Salah satu fitur yang sangat berguna di Google Search Console adalah Links Report, atau laporan tautan. Namun masih banyak pemula yang kurang paham akan kegunaan links report ini.
Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu Links Report, fitur apa saja yang ada di dalamnya, mengapa Links Report penting dalam analisis SEO, bagaimana mengartikan data yang terdapat di dalamnya, serta cara melakukan analisis dari Links Report. Yuk simak lebih lanjut!
Daftar isi
Apa itu Links Report di Google Search Console?
Links Report adalah bagian dari Google Search Console yang memberikan informasi tentang backlink yang mengarah ke website kamu. Ini termasuk link eksternal dari website lain yang mengarah ke halaman-halaman di website.
Melacak backlink, dan link internal adalah hal yang penting dalam mengelola website. Hal ini memungkinkan kamu melihat situs yang paling banyak menautkan ke situs kamu, halaman yang paling berpengaruh, dan banyak lagi. Semua itu memberikan pandangan mendalam tentang apakah pengelolaan website kamu sudah tepat.
Nah, karena itulah links report ini penting untuk kamu ketahui. Links Report di Google Search Console menawarkan beberapa poin data, termasuk:
- Top linked pages (halaman di situs kamu yang mendapatkan backlink terbanyak)
- Top linking sites (situs eksternal yang paling banyak menautkan ke situs kamu)
- Top linking text (anchor text yang paling umum digunakan dalam link ke situs kamu)
- Top internally linked pages (halaman di situs kamu dengan link internal terbanyak)
Fitur-Fitur dalam Links Report
Links report menawarkan banyak sekali insights. Berikut ini beberapa panduan mengenai fitur-fitur yang akan kamu temui pada laporan ini:
1. Top linking pages – Externally
Sesuai dengan namanya, fitur laporan ini adalah yang terbaik untuk melihat situs mana yang paling banyak menautkan ke situs kamu.
Laporan ini adalah area utama di mana kamu akan melihat “backlink” Search Console. Karena laporan akan menunjukkan link eksternal yang datang ke situs kamu dari luar.
Laporan ini menunjukkan kepada pemilik situs domain root untuk semua backlink yang mengarah ke situs kamu. Seluruh tabel diurutkan dari yang tertinggi hingga terendah dan menampilkan jumlah “total link eksternal” kamu.
Tetapi, penting untuk diingat bahwa jumlah “jumlah total” disini bukanlah ukuran yang baik untuk kinerja atau peringkat SEO kamu. Pengaruh backlink terhadap performa SEO tidak terlalu banyak dan lebih kepada kualitas dan relevansi, jadi meskipun memiliki lebih banyak backlink bisa jadi bagus, namun itu bukanlah hal yang pasti.
Untuk informasi yang lebih rinci, kamu dapat mengklik setiap domain untuk melihat daftar halaman yang ditautkan ke situs tersebut. Dengan cara ini, jika situs tersebut berkualitas tinggi, kamu bisa melihat halaman mana yang mendapat manfaat dari link tersebut.
Nah, salah satu kegunaan dari top linking pages yang baik adalah untuk mengonfirmasi bahwa situs yang kamu lihat di sini dapat dikenali dan masuk akal dalam konteks bisnis kamu. Jika kamu melihat situs yang tidak dikenal, tidak jujur, atau spam, ada kemungkinan situs tersebut menempatkan kamu di lingkungan tautan yang buruk.
2. Top linked sites
Jika kamu ingin melihat halaman mana yang paling banyak mendapatkan tautan, maka laporan “Halaman tertaut teratas” dapat membantu. Laporan ini menunjukkan backlink yang terdaftar di Google Search Console dalam urutan dari yang tertinggi hingga terendah untuk halaman di properti kamu dengan tautan masuk terbanyak dari halaman eksternal.
Sama seperti laporan tautan situs dan backlink lainnya, kamu juga dapat melihat jumlah total yang tercantum di bagian atas laporan.
kamu dapat mengklik setiap halaman dalam laporan untuk melihat daftar domain lainnya (ini hanya akan menampilkan domain yang tertaut, bukan URL sumber yang tepat).
Laporan backlink “top linked sites” menyediakan beberapa opsi untuk memfilter berdasarkan jumlah tautan atau teks di dalam tautan itu sendiri.
3. Top linking text
Top linking text adalah anchor text yang paling umum digunakan dalam tautan ke situs kamu. Anchor text memberikan konteks kepada mesin pencari tentang konten halaman yang ditautkan. Idealnya, anchor text yang digunakan dalam backlink kamu harus relevan dan bervariasi.
Search engine mungkin melihat anchor text yang dioptimalkan secara berlebihan (seperti menggunakan kata kunci yang sama persis secara berlebihan) sebagai manipulatif.
4. Top internally linked pages
Tabel ini menunjukkan halaman mana di situs kamu yang memiliki internal link paling banyak, diurutkan dari yang tertinggi hingga terendah.
Hal ini dapat membantu kamu menganalisis struktur situs kamu untuk memastikan halaman-halaman penting berada di bagian tengah. Bagi kamu yang ingin menggunakan internal link sebagai strategi SEO, tentunya fitur ini akan menguntungkan.
Cara Mengakses Backlink Profile dari Links Report
Untuk mengakses profil backlink dari Links Report dalam Google Search Console, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Masuk ke Google Search Console. Buka browser web kamu dan akses Google Search Console.
2. Pilih properti domain yang diinginkan di kotak kiri atas. Kemudian, cari dan klik “Links” di bagian bawah bilah sisi kiri.
3. Lalu kamu akan melihat pada dashboard utama “Links”. Data tautan yang tersedia dibagi ke dalam kategori “External link” dan “Internal link”.
4. Dalam kategori “External link”, kamu akan menemukan halaman yang ditautkan teratas, situs yang menautkan teratas, dan teks yang menautkan teratas.
Kamu juga dapat menemukan situs penautan teratas untuk setiap halaman kamu. Cukup klik pada halaman tertaut tertentu, dan kamu akan mendapatkan laporan yang mirip dengan ini:
5. Lalu kamu akan melihat semua backlink dari situs tertentu. Cukup klik pada situs yang ditautkan di menu utama, dan kamu akan mengakses tampilan yang mirip dengan ini:
Dengan informasi yang bisa kamu lihat dari links report di Google Search Console, kamu dapat menyusun strategi SEO untuk kedepannya deh.
Sudah Tahu Tentang Links Report di GSC?
Links Report dalam Google Search Console merupakan alat yang sangat berguna untuk analisis SEO. Dengan memahami data yang tersedia di links report Google Search Console, kamu dapat meningkatkan peringkat SEO kamu.
Jika kamu masih bingung atau ragu dalam meningkatkan SEO, kamu dapat mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan jasa SEO Whello.
Whello menyediakan paket layanan optimasi dan konsultasi SEO yang dapat membantu meningkatkan visibilitas website di SERP. Salah satunya adalah membantu mengalihkan alamat website atau halaman lama ke baru. Yuk langsung konsultasikan kebutuhan kamu dengan tim Whello secara gratis!
Apakah semua link eksternal bermakna bagi SEO?
Tidak semua link eksternal sama. Link dari situs otoritatif dan relevan umumnya lebih berharga daripada link dari situs yang kurang terpercaya atau tidak relevan.
Bagaimana cara mendapatkan lebih banyak link eksternal?
Kamu dapat mendapatkan lebih banyak link eksternal dengan membuat konten berkualitas tinggi yang menarik bagi pembaca dan mempromosikannya melalui social media, kolaborasi dengan situs lain, atau dengan melakukan campaign digital marketing.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!