Mengenal dan Cara Menggunakan FTP

1 menit

Mengenal dan Cara Menggunakan FTP.

Halo – Semoga pembaca dalam keadaan sehat selalu. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai FTP. Apa itu FTP? lalu apa fungsi dan cara menggunakannya?. Berikut ini penjelasan mengenai FTP.

File Transfer Protocol atau biasa disingkat dengan FTP, merupakan internet service yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet tertentu atau komputer, sehingga user dapat mengirimkan file ke komputer (download) atau mengirimkan file ke server (upload). FTP saat ini banyak digunakan untuk melakukan pertukaran data, karena lebih mudah daripada menggunakan perangkat kabel atau fisik.

Diharapkan dengan artikel ini nantinya pembaca dapat mengerti mengenai apa itu FTP dan bagaimana cara menggunakan FTP untuk melakukan remote server. Remote server sangat berguna untuk mengelola website tanpa harus masuk ke dalam akun hosting atau Virtual Private Server (VPS).

Ada beberapa fungsi FTP yang saat ini banyak digunakan, seperti untuk mengunggah halaman website ke dalam Internet melalui web hosting. Fungsi lain seperti memperbarui revisi dari program yang dilakukan oleh aplikasi FTP developer. Lengkapnya, berikut ini adalah fungsi dari FTP yang saat ini ada.

  • Melakukan upload halaman website ke dalam web server/web hosting ke internet
  • Menjelajah dan mengunduh file dari situs perangkat lunak publik
  • Mengirimkan file yang berukuran besar menjadi dua partisi yang mungkin saja terlalu besar untuk lampiran di dalam email
  • Mengunduh dan melakukan upload konten, seperti tugas kuliah ke FTP server
  • Mendistribusikan revisi terakhir program yang dilakukan oleh pengembang perangkat lunak
  • Menghapus atau rename file yang ada pada server

Tentu saja tidak hanya itu, ada banyak fungsi FTP lain yang bisa dimanfaatkan dalam melakukan pekerjaan sehari-hari. Kamu dapat mengembangakannya sendiri dan menyesuaikan dengan kebutuhan penggunaan yang dibutuhkan. Namun, pada dasarnya fungsi sederhana dari FTP adalah untuk memudahkan pengguna memindahkan file dari satu tempat ke tempat yang lainnya.

Aplikasi FTP

Di internet saat ini banyak sekali aplikasi FTP client yang tersedia. Salah satu aplikasi FTP yang terkenal adalah FileZilla. Aplikasi FTP ini banyak digunakan untuk melakukan remote FTP. Tidak hanya lengkap, melainkan juga dapat digunakan di berbagai macam sistem operasi, seperti Linux dan Windows. Berikut ini adalah 3 contoh FTP client yang tersedia di internet.

  • FileZilla

FileZilla FTP Client merupakan FTP client yang banyak digunakan untuk melakukan koneksi remote FTP dengan fitur yang lengkap. Aplikasi FTP ini mendukung di beberapa sistem operasi terkenal seperti Linux dan Windows. Kelebihannya adalah dapat melakukan transisi simultan. Ketika meng-upload file tetapi koneksi terputus maka dapat diulang kembali. Namun aplikasi FTP ini memiliki kekurangan yaitu membutuhkan waktu yang lama untuk mengunggah berkas (file), jadi semakin banyak dan semakin besar berkasnya maka semakin lama pula proses uploadnya. Direkomendasikan tidak mengunggah file terlalu banyak bersamaan, melainkan dengan cara sebagian agar waktu proses pengunggahan tidak begitu lama.

  • WINSCP

Meskipun tidak sepopuler FileZilla, WinSCP merupakan aplikasi yang juga cukup populer, apalagi untuk pengguna Windows. Beberapa protokol yang dapat ditangani oleh WinSCP adalah SFTP, SCP, FTP, dan WebDev. Kelebihan dari WinSCP adalah dukungan SSH password, keyboard interaktif, public key, dan otentikasi Kerberos. Selain juga terintegrasi dengan Pageant atas dukungan penuh otentikasi kunci publik dengan SSH. Sayangnya, aplikasi FTP ini hanya bisa digunakan di Windows saja.

  • GFTP

Apa itu FTP GPTF? GFTP merupakan aplikasi FTP client yang hanya tersedia di sistem operasi Linux. Aplikasi ini adalah proyek sumber terbuka, jadi boleh dikembangkan dan dipakai oleh siapa saja. Sudah mendukung protokol FTP, FTPS, HTTP, HTTPS, SSH, FSP. Sayangnya aplikasi FTP ini hanya bisa digunakan untuk melakukan koneksi FTP menggunakan antar jaringan lokal saja.

