Fashion selalu menjadi sebuah tren, hampir setiap bulan akan ada tren fashion terbaru yang bermunculan. Misalnya tren model baju terbaru, model tas terbaru, atau model hijab terbaru.
Menjalankan bisnis fashion, menjadi bisnis yang sangat menguntungkan, karena jenis fashion, juga menjadi kebutuhan primer yang yang harus dipenuhi oleh manusia, seperti baju atau celana.
Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa bisnis fashion secara online sudah mengalahkan bisnis fashion secara offline. Sehingga, mempromosikan bisnis fashion kamu melalui jalur online merupakan cara yang tepat untuk dilakukan.
Untuk melakukannya, kamu juga akan membutuhkan cara yang efektif ketika melakukannya. Berikut 5 strategi pemasaran online untuk bisnis fashion kamu:
Daftar isi
1. Lakukan Social Media Marketing
Mengingat sebagian besar calon klien kamu pasti menggunakan media sosial, maka social media marketing merupakan salah satu strategi yang efektif untuk mempromosikan bisnis fashion kamu.
Ada beberapa media sosial yang bisa kamu gunakan, seperti Instagram atau Facebook. Tetapi kamu juga harus memilih media sosial mana yang cocok untuk bisnis fashion kamu.
Jika kamu mentargetkan calon klien di rentang usia yang lebih muda, maka Instagram cocok untuk kamu gunakan.
Tetapi jika kamu menargetkan calon klien di rentan usia yang relatif lebih tua, maka gunakan media sosial Facebook.
Tips promosi menggunakan media sosial:
- Riset Klien.
- Buat Goals atau Tujuan yang Tepat.
- Analisis Kompetitor.
- Buat Konten yang Relevan dan Menarik.
- Tentukan Waktu Posting yang Tepat.
- Manfaatkan Ads.
- Lakukan Evaluasi
Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai 7 tips diatas, kamu bisa membaca artikel mengenai 7 tips sukses melakukan social media marketing.
Mengelola media sosial memerlukan tim khusus agar mendapatkan hasil terbaik. Jika kamu tidak memiliki tim untuk mengelola media sosial, Whello menyediakan jasa iklan media sosial yang berpengalaman untuk mempromosikan bisnis fashion kamu.
Baca Juga: 10 Strategi Media Sosial Marketing Untuk Bisnis Berskala Kecil
2. Buat Email Marketing
Email marketing merupakan strategi yang efektif untuk membangun hubungan dengan calon klien yang lebih tertarget dan menjadikan mereka sebagai pelanggan setia.
Selain itu, biaya yang dibutuhkan untuk melakukan email marketing juga murah, bahkan ada yang tidak membutuhkan biaya (gratis).
Email marketing dilakukan dengan cara mengirim email kepada banyak calon klien dalam waktu yang bersamaan. Sehingga pengiriman email tidak dilakukan menggunakan platform penyedia email biasa seperti Gmail atau Yahoo.
Ada beberapa tools yang bisa membantu kamu melakukan email marketing, seperti Mailchimp, BenchMark, atau VerticalResponse.
Ketiga tools diatas, memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk mengetahuinya, kamu bisa baca artikel apa itu email marketing.
Tips melakukan email marketing:
- Pilih platform yang tepat.
- Buat email list.
- Segmentasi klien.
- Buat konten yang menarik.
- Jalin komunikasi yang baik dengan klien.
- Evaluasi email marketing.
Kamu bisa membaca artikel mengenai 6 tips sukses melakukan email marketing untuk penjelasan yang lebih detail mengenai 6 tips diatas.
Berikut salah satu contoh bisnis fashion yang melakukan email marketing:
Baca juga: 4 Alasan Bisnis Online Kamu Butuh Email Marketing
3. Daftarkan Bisnis Fashion pada Marketplace
Mendaftarkan bisnis fashion kamu pada marketplace juga menjadi strategi yang efektif agar bisnis kamu dikenal oleh banyak orang dan mendapatkan lebih banyak calon klien.
