Pernahkah kamu mendengar istilah influencer marketing? Influencer marketing merupakan sebuah strategi pemasaran produk dengan memanfaatkan seorang influencer untuk memasarkan produk atau jasa dalam sebuah bisnis.
Diketahui dari blog Forber, sebuah survey yang dilakukan oleh MushFind mengatakan 92% klien mempercayai influencer dibandingkan iklan atau endorsement selebriti tradisional. Kamu bisa melihat pada gambar dibawah ini:
Sumber: Forber
Maka dari itu, strategi influencer marketing dianggap efektif untuk mempromosikan bisnis online melalui media sosial. Pemanfaatan influencer untuk mempromosikan sebuah produk juga semakin diminati oleh banyak pebisnis online.
Lalu, apakah bisnis online kamu juga membutuhkan influencer marketing? Kamu harus membaca penjelasan dibawah ini:
Daftar isi
4 Alasan Bisnis Online Kamu Butuh Influencer Marketing
1. Mampu Mencapai Lebih Banyak Klien
Seorang influencer, mampu mencapai jumlah follower hingga 1.000.000 lebih. Sehingga ketika mereka mempromosikan produk atau jasa kamu, akan semakin banyak orang lain yang mengenal bisnis kamu.
Dengan banyaknya orang yang mengenal produk kamu, juga akan mempermudah kamu untuk mencapai lebih banyak calon klien. Tentunya hal ini juga akan meningkatkan penjualan kamu.
2. Menumbuhkan Rasa Kepercayaan Klien
Bukan hal mudah untuk menumbuhkan rasa kepercayaan klien terhadap sebuah bisnis online. Terlebih jika bisnis online tersebut hanya mempromosikan bisnisnya melalui media sosial.
Oleh karena itu, memanfaatkan influencer untuk mempromosikan produk atau jasa kamu merupakan strategi yang tepat untuk kamu lakukan. Influencer adalah mereka yang diidolakan oleh banyak orang (followernya). Mereka juga sangat dipercayai oleh followernya.
Sehingga ketika idolanya mempromosikan produk atau jasa kamu, maka mereka akan percaya dengan dengan bisnis kamu.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Influencer bukan hanya menumbuhkan kepercayaan follower mereka terhadap sebuah bisnis. Influencer juga akan membuat followernya mengetahui serta ingat dengan sebuah produk atau jasa yang dipromosikan seorang influencer.
Mereka akan lebih menyukai produk atau jasa yang digunakan oleh seorang influencer yang mereka idolakan. Jika kamu sedang membangun sebuah bisnis baru, influencer marketing bisa menjadi awal baru untuk meningkatkan brand awareness.
4. Meningkatkan Follower
Mengingat banyaknya jumlah follower seorang influencer, maka tidak menutup kemungkinan untuk kamu mendapatkan lebih banyak follower. Bisa saja follower mereka juga menjadi follower pada akun media sosial bisnis kamu.
Tips Memilih Influencer yang Tepat:
Agar hasil influencer marketing kamu dapat berjalan dengan sukses, tentunya kamu juga harus memilih influencer yang tepat untuk mempromosikan bisnis kamu. Ada 4 tips memilih Influencer:
1. Lihat Jumlah Followers
Hal yang paling utama dalam memilih influencer yakni followernya. Banyaknya follower akan berpengaruh terhadap banyaknya calon klien yang melihat promosi produk atau jasa kamu.
Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya mengenai pengertian dan jenis-jenis influencer marketing, influencer dapat dibagi 3.
Pertama ada mikro influencer yang memiliki follower antara 1000 hingga 100.000, kedua ada makro influencer yang memiliki follower 100.000 hingga 1.000.000, dan terakhir mega influencer dengan jumlah follower lebih dari 1.000.000.
Masing-masing influencer diatas memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda. Untuk lebih mengenal jenis influencer berdasarkan jumlah followernya kamu bisa membaca pada artikel pengertian influencer marketing dan jenis-jenisnya
2. Persentase Engagement
Engagement atau hubungan dari seorang influencer dengan followers juga perlu untuk diperhatikan. Semakin baik (dekat) hubungan seorang influencer dengan followernya, maka semakin banyak pula follower mereka yang ingin menggunakan produk yang mereka tawarkan.
Tentunya hal ini akan berdampak positif terhadap bisnis online kamu, kamu akan mendapatkan lebih banyak klien.
Untuk melihat hubungan seorang influencer dengan followernya, kamu dapat melihat perbandingan jumlah likes dan komen yang ada pada setiap postingan influencer.
Jika influencer memiliki followers lebih dari satu juta tetapi hanya mendapat likes kurang dari 100 atau komentarnya 5 saja, itu artinya persentase engagementnya kurang bagus.
3. Perhatikan Relevansi Brand
Tips ketiga untuk memilih influencer yang tepat adalah relevansi atau keterkaitan brand. Kamu harus menggunakan seorang influencer yang sudah terbiasa mempromosikan bisnis yang sama dengan bisnis kamu.
Dengan menggunakan influencer yang relevan dengan brand kamu, maka influencer marketing yang kamu lakukan dapat berjalan dengan baik, selain itu juga akan mempermudah influencer tersebut membuat konten-konten yang menarik.
Misalnya bisnis kamu bergerak di bidang kosmetik, sehingga kamu harus mencari influencer yang sudah terbiasa mempromosikan berbagai jenis kosmetik.
Untuk mengetahui seorang influencer memiliki relevansi dengan brand kamu, kamu bisa melihat postingan seorang influencer mengenai produk atau jasa yang pernah dipromosikannya sebelumnya.
4. Akun Media Sosial yang Dimiliki
Selanjutnya, perhatikan akun media sosial yang digunakan oleh seorang influencer marketing. Ada yang menggunakan Instagram, ada yang menggunakan instagram dan facebook, dan ada yang menggunakan facebook saja.
Maka carilah influencer yang memiliki pengaruh di banyak media sosial yang kamu gunakan. Misalnya kamu menggunakan instagram sebagai media promosi bisnis kamu, maka kamu juga harus menggunakan influencer yang aktif di media sosial instagram.
Setelah mengetahui pentingnya influencer marketing untuk bisnis online, apakah kamu akan melakukannya? Dan influencer mana yang akan kamu gunakan? Terlebih dahulu kamu harus memahami penjelasan di atas. Dan jika ada hal yang kurang dimengerti, kamu bisa komentar di kolom komentar di bawah.
Happy learning.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!