Selain tiga aplikasi di atas, tentunya masih ada beberapa aplikasi FTP client yang saat ini tersedia.

Cara menggunakan FTP dengan Aplikasi Filezilla

Pada artikel ini saya akan memberi tahu langkah demi langkah bagaimana menggunakan FTP dengan aplikasi filezilla. Mengapa filezilla? dikarenakan aplikasi ini cukup mudah untuk digunakan dan tidak perlu banyak konfigurasi.  Berikut ini cara menggunakan Filezilla:

  • Kamu sudah menginstall Aplikasi Filezilla. Jika belum kamu install, kamu dapat mendownloadnya di website resminya. Jika kamu pengguna windows kamu dapat mengunduhnya disini. Dan untuk kamu pengguna Linux dapat mengunduhnya disini.
  • Buka Filezilla kamu. Untuk menambahkan situs ke Filezilla silakan untuk membuka Filezilla yang sudah Kamu install dan akses Site Manager. Site Manager dapat diakses dengan menakan CTR + S (untuk Mac dapat melalui CMD + S) pada FileZilla atau kamu dapat langsung menekan ikon yang berada di kiri atas, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.

Silakan tambahkan situs ke Site Manager. Untuk melakukannya, Kamu harus menekan New Site pada Site Manager dan mengisi detail yang diperlukan seperti yang terlihat pada gambar di bawah:

  • Host – Kamu dapat menemukan informasi ini di layanan web hosting terbaik kamu. Pada umumnya menggunakan nama domain di awali ftp seperti ftp.yourdomain.com
  • Port – Port dari FTP server, untuk port FTP default adalah 21, tapi untuk kolom ini tidak wajib diisi.
  • Protocol – Protokol untuk menerima dan mengirim file melalui sebuah jaringan. Silakan pilih FTP – File Transfer Protocol.
  • FTP – Untuk kepanjangan dari FTP sendiri adalah File Transfer Protocol. Ini adalah internet service yang dirancang untuk membuat sambungan ke server internet tertentu atau komputer, sehingga user dapat mengirimkan file ke komputer (download) atau mengirimkan file ke server (upload).
  • SFTP (Secure File Transfer Protocol) – Memastikan keamanan data yang akan ditransfer menggunkan data pribadi dan aman. Ini adalah protokol transmisi data standar yang digunakan dengan protokol SSH2. Server SFTP menggunakan port 22 dan melalui SSL/TLS seara default menggunakan port 990.
  • Encryption – Pilihan bagaimana data kamu akan di enkripsi. Kami merekomendasikan Only use plain FTP (insecure), sebab cara lain perlu membuat sertifikat dan konfigurasi lain. Jika kamu ingin menghubungkan ke server dengan menggunakan metode enkrispi lain, silakan untuk mehubungi layanan hosting kamu untuk meminta bantuan.
  • Logon Type – Jenis login.
  • Anonymous – Kamu tidak dapat memasukan username dan password. Dalam hal ini, username selalu “Anonymous”.
  • Normal – Kamu harus memasukkan username dan jika dipelukan sebuah password.
  • Ask for password – FileZilla akan meminta Kamu untuk memasukkan password selama login, dan password akan masuk session.
  • Interactive – FileZilla akan meminta password, dan password diminta lagi untuk setiap koneksi baru ke server.
  • Account – Mengaktifkan ini Accountakan terisi di setting bookmark. Tipe akun ini adalah untuk FTP saja, SFTP tidak mendukung ini.
  • User – FTP user yang digunakan ketika menghubungkn.
  • Password – Password dari FTP.

Kamu harus menentukan Logon Type, dimana harus di set ke Normal dan masukkan username dan password.

Setelah memasukkan semua informasi , silakan untuk menekan Connect atau OKuntuk terhubung ke server. Tapi sebelumnya silakan untuk mengecek kembali passwod dan semua detail sudah benar.

Jika koneksi berhasil, kamu akan melihat daftar direktori dari server FTP Anda. Jika Anda sudah memasukkan username dan password FTP dengan benar, tapi masih gagal, silakan untuk menghubungi pihak hosting yang kamu gunakan.

Cukup mudah bukan? Jika kamu mengalami kesulitan atau memiliki masukan tambahan silahkan cantumkan dan ajukan pada kolom komentar di akhir artikel ini. Terimakasih 🙂

7+


Web Developer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *