Data menjadi salah satu aset penting untuk memahami perilaku dan ketertarikan konsumen hingga memperbaiki performa bisnis. Dan salah satu jenis data yang paling sering digunakan pada sebuah bisnis yaitu Big Data, dimana data yang merupakan kombinasi dari semua proses dan alat yang terkait dengan penggunaan dan pengelolaan kumpulan data besar.
Sebenarnya big data sendiri bukan tentang seberapa besar data yang dimiliki, namun pengumpulan data secara tepat dan signifikan sehingga hasil pengolahannya bisa dijadikan referensi atau acuan terhadap keputusan bisnis yang dijalankan.
Bagi kamu yang sedang mencari tahu apa itu big data serta manfaat-manfaatnya, kamu bisa membaca beberapa penjelasan dibawah ini.
Daftar isi
Pengertian Big data
Big data adalah istilah yang menunjukkan kumpulan data yang lebih besar, kompleks, dan berasal dari berbagai sumber (resource) untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam sebuah bisnis.
Big data bukan tentang seberapa besar data yang dimiliki, namun lebih kepada pengumpulan data secara tepat dan signifikan sehingga hasil pengolahannya bisa dijadikan referensi atau acuan terhadap keputusan bisnis yang dijalankan.
Bisa juga dikatakan, big data menjadi sebuah konsep tentang kemampuan kita untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengerti jumlah data yang cukup besar yang datang setiap harinya.
Data-data tersebut meliputi lalu lintas protokol internet, akun pengguna internet, data transaksi perbankan, data transaksi penjualan, hasil citra satelit, data pergerakan GPS, data dari rekaman kamera, aktivitas pengguna media sosial, data video, data gambar, data audio, data email, data provider dan pelanggannya, game online, dan aplikasi internet lainnya.
Ciri-Ciri Big Data
Berikut 3 ciri utama dari big data itu sendiri.
-
Volume
Big data memiliki jumlah data yang sangat besar sehingga dalam proses pengolahan data dibutuhkan sebuah penyimpanan dan aplikasi analisis yang canggih.
-
Velocity
Big data memiliki aliran data yang cepat dan bersifat real time.
-
Variety
Big data memiliki bentuk format data yang beragam (terstruktur dan tidak terstruktur), tergantung pada banyak sumber data yang dihasilkan.
Manfaat Big Data
Nah bagi kamu yang ingin mencoba memanfaatkan big data untuk perkembangan bisnis kamu, berikut ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan:
1. Customer Relationship Management (CRM)
Customer relationship management adalah salah satu hal paling penting dalam sebuah bisnis, dikarenakan CRM membantu meningkatkan marketing dan membantu kamu 1mengelola marketing dan operasional kamu dengan lebih mudah agar kebutuhan customer terpenuhi.
Sebagai pemilik bisnis, mungkin kamu sudah melakukan beberapa usaha CRM untuk menjaga hubungan yang baik dengan customer. Ada beberapa tool diluar sana yang bisa membantu Anda mengelola kegiatan CR, misalnya Zoho atau Bitrix24.
Dengan tools ini kamu juga bisa mengumpulkan dan menggunakan data dengan lebih mudah dan efisien. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui history pembelian komnsumen, jenis-jenis konsumen, komplain dari konsumen, hingga informasi yang lebih spesifik tentang konsumen kamu.
2. Mendorong Inovasi
Big data dapat membantu kamu berinovasi dengan mempelajari hubungan antara manusia, lembaga, entitas, dan berbagai proses hingga akhirnya dapat menentukan cara baru untuk menggunakan pengetahuan baru tersebut.
Perusahaan besar seperti Netflix menggunakan big data untuk mengantisipasi keinginan konsumen. Mereka menggunakan data dengan melihat bagaimana konsumen menggunakan produk mereka. Berdasarkan data-data tersebut, mereka kemudian akan mengembangkan inovasi baru untuk produk dan layanan mereka.
3. Sebagai Data Sharing
Ketika sebuah bisnis mulai berkembang, mereka mulai memperhatikan produk hingga situasi yang akan muncul. Mungkin kita beranggapan, tidak ada informasi yang cukup untuk membangun produk dengan pasti. Tetapi data yang justru bisa membangun produk tersebut tidak mungkin diperoleh tanpa meriset produk lain terlebih dahulu.
Nah disinilah data sharing berperan penting. Dengan adanya data sharing, proses inovasi bisa menjadi lebih cepat, yaitu dengan menghubungkan bisnis pada kumpulan data yang dibutuhkan untuk menghasilkan wawasan inovasi yang baru.
4. Menganalisis Resiko
Keberhasilan dan kegagalan sebuah bisnis bukan hanya soal bagaimana kamu menjalankan sebuah bisnis. Ada berbagai ekonomi atau sosial yang juga berperan penting.
Hasil analisis big data adalah analitik yang prediktik, hal ini memungkinkan kamu untuk menganalisis, baik itu pada media sosial maupun website. Kamu juga bisa mengikuti tren dan perkembangan terbaru dari industri tertentu.
5. Memaksimalkan Customer Service
Chatbot menjadi salah satu sarana menyediakan customer service terbaik tanpa kendala waktu, anggaran, dan karwan. Nah, big data juga bisa meningkatkan kepuasan pelanggan dengan memberi panduan dan membantu merancang produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.
Dengan data yang tepat, kamu bisa menganalisis dan mengetahui fitur-fitur yang paling disukai oleh konsumen dan mana yang perlu dihilangkan. Disini kamu bisa menggunakan data survey, history pendapatan atau teknologi tracking.
6. Meningkatkan Keamanan
Ketika transaksi online meningkat, biasanya tingkat penipuan juga akan meningkat. Mulai dari serangan malware, virus Wannacry hingga serangan-serangan hacker lain yang dapat mengganggu proses bisnis kamu.
Nah big data memungkinkan perusahaan untuk mengimplementasikan perangkat lunak yang bisa meningkatkan perlindungan pada informasi yang sensitif, dalam hal finansial misalnya.
Kekurangan Big Data yang Perlu Diwaspadai
Selain manfaat, ada juga kekurangan big data yang perlu kamu waspadai, yaitu kekhawatiran pelanggan yang timbul mengenai hak privasi dan keamanan.
Untungnya saat ini undang-undang privasi data sudah semakin di protect, bisnis atau perusahaan yang mengandalkan big data juga mulai mempertimbangkan protokol, proses, dan infrastruktur data yang bertujuan untuk melindungi data dan mengurangi resiko keamanan, big data juga perlu diproses secara khusus sehingga perlu adanya ahli yang memahami teknik pengolahannya.
Itu artinya, untuk bisa mengolah dan memaksimalkan manfaat big data untuk sebuah bisnis, mereka perlu berinvestasi dalam infrastruktur teknologi informasi (IT) yang terdiri dari database, prosesor dengan daya komputasi yang memadai, dan kemampuan IT lainnya, termasuk data science.
Big data berkaitan erat dengan data science (ilmu data), kedua teknologi ini bisa diterapkan hampir di semua sektor bisnis. Ketika ingin memproses big data, sebuah perusahaan harus memiliki data scientist agar bisa menghasilkan informasi yang tepat bagi sebuah bisnis.
Sekilas Tentang Data Science
Menurut Data Robot, data science (ilmu data) adalah ilmu yang menggabungkan sebuah kemahiran di bidang ilmu tertentu dengan keahlian pemrograman, matematika, dan statistik.
Tujuannya yaitu untuk mengekstrak sebuah pengetahuan atau informasi dari data.
Biasanya, orang yang mahir dalam bidang data science menggunakan algoritma machine learning atau pembelajaran mesin, hal ini berguna untuk mengolah teks, gambar, video, audio, dan lain-lain untuk menghasilkan kecerdasan buatan.
Sistem kecerdasan buatan ini dapat dirancang untuk melakukan berbagai tugas yang terlalu sulit untuk kecerdasan manusia.
Hasil data yang diolah sistem kecerdasan buatan akan dapat dimanfaatkan oleh analis dan pengguna dalam bisnis untuk merancang strategi yang tepat untuk menyelesaikan suatu masalah atau mencapai sebuah tujuan.
Untuk belajar tentang data science, kamu bisa membaca beberapa blog di Internet, atau menonton beberapa channel Youtube yang menyediakan konten tentang data science.
Sudah Menggunakan Big Data untuk Bisnis Kamu?
Itulah beberapa penjelasan mengenai big data dan 6 manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan big data. Big data bisa tidak hanya menjadi sumber yang memberi kamu wawasan dari hasil analisis pasar dan konsumen.
Kamu bisa memberikan atau bahkan menjual data tren yang non-personal ke bisnis besar lainnya yang beroperasi di sektor yang sama dengan bisni kamu.
Jika ada hal lain yang ingin kamu ketahui tentang big data, Whello memiliki tim digital marketing consultant yang bisa menjawab pertanyaan kamu. Kamu bisa berdiskusi beberapa hal mengenai big data. Atau kamu juga bisa tinggalkan pesan di kolom komentar dibawah.
Terimakasih dan semoga bermanfaat ya.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!