SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah metode yang digunakan untuk menaikkan peringkat sebuah situs atau laman di mesin pencari berdasarkan kata kunci yang relevan dengan kontennya.

Adapun kelebihan seo dalam bisnis online meningkatkan peluang keterpaparan pengguna mesin pencari dengan sebuah laman karena berada di peringkat atas atau pada halaman pertama hasil pencarian.

Metode optimasi ini dilakukan dengan dasar algoritma penilaian yang digunakan mesin pencari untuk menentukan relevansi sebuah halaman situs dengan kata kunci tertentu. Algoritma penilaian ini salah satunya didasarkan pada kualitas konten dan respons pengguna internet terhadap laman yang dioptimasi tersebut.

Respon pengguna internet yang tinggi bisa dilihat dengan rujukan atau link organik yang mengarah pada laman yang dioptimasi. Semakin banyak respons organik yang terjadi bisa digunakan untuk menilai kualitas konten yang relevan sehingga menjadi populer. Bagaimana metode ini dieksekusi merupakan definisi dari SEO itu sendiri.

Lalu apa yang bisa kamu dapatkan ketika praktik optimasi mesin pencari.

1. Mudah Ditemukan Pengguna Mesin Pencari

Manfaat utama dan efek diinginkan dari praktik optimasi SEO adalah menjadikan sebuah situs atau laman menjadi lebih mudah dicari dan ditemukan berdasarkan kata kunci yang tepat dan relevan. Pada bagian inilah jasa seo untuk bisnis memberikan layanan pada konsumen yang memiliki situs komersial.

Berada di peringkat pertama hasil pencarian Google atau setidaknya berada di peringkat atas pada halaman pertama hasil pencarian secara otomatis akan menjadikan sebuah situs menjadi lebih mudah dilihat pengguna mesin pencari. Sebuah link dalam daftar hasil pencarian menuju situs dengan informasi singkat yang relevan akan mengundang pengguna mesin pencari untuk setidaknya mencoba membuka situs tersebut.

Peningkatan visibilitas dan peluang dikunjungi ini bisa mendorong sebuah situs memperoleh dampak – dampak lain yang bisa jadi sangat menguntungkan ketika dikelola dengan tepat. Membuka halaman kedua dari hasil pencarian Google merupakan perilaku yang jarang dilakukan pengguna. Karena alasan sederhana inilah, berada di halaman pertama atau peringkat atas hasil pencarian menjadi penting.

2. Meningkatkan Traffic Organik

Dampak yang paling mudah dirasakan dan dideteksi adalah peningkatan kunjungan ke sebuah situs yang sudah dioptimasi dengan SEO. Peningkatan kunjungan ini bisa dipantau dengan menggunakan tools yang merekam traffic organik pada sebuah situs.

Konten yang berkualitas serta relevan serta strategi optimasi yang tepat seperti teknik SEO white-hat dengan analisis kata kunci yang tepat bisa menjadi kunci keberhasilan mendongkrak peringkat sebuah situs dalam hasil pencarian Google.

Analisis kata kunci bisa menjadi elemen pertama untuk mengarahkan pengunjung untuk datang. Sedangkan konten berkualitas akan meningkatkan daya tarik sebuah situs dan mendorong pengunjung untuk melihat atau membuka halaman lain untuk mendapatkan informasi lain yang dianggap menarik atau relevan.

3. Memahami Tren dan Keinginan Konsumen

Kelebihan lain SEO untuk sebuah praktik bisnis online adalah kemampuan untuk memahami tren serta mengetahui keinginan konsumen secara umum. Hal ini bisa dilakukan dengan analisis kata kunci yang populer atau sering dicari menggunakan mesin pencari Google.
Pemahaman dan informasi ini bisa menjadi faktor kunci untuk merancang sebuah rencana bisnis. Rencana jangka panjang berupa inovasi produk ataupun rencana jangka pendek berupa inovasi strategi marketing baru meski produk yang ditawarkan masih sama.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Popularitas merupakan dampak lain yang bisa diperoleh dari praktek SEO. Semakin sering sebuah situs muncul dari hasil pencarian dengan kata kunci yang populer maka secara tidak langsung akan mendongkrak popularitas situs atau brand pemilik situs tersebut.

