Kamu pasti sudah tahu betapa mahalnya kampanye Google Ads dan bagaimana klik yang tidak diinginkan dapat menghabiskan anggaran iklan tanpa hasil yang signifikan. Oleh karena itu, penggunaan negative keyword sangat penting untuk menghindari klik yang tidak produktif dan mengurangi biaya yang tidak perlu. Simak ulasan berikut ini!
Daftar isi
Apa Itu Negative Keyword?
Negative keyword atau kata kunci negatif adalah cara untuk memberitahu Google agar tidak menampilkan iklan pada kata kunci yang tidak relevan. Secara sederhana, negative keyword adalah jenis kata kunci yang mencegah suatu iklan tampil saat kata atau frasa tertentu dimasukkan dalam mesin pencarian.
Kata kunci ini merupakan salah satu komponen penting dalam iklan Google. Jenis keywords ini memberikan kendali yang kuat terhadap tampilnya iklan berdasarkan kata kunci yang relevan dengan produk yang diiklankan.
Penggunaan negative keyword juga dapat mengoptimalkan kampanye penelusuran dan tampilan, mengurangi pengeluaran yang tidak produktif, dan menjaga anggaran iklan. Meskipun banyak kampanye yang menggunakan kata kunci broad match atau modified broad match, hal ini tetap bisa membuat iklan tampil pada halaman yang tidak relevan.
Oleh karena itu, penggunaannya sangat penting untuk mengendalikan hasil pencarian agar sesuai dengan tujuan iklan. Hal ini dapat membantu kamu untuk meluncurkan kampanye yang luas namun tetap menguntungkan.
Kenapa Harus Menggunakan Negative Keyword?
Tujuan utama penggunaan negative keyword adalah untuk menghindari iklan agar tidak menyasar kepada orang-orang atau konsumen yang tidak sesuai dengan target pasar.
Sebagai contoh, jika kamu menjual bunga asli yang masih segar, kamu pasti tidak ingin jika iklan ditampilkan pada orang-orang yang mencari bunga kering atau bunga imitasi, bukan?
Hal ini karena orang-orang tersebut bukan merupakan target pasar kamu. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan kata kunci “bunga kering” atau “bunga imitasi” sebagai kata kunci negatif dalam iklan kamu.
Contoh lainnya, jika kamu menawarkan kursus bahasa Inggris berbayar, kamu pasti tidak ingin jika iklan dilihat oleh orang yang mencari kursus bahasa inggris gratis, bukan? Alasannya sama, karena orang-orang tersebut bukanlah target pasar kamu.
Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan kata kunci “kursus bahasa Inggris gratis” sebagai kata kunci negatif dalam iklan kamu. Jadi kesimpulannya, kata kunci negatif merupakan kumpulan kata kunci yang bertentangan dengan target pasar kamu.
Kamu bisa menggunakannya dalam iklan agar tidak menarik orang yang salah. Selain itu, penggunaan kata kunci negatif juga akan menghindari pemborosan anggaran iklan.
Tips Mencari Negative Keyword untuk Google Ads
Penerapan negative keyword tidak jauh berbeda dengan kata kunci pada umumnya. kamu bisa menemukan kata kunci negatif tersebut dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara mencari kata kunci negatif yang bisa kamu gunakan:
1. Lakukan Riset Keyword
Cara paling tepat untuk mencari negative keywords dalam Google Ads adalah dengan melakukan riset kata kunci. Terdapat berbagai cara riset keywords yang bisa kamu lakukan dengan tools riset kata kunci seperti Google Keyword Planner dan KWFinder.
Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alat atau tools pencari kata kunci seperti Ubersuggest, Keyword Tool, atau alat lainnya untuk menemukan kata kunci yang direkomendasikan.
2. Manfaatkan Google Search Predictions
Jika kamu mencari kata kunci penelusuran di Google, kamu akan mendapatkan daftar kata kunci penelusuran (atau prediksi kata kunci) yang direkomendasikan. Dalam daftar tersebut, kamu bisa menemukan beberapa kata kunci yang tidak relevan dengan iklan. Kamu cukup menambahkan kata kunci tersebut ke dalam daftar negative keywords.
3. Libatkan Website Analytics
Alat lainnya seperti Google Analytics juga bisa membantu kamu menemukan informasi tentang jenis kata kunci yang menduduki peringkat teratas dalam website. Kamu bisa mencari kata kunci yang memiliki trafik tinggi tetapi memiliki konversi rendah.
Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencari kata kunci yang tidak menghasilkan konversi sama sekali, lalu menambahkannya ke dalam daftar kata kunci negatif dalam iklan kamu.
Cara Menambahkan Negative Keyword di Google Ads
Berikut ini adalah cara menambahkan negative keyword dalam membuat kampanye Google Ads:
- Masuk ke akun Google Ads kamu.
- Pilih akun pengelola iklan yang akan digunakan.
- Klik “NEW CAMPAIGN” untuk membuat kampanye baru. Pastikan jika pengaturan kampanye sudah dalam mode expert mode agar kamu bisa mengakses lebih banyak fitur.
- Pilih “Create a campaign without a goal guidance” karena opsi ini punya lebih banyak fitur.
- Klik “Search” karena kamu akan membuat iklan Google Ads yang akan ditampilkan dalam hasil pencarian Google> Setelah itu, klik “CONTINUE”.
- Isi bagian “Website visit” dengan situs web yang ingin kamu iklankan, lalu klik “CONTINUE”.
- Beri nama kampanye kamu.
- Atur jadwal tayang iklan pada bagian “More settings”.
- Selanjutnya, atur lokasi pada bagian “Locations” dan bahasa pada bagian “Languages”.
- Tentukan budget iklan kamu per harinya pada bagian “Budget”.
- Isi bagian “Extensions” dengan nomor telepon jika perlu, lalu klik “SAVE AND CONTINUE”.
- Tambahkan beberapa keyword seperti “murah” dan “+murah”. Jika sudah, klik “SAVE AND CONTINUE”.
- Buat isi iklan, mulai dari “Headline” dan “Description”. Lalu, klik “DONE AND CREATE NEXT AD“. Jika sudah selesai, klik “CONTINUE TO CAMPAIGN”.
- Klik salah satu kampanye yang telah kamu buat dan ingin kamu tambahkan kata kunci negatif.
- Klik “Keywords”, lalu pilih “Negative Keywords”. Klik tanda (+) warna biru di sebelah kanan untuk menambahkan daftar kata kunci negatif.
- Tambahkan kata kunci negatif yang kamu inginkan, seperti “Kursus Bahasa Inggris Gratis” dan “Les Bahasa Inggris Gratis”, lalu klik “SAVE”.
- Kata kunci negatif yang kamu inginkan telah berhasil ditambahkan.
Sudah Tahu Cara Mencari dan Membuat Negative Keyword di Google Ads?
Itulah tips dan cara memanfaatkan negative keywords dalam Google Ads. Dengan menggunakan kata kunci negatif, kamu bisa meningkatkan performa iklan. Kamu juga bisa mencegah iklan untuk sampai ke target yang salah sehingga dapat menghindarkan dari risiko pemborosan anggaran CPC.
Jika kamu ragu dengan cara pengaplikasian kata kunci negatif dalam iklan bisnis di Google, gunakan jasa iklan Google yang sudah teruji kredibilitasnya. Yuk langsung hubungi tim Whello dan konsultasikan kebutuhanmu!
Apa saja contoh negative keyword?
Gratis - jika kamu tidak menawarkan produk secara gratis. Murah - jika kamu menjual produk atau layanan berkualitas tinggi yang tidak murah. Review - jika kamu tidak ingin menarik pengguna yang mencari ulasan produk. Bekas - jika kamu hanya menjual produk baru. Palsu - jika kamu menjual produk original.
Bagaimana cara menulis kata kunci negatif?
Pertama, buat daftar kata kunci atau frasa yang tidak relevan dengan produk kamu. Kemudian, tambahkan kata atau frasa tersebut sebagai negative keyword ke dalam kampanye iklan.
Apa perbedaan antara kata kunci negatif dan positif?
Kata kunci positif digunakan untuk menargetkan pencarian yang relevan dengan iklan kamu. Kata kunci negatif digunakan untuk menghindari penampilan iklan pada pencarian yang tidak relevan atau tidak diinginkan.
Dimana kamu bisa meletakkan kata kunci negatif?
Kamu dapat meletakkan kata kunci negatif dalam kampanye iklan di platform periklanan, seperti Google Ads atau Bing Ads, pada bagian yang disebut "Kata Kunci Negatif" atau "Negative Keywords" dalam setiap grup iklan atau kampanye yang dikelola.
Berapa banyak kata kunci negatif yang sebaiknya kamu miliki?
Kamu dapat menambahkan hingga 5.000 kata kunci negatif per-daftar dan membuat hingga 20 daftar kata kunci negatif dalam akun kamu.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!