Setiap orang yang memiliki website, pasti menginginkan agar websitenya berada di halaman pertama pencarian Google. Bagaimana caranya? Salah satu cara yang dapat kamu lakukan yaitu optimalisasi SEO. Pada SEO terdapat satu faktor yang dinamakan keyword (kata kunci). Bagi kamu yang pernah menggunakan jasa SEO mungkin akan lebih familiar.
Keyword merupakan kata yang digunakan mesin pencari untuk menganalisis suatu website atau blog. Agar website kamu mudah ditemukan pada mesin pencarian, maka kamu harus menggunakan keyword yang tepat.
Ada 2 jenis keyword yang perlu kamu ketahui, apa itu? Simak penjelasan berikut ini:
1. Short Tail Keyword
Short tail keyword merupakan kata kunci yang singkat dan pada umumnya terdiri dari satu atau dua kata.
Jenis keyword ini biasanya mempunyai tingkat persaingan (kompetitor) yang sangat tinggi karena penggunaan kata kunci yang kurang ‘spesifik’.
Berikut contoh penggunaan short tail keyword:
Berdasarkan contoh diatas, pada saat saya melakukan riset penggunaan kata kunci ‘Blog’, maka dapat dilihat yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci ini memang banyak, tetapi mempunyai tingkat persaingan yang tinggi, sehingga artikel yang menggunakan kata kunci ‘Blog’ akan sulit bersaing di mesin pencarian. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan ‘kata kunci turunan’ yang lebih spesifik.
Kata kunci turunan dinamakan Long Tail Keyword. Apa itu long tail keyword? Simak penjelasan dibawah ini.
2. Long Tail Keyword
Long tail keyword merupakan kata kunci turunan dari kata kunci short tail keyword.
Long tail keyword biasanya lebih spesifik, tertarget, dan tingkat persaingan kata kunci yang digunakan pada mesin pencarian juga kecil.
Perhatikan contoh dibawah ini:
Jika pada short tail keyword kamu menggunakan kata kunci ‘Blog’, maka alangkah baiknya jika kamu melakukan penambahan kata agar kata kunci kamu lebih spesifik dan persaingannya lebih mudah. Misalnya seperti contoh di atas, kamu dapat menggunakan kata kunci ‘Cara Membuat Blog’. Selain jumlah pencarinya banyak mencapai 40.500 perbulannya, dan tingkat persaingannya pada mesin pencari juga cenderung mudah.
Itulah dua jenis keyword yang harus kamu pahami sebelum menggunakan keyword untuk website atau blog kamu. Jika kamu masih bingung atau belum mengerti, kamu bisa meninggalkan pesan di kolom komentar dibawah ini.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Cara Meningkatkan Domain Authority, Ini Langkah yang Harus Dilakukan
Domain authority merupakan salah satu faktor penting dalam SEO. Berikut beberapa cara meningkatkan domain authority yang bisa kamu lakukan.
Panduan Lengkap Memaksimalkan Internal Linking untuk Optimasi SEO
Tingkatkan kualitas SEO dan pengalaman pengguna pada website dengan mengoptimalkan penggunaan internal linking yang efektif. Ini panduannya!
Video Ads: Pengertian dan 7 Manfaatnya untuk Meningkatkan Branding
Sebagai content creator, kamu pasti sudah mengetahui istilah video ads. Yuk, simak penjelasan apa saja manfaatnya untuk tingkatkan branding!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!