ditingkatkan serta jenis konten dengan peluang pertumbuhan yang baik, rahasianya adalah melakukan audit terhadap saluran media sosial kamu.
Lakukan audit media sosial sederhana untuk melihat konten mulai dari keterlibatan pemirsa hingga lalu lintas dan manajemen. Lakukan analisis untuk melihat saluran mana yang menarik lebih banyak lalu lintas.
Kamu juga akan mempelajari bagaimana mereka diperlakukan secara berbeda dan meningkatkan lalu lintas dan keterlibatan saluran.
Dengan kata lain, melalui audit media sosial, kamu bisa mengukur demografi konten, sasaran hingga KPI dalam setiap postingan. Selain itu, kamu bisa melihat seperti apa strategi yang paling berhasil dalam mengunggah sesuatu.
B. Merancang Strategi
Setelah menyelesaikan fase pertama, rencanakan strategi kalender konten media sosial kamu dengan mempertimbangkan tujuan yang benar-benar ingin kamu capai dengan konten media sosial kamu.
Perlu diketahui apakah tujuan konten ini tentang kesadaran merek atau pun prospek. Menetapkan tujuan membantu meletakkan dasar dasar untuk menyiapkan kalender konten. Ini juga menentukan jenis konten terbaik untuk setiap saluran media sosial.
Gunakan analisis demografi pemirsa serta pengaturan konten pemirsa media sosial sebagai referensi.
C. Menentukan Frekuensi Posting
Tentukan media sosial apa yang akan kamu gunakan serta seberapa sering kamu mengunggahnya ke platform tersebut. Hal ini dilakukan setelah kamu mencari tahu tipe audiens yang paling sering menggunakan platform media sosial, termasuk Instagram.
Biasanya, perusahaan bisnis yang ingin berjualan paling sering menggunakan Instagram sebagai salah satu platform membagikan informasi. Ini juga menentukan frekuensi posting yang benar.
Kamu dapat menentukan frekuensi dan waktu posting berdasarkan hasil analisis kinerja media sosial sebelumnya.
D. Menggunakan Tools dalam Membuat Kalender Konten Instagram
Pilih alat yang ingin kamu gunakan dalam membuat sebuah kalender konten media di sosial kamu. Pada dasarnya, ada beberapa alat yang dapat kamu gunakan. Biasanya kalender manual atau spreadsheet Google.
E. Isi Kalender dengan Rutin
Setelah memahami struktur dasar serta alat yang tepat, isilah kalender konten media sosial yang sudah dibuat secara teratur.
Masukkan topik yang akan digunakan, serta jenis platform yang digunakan untuk jadwal rilis. Bagikan kalender ini dengan tim kamu sehingga semua orang dapat memantau kalender dan memberikan umpan balik.
F. Membuat Konten Library
Setelah merancang konten media sosial dan jadwal posting, kamu punya waktu untuk membuat dan mengedit konten kamu terlebih dahulu.
Simpan semua konten ke perpustakaan konten atau database kamu sehingga kamu dapat dengan mudah menemukannya saat kamu membutuhkannya.
- Menjadwalkan Unggah Konten
Untuk mempermudah, kamu dapat menjadwalkan konten yang sudah ada secara langsung sehingga dibagikan secara otomatis ketika saatnya tiba.
- Improvisasi
Pastikan untuk melacak semua konten yang diposting, bahkan saat menjadwalkan postingan. Pantau dan analisis kinerja semua konten. Dengan cara ini kamu dapat dengan cepat mengetahui perbaikan atau improvisasi yang kamu butuhkan.
Tapi itu bukan masalah besar. Karena semua sampel kalender konten Instagram perlu disentuh untuk mencapai kesempurnaan. Meski tidak selalu sempurna, tapi setidaknya kamu sudah mencoba menyajikan konten terbaik untuk masyarakat pengguna media sosial.
Buat Kalender Instagram Kamu Sekarang!
Pembuatan kalender konten Instagram dapat menjadi cara yang efektif dalam merencanakan dan mengelola strategi pemasaran konten kamu. Dengan memiliki panduan yang terstruktur, kamu dapat meningkatkan konsistensi, relevansi, dan efektivitas konten yang kamu bagikan di platform ini.
Gunakan Jasa iklan sosial media dari Whello Indonesia jika kamu kesulitan melakukannya sendiri. Whello memiliki tim media sosial specialist yang telah teruji dalam melakukan riset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial.
Dan untuk berdiskusi dengan salah satu tim profesional Whello, kamu bisa mengisi form konsultasi dibawah atau klik tombol button WhatsApp yang ada di website.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!