Saat ini, muncul berbagai jenis kolaborasi strategi marketing, salah satunya adalah kombinasi strategi SEO dan PPC. Melalui gabungan strategi promosi ini, kamu bisa memperoleh banyak keuntungan bisnis terutama dalam hal promosi produk. Bahkan, kamu bisa memanfaatkan strategi ini untuk keperluan branding.
Hal tersebut tidak terlepas dari unsur penggabungan keduanya yang menciptakan satu strategi marketing baru yang jauh lebih optimal. Kedua strategi ini juga dapat memicu meningkatnya omzet penjualan bila kamu kelola secara optimal. Bagaimana cara optimasi kedua strategi marketing ini? Mari, simak selengkapnya!
Daftar isi
Apa itu SEO?
SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik optimasi website dengan tujuan metode pencarian kata kunci untuk memudahkan mesin pencari menemukan halaman website bisnis kamu. Strategi marketing ini berfokus pada pencarian kata kunci untuk menentukan target konsumen yang tepat bagi promosi produk.
Apa itu PPC?
PPC (Pay per Click) adalah sebuah metode promosi digital yang mana pihak pengiklan akan membayar biaya dalam setiap ‘klik’ terhadap iklan yang terpasang. Jadi, setiap iklan yang kamu pasang dengan strategi ini baru akan terkena royalti jika user mengklik tautan iklan yang menuju ke website bisnis atau produk tertentu.
6 Metode Efektif untuk Kombinasi Strategi SEO dan PPC
Setelah mengetahui definisi antara keduanya, berikut adalah metode kombinasi yang tepat untuk strategi marketing SEO dan Pay per Click:
1. Membagi Data Keyword PPC untuk Tingkatkan SEO
Setelah kamu beriklan dengan strategi PPC, maka kamu akan mendapatkan sebuah insight data. Data ini dapat berupa informasi penjualan, trafik kunjungan, serta kata kunci paling optimal yang sering diakses oleh audiens.
Nantinya, kamu dapat menggunakan data tersebut sebagai acuan guna meningkatkan trafik SEO pada website bisnis kamu. Jadi, kamu dapat menggunakan data keyword PPC dan mengaplikasiannya pada strategi promosi SEO.
Hal tersebut tentu sangat efektif, mengingat keyword yang terbentuk oleh PPC telah teroptimasi secara efektif sesuai dengan data trafik pencarian yang paling sering dicari oleh audiens. Hasilnya, trafik website bisnis kamu meningkat dan promosi digital jadi lebih optimal.
2. Memakai Long Tail Keyword guna Memperluas Iklan PPC
Dalam strategi SEO, ketika kamu hendak mentargetkan dua atau tiga kata kunci, justru akan menampilkan jumlah kata kunci yang lebih dari tiga kata atau long tail keyword. Long tail keyword sendiri memiliki banyak fungsi, salah satunya untuk memperluas jangkauan spesifik dari short tail keyword.
Hal tersebut dapat kamu aplikasikan dalam kombinasi strategi SEO dan PPC Sehingga, potensi trafik audiens jadi lebih tinggi. Long tail keyword juga bermanfaat untuk optimasi kata kunci jangka panjang. Sehingga kata kunci tersebut terus meningkatkan conversion rate terhadap website.
Jadi, lewat identifikasi long tail keyword SEO, kamu bisa menjadikannya sebagai bahan untuk keperluan targeting iklan PPC supaya lebih luas jangkauannya.
3. Mengalihkan Keyword Berbayar PPC dalam SEO
Cara ini akan menggunakan indikator harga dari kata kunci PPC sebagai acuan guna optimasi strategi promosi SEO. Sebelum itu, carilah kata kunci PPC dengan harga mahal untuk kamu optimasi terlebih dahulu.
Mengapa mahal? karena kata kunci PPC mahal memiliki potensi trafik yang jauh lebih tinggi. Selain itu, potensi trafik kata kunci mahal ini juga sangat jauh persentase perbandingan trafiknya dengan kata kunci PPC harga standar.
Setelah kamu melakukan optimasi kata kunci PPC yang mahal, kamu dapat mengaplikasikannya sebagai kata kunci SEO. Hal tersebut akan meningkatkan trafik audiens secara organik dalam jangka panjang dan menghemat budget promosi digital di kemudian hari.