Selain itu, marketplace mampu memberikan kemudahan dalam hal berjualan. Cukup dengan mendaftarkan bisnis pada salah satu perusahaan marketplace tertentu, dan proses promosi akan dibantu oleh pihak marketplace.
Untuk mendaftar di marketplace, kamu bisa mendaftar pada beberapa marketplace terkenal seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Zilingo atau Zalora.
Tips berjualan di marketplace:
- Kenali produk yang kamu jual.
- Masukkan foto yang asli.
- Buat keterangan produk secara detail (seperti harga, merek, model, ukuran, bahan).
4. Buat Website
Jika berjualan di marketplace mampu memberikan kemudahan dalam hal berjualan, namun berjualan di marketplace tidak menjamin kesuksesan bisnis kamu dalam jangka panjang.
Disamping itu, kamu juga akan menemukan persaingan harga yang semakin sengit antara sesama pebisnis fashion hingga membuat brand awareness yang bisa melemah.
Oleh karena itu, sambil berjualan di marketplace, kamu juga membutuhkan media pendukung lainnya. Salah satu media yang tepat untuk bisnis fashion kamu yaitu website.
Membuat website akan membantu bisnis kamu lebih sukses dalam jangka waktu yang panjang. Website juga akan mempermudah kamu dalam meningkatkan brand awareness serta meningkatkan kredibilitas (kepercayaan) klien.
Membuat website juga bukan hal yang sulit dilakukan jika kamu ahli di bidang tersebut. Tetapi jika kamu mengalami kesulitan, Whello sebagai agensi digital marketing menyediakan jasa pembuatan website yang sangat profesional.
5. Manfaatkan Influencer
Influencer marketing merupakan strategi mempromosikan suatu produk dengan memanfaatkan seorang influencer. Sedangkan influencer sendiri adalah seorang artis, selebgram, youtuber, atau blogger.
Influencer marketing akan membantu kamu untuk menemukan lebih banyak calon klien, meningkatkan kepercayaan klien, serta menaikkan brand awareness bisnis fashion kamu.
Berikut salah satu contoh bisnis fashion yang menggunakan influencer marketing:
Baca juga: Alasan penting bisnis online kamu butuh Influencer Marketing dan Tips Memilihnya.
6. Gunakan Foto yang Asli dengan Keterangan yang Lengkap
Salah satu faktor kesuksesan bisnis fashion kamu yaitu foto yang kamu gunakan ketika melakukan promosi. Baik foto yang kamu upload di media sosial, website, atau bahkan di marketplace.
Oleh karena itu, gunakan foto produk kamu sendiri (foto yang original, bukan foto yang diambil pada mesin pencarian). Dengan foto yang original akan meningkatkan rasa kepercayaan calon klien untuk membeli produk kamu.
Selain itu, tambahkan informasi yang lengkap mengenai produk yang kamu tawarkan, seperti harga, merek, model, ukuran, dan bahan dasar, dan informasi lain yang dibutuhkan calon klien.
Berikut salah satu contoh produk fashion yang memberikan infomasi yang cukup lengkap mengenai suatu produk:
Demikian 6 strategi yang efektif untuk mempromosikan bisnis fashion kamu agar semakin berkembang dan lebih dikenal oleh banyak orang. Selamat mencoba.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Panduan Cara Membuat Chatbot untuk Website Kamu
Chatbot website dapat merespon pengguna dengan cepat dan menghemat waktu. Pelajari cara membuat chatbot untuk website di sini!
Carousel Ads Instagram: Format Iklan yang Menarik!
Carousel ads instagram, format iklan yang efektif dan efisien bagi pelaku bisnis untuk mengembangkan brand!
Boost Post Instagram: Apa Itu dan Bagaimana Cara Kerjanya
Boost Post Instagram adalah solusi untuk memperluas audiens kamu. Ketahui lebih lanjut tentang konsep dan cara kerjanya di situs kami!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!