Kondisi ini akan meningkatkan brand awareness atau kesadaran publik akan keberadaan sebuah brand atau merek sekaligus mendapatkan peningkatan kepercayaan dari khalayak konsumen.

5. Meningkatkan Citra Positif

Citra positif merupakan dampak ikutan yang bisa diperoleh langsung setelah terjadi peningkatan brand awareness. Popularitas dan peningkatan traffic organik yang meningkat dan dipadukan dengan konten yang berkualitas bisa menjadi sebuah awal untuk meningkatkan citra positif.

Jika sebuah website juga berperan sebagai lapak atau online store; maka kualitas layanan yang baik ketika pengunjung melakukan transaksi merupakan kunci meningkatkan citra positif sebuah brand atau produk.

Layanan yang baik dan bukti bahwa pelaku bisnis tersebut adalah trustworthy atau terpercaya akan langsung mendongkrak tingkat kepercayaan khalayak melalui beragam format dan bentuk review atau testimoni.
Selain itu, ada peluang sebuah situs mendapat pengakuan dari mesin pencari berdasar niche bisnis tertentu dan umpan balik positif yang didapat dari konsumen atau pengunjung situs.

6. Meningkatkan Peluang Konversi Transaksi

Peluang besar yang bisa diperoleh dari peningkatan traffic organik atau kunjungan ke sebuah situs akan berdampak pada peningkatan peluang terjadinya konversi transaksi.

Terlebih lagi jika tingkat kepercayaan publik sudah terbangun sehingga khalayak calon konsumen meyakini bahwa pelaku bisnis pemilik situs populer ini adalah pelaku bisnis yang terpercaya dan sudah dibuktikan oleh banyak konsumen.

Situasi tersebut bisa dengan mudah meningkatkan konversi transaksi yang tinggi dari hasil kunjungan – kunjungan yang terjadi.

7. Meningkatkan Pendapatan

Dampak berikutnya yang bisa muncul atau pasti muncul ketika ada peningkatan konversi transaksi tentu saja adalah peningkatan pendapatan. Hal inilah merupakan kelebihan seo dalam bisnis online yang utama dan menjadi tujuan utama pelaku bisnis.

Tujuan ini umumnya menjadi dasar alasan ketika melakukan optimasi mesin pencari ataupun strategi lain yang tujuan utamanya adalah mendongkrak pemasaran.

8. Membuat Bisnis Lebih Kompetitif

Peningkatan popularitas dan brand awareness hingga tingkat kepercayaan publik pada sebuah brand juga akan berdampak pada bisnis yang lebih kompetitif.

Citra positif yang berhasil dibangun dan tingkat kepercayaan publik merupakan modal penting untuk bersaing dengan para kompetitor selain kualitas produk atau layanan yang juga berkualitas.

9. Berbiaya Lebih Murah

Kelebihan lain yang bisa diperoleh dari praktek Search Engine Optimization adalah murah. Biaya optimasi ini jauh lebih murah jika dibandingkan dengan memasang iklan di media – media arus utama. SEO juga bekerja secara terus menerus 24 jam 7 hari dalam sepekan tanpa pernah beristirahat karena bekerja secara otomatis.

Memilih jasa SEO yang baik dan berkualitas bisa menjadi solusi praktis untuk mendapatkan berbagai keuntungan dan dampak positif bagi pelaku bisnis online.

10. Mendorong Pertumbuhan Bisnis

Menghemat biaya beriklan atau pencitraan ditambah dengan peningkatan keuntungan yang diperoleh dari konversi transaksi yang bertambah. SEO sebagai sebuah bagian dari praktik investasi bisa memberikan hasil berupa bisnis yang berkembang.

Pengetahuan mengenai strategi SEO dan hasilnya juga bisa mendorong pelaku bisnis untuk mengembangkan bisnis lain yang bisa dioptimasi dengan memakai strategi yang sama.

Itulah 10 kelebihan seo dalam bisnis online yang bisa diperoleh para pelaku bisnis. Optimasi ini bisa menjadi sebuah solusi praktis dan murah bagi pelaku bisnis online. Kamu yang ingin mengembangkan bisnis secara online akan tetapi memiliki keterbatasan anggaran untuk tujuan iklan dan pencitraan; bisa menggunakan SEO sebagai solusi yang realistis.

Ready to Grow?