4. Memakai Ads Copy guna Tingkatkan Trafik Konten
Salah satu keunggulan strategi PPC yaitu, terdapat fitur yang dapat memungkinkan kamu untuk bereksperimen dengan Ads Copy. Nantinya, kamu dapat menyeleksi jenis Ads Copy yang menghasilkan trafik untuk kemudian kamu aplikasikan dalam kombinasi strategi SEO dan PPC.
Melalui seleksi Ads Copy, kamu dapat menggunakan konten iklan tersebut dalam bentuk konten SEO untuk meningkatkan trafik promosi digital secara organik.
Selain itu, konten Ads Copy ini juga bisa kamu manfaatkan untuk keperluan branding produk maupun bisnis kamu.
5. Menggunakan Strategi PPC untuk Retargeting
Jika kamu menggunakan SEO secara penuh untuk branding dan promosi, kamu perlu menentukan target audiens secara manual. SEO juga tidak mempunyai fitur retargeting saat target audiens ternyata tidak menghasilkan trafik.
Hal tersebut sangat berbeda dengan strategi PPC, karena salah satu keunggulan PPC adalah tersedianya fitur retargeting. Jadi, jika target audiens kamu tidak menghasilkan trafik maupun melakukan pembelian produk, maka kamu dapat melakukan retargeting terhadap target market tersebut.
Hal tersebut dapat kamu aplikasikan dalam struktur SEO website untuk mengoptimalkan potensi target market, sehingga promosi jadi lebih efektif. Selain itu, retargeting ini juga dapat menjadi acuan laporan bisnis untuk menentukan tingkat penjualan produk berdasarkan target pasar yang ideal.
6. Visibilitas di Media Sosial
Metode kombinasi strategi SEO dan PPC selanjutnya, yaitu metode visibilitas di media sosial. Dalam beberapa tahun terakhir, sistem penargetan iklan telah meningkat dan mengalami sinkronisasi antara satu platform dengan platform yang lain.
Melalui sinkronisasi platform ini, target iklan pada website dan media sosial lain juga mengalami sinkronisasi data targeting. Hasilnya, banyak SEO specialist yang menggunakan target market PPC dalam bentuk SEO untuk kemudian mengoptimalkannya ke berbagai media sosial.
Jadi, proses branding dan promosi bisa lebih efektif. Hal tersebut juga tidak terlepas dari penerapan kata kunci dan targeting berdasarkan struktur PPC yang menargetkan keyword secara optimal. Kemudian, melakukan sinkronisasi keyword tersebut agar memiliki visibilitas di berbagai media sosial.
Tertarik Mencoba Kombinasi Strategi SEO dan PPC?
Itulah penjelasan tentang strategi kombinasi strategi SEO dan PPC. PPC dan SEO adalah aspek penting dalam promosi bisnis. Kenapa perlu SEO untuk bisnismu? Ini tidak terlepas dari peran SEO sebagai tools pencarian yang akan meningkatkan promosi produk bisnis, serta memperluas jaringan target market.
Jika kamu mencari jasa SEO berkualitas untuk keperluan bisnis, kamu bisa mendapatkannya di jasa SEO Whello. Whello merupakan agensi digital marketing terbaik yang siap membantu kamu untuk meningkatkan omzet bisnis secara digital. Jadi, tunggu apalagi? Ayo mulai optimalkan potensi promosi digital dengan Whello!
Bagaimana cara mendapatkan data keyword PPC untuk optimasi keyword SEO?
Ketika kamu beriklan dengan PPC, maka akan tampil sebuah insight yang berisi data informasi terkait trafik audiens dan juga keyword optimal. Lewat data keyword inilah kamu bisa mengaplikasikannya dalam struktur kata kunci pada strategi SEO.
Apa manfaat Strategi kombinasi SEO dan PPC?
Meningkatkan trafik audiens, target promosi jadi lebih efektif, jangkauan target market jadi lebih luas, menghemat budget pemasaran digital, dan meningkatkan omzet bisnis.
Apa keunggulan strategi marketing digital SEO?
Budget lebih murah, relevansi target market, meningkatkan profesionalitas website bisnis, dan promosi jangka panjang.
Apa keunggulan strategi marketing digital PPC?
Target market lebih tepat sasaran, hasil promosi yang terstruktur, kontrol insight penuh, dan sistem pembayaran per sekali klik iklan.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!