Social media marketing memang memberikan banyak manfaat bagi sebuah bisnis. Hal ini juga sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai tips sukses melakukan social media marketing .
Ada banyak brand yang telah sukses melakukan social media marketing, namun juga banyak yang gagal melakukannya. Tentunya kegagalan yang dialami disebabkan oleh beberapa kesalahan yang dilakukan.
Daftar isi
5 Kesalahan Di Social Media Marketing
Social media marketing adalah alat yang kuat, tetapi juga rentan terhadap kesalahan. Kesalahan umum dalam social media marketing sering kali muncul akibat kurangnya pemahaman tentang audiens target. Banyak orang atau bisnis yang tidak menginvestasikan waktu untuk mengenal siapa sebenarnya pengikut mereka di media sosial.
Akibatnya, konten yang dihasilkan bisa menjadi tidak relevan atau tidak menarik bagi pengikut.Apa saja kesalahan yang bisa membuat social media marketing kamu gagal? Simak penjelasan berikut ini :
1. Terlalu Banyak Menggunakan Platform Media Sosial
Saat melakukan social media marketing, hal terpenting yang perlu kamu perhatikan tentunya platform social media yang akan kamu gunakan. Saat ini memang banyak platform media sosial yang tersedia, namun kamu tidak harus menggunakan semua jenis platform.
Tetap fokus pada platform yang banyak digunakan oleh target bisnis kamu. Selain membuang waktu, terlalu banyak menggunakan platform media sosial akan membuat social media marketing yang kamu lakukan tidak efektif.
2. Mengabaikan Follower
Kesalahan berikut yang sering dilakukan para pebisnis yaitu mengabaikan follower yang sering bertanya mengenai produk atau jasa kamu. Follower yang sering bertanya berarti tertarik menggunakan bisnis kamu.
Oleh karena itu jangan mengabaikan atau kesal terhadap follower yang sering bertanya. Pastikan kamu menjawab setiap pertanyaan mereka hingga mereka melakukan pembelian.
3. Penggunaan Konten yang Salah
Penggunaan konten yang salah disini maksudnya sebuah konten yang tidak disesuaikan dengan jenis platform yang digunakan.
Misalnya kamu menggunakan platform Instagram, maka kamu harus menggunakan konten visual gambar atau video. Atau konten kamu berbicara mengenai bisnis penjualan saham, maka tidak akan cocok jika kamu menggunakan jenis media sosial Instagram, karena lebih cocok untuk platform LinkedIn.
Kamu harus menguasai jenis konten yang cocok untuk masing-masing jenis media sosial agar tidak salah dalam penggunaan konten.
4. Memiliki Follower Berbayar
Saat ini banyak penyedia jasa yang menjual follower bagi pengguna media sosial. Ketika banyak follower atau like memberikan pengaruh pada bisnis kamu, tetapi nyatanya tidak membantu meningkatkan hubungan yang lebih engaging dengan calon klien.
Justru membeli follower atau like akan menurunkan rasa kepercayaan calon klien terhadap bisnis kamu. Oleh karena itu, tetaplah fokus dalam menjalin hubungan dengan calon klien daripada fokus ke jumlah follower atau like.
5. Tidak Memberikan Informasi yang Lengkap
Kesalahan terakhir yang sering terjadi yaitu tidak memberikan informasi yang lengkap mengenai brand bisnis kamu secara lengkap, baik itu di Facebook, Instagram, LinkedIn atau jenis platform media sosial lainnya.
Bagaimana bisa calon customer atau follower kamu mengenal bisnis kamu jika kamu tidak memberikan informasi yang lengkap. Oleh karena itu, jangan lupa mencantumkan informasi yang singkat dan lengkap mengenai brand bisnis kamu.
Kamu bisa membuat informasi mengenai bisnis kamu pada profile media sosial. Berikut contoh profile di Instagram:
Sudah Tahu Kesalahan Di Social Media Marketing Yang Harus Dihindari?
Nah, itulah 5 kesalahan yang harus kamu hindari ketika melakukan social media marketing. Selain menghindari 5 hal di atas, kamu juga harus tetap fokus dan konsisten dengan social media marketing yang kamu lakukan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Jika kamu ingin meningkatkan hasil KPI menjadi lebih baik dan kesulitan melakukannya sendiri, Jasa Social Media Management dari Whello bisa membantu kamu. Whello memiliki tim media sosial profesional yang teruji dalam meriset, menyusun strategi, membuat konten, dan menganalisis performance metrics media sosial. Yuk langsung hubungi tim Whello dan konsultasikan kebutuhanmu!
Apa itu social media marketing?
Social media marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek, serta berinteraksi dengan audiens target.
Mengapa social media marketing penting bagi bisnis?
Social media marketing memungkinkan bisnis untuk terhubung langsung dengan audiens, membangun brand awareness, meningkatkan keterlibatan, dan menghasilkan penjualan atau konversi.
Platform media sosial mana yang sebaiknya saya gunakan?
Pilihan platform tergantung pada target pasar dan jenis bisnis kamu. Facebook, Instagram, Twitter, LinkedIn, dan TikTok adalah beberapa contoh platform populer.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
7 Kelebihan Beriklan di Internet, Bikin Bisnis Makin Jaya!
Temukan kelebihan memasang iklan di internet yang sukses untuk meningkatkan konversi pelanggan bisnismu dalam artikel ini!
7 Tips Copywriting Google Ads untuk Menaikkan CTR!
Temukan tujuh tips copywriting Google Ads yang efektif untuk meningkatkan tingkat klik (CTR) iklan kamu di artikel ini.
TOFU, MOFU, BOFU: Kenali Berbagai Marketing Funnel Ini!
Dalam marketing funnel, ada tiga tahapan utama yang perlu dilakukan, yaitu , TOFU, MOFU, dan BOFU. Pelajari cara penerapannya disini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!