Strategi marketing jadi salah satu elemen diperlukan ketika jalankan bisnis. Ada banyak jenis strategi marketing yang dapat dipakai untuk tingkatkan efektivitas pemasaran bisnis, salah satunya STP atau segmenting, targeting, positioning. Simak penjelasan lebih lanjutnya di bawah ini.
Daftar isi
Apa Itu STP Marketing?
STP marketing adalah strategi pemasaran untuk tentukan di area mana bisnis akan dijalankan. Strategi ini didasarkan pada tiga langkah, yakni mengidentifikasikan segmen, menganalisis target pasar, dan menentukan posisi tepat untuk operasikan bisnis.
Selain bisa tentukan arah marketing bisnis, strategi STP pun dapat jadi langkah tepat bangun kredibilitas bisnis, brand image, dan menentukan rencana pemasaran yang akan dijalankan. Namun, pastinya langkah ini perlu diiringi kerja sama tim serta penyusunan strategi matang.
Proses Penerapan STP
Agar penempatan produk bisa lebih tepat sasaran, kamu perlu tahu penjelasan mengenai strategi STP. Namun ingat, strategi STP difokuskan di pendekatan target pasar, dan bukan produk.
-
Segmenting
Segmenting merupakan langkah pertama buat strategi STP. Pada langkah ini, kamu perlu membagi target pasar jadi kelompok konsumen yang potensial. Ada sejumlah kategori segmentasi pasar yang dapat digunakan menjadi tolak ukur dari segmenting:
- Demografis, yang bagi target pasar berdasarkan pada usia, ras, gender, pendidikan, pekerjaan, sampai agama serta kewarganegaraan.
- Geografis, yang bagi target pasar berdasarkan letak geografis, seperti kota, provinsi, negara, dan bahkan kompleks perumahan.
- Psikografis, bagi segmen pasar berdasarkan pada sifat psikologis, seperti kepribadian, gaya hidup, hobi, dan lainnya.
- Perilaku, yang bagi target pasar berdasarkan pada behavior ketika lakukan pembelian, tujuan dari pembelian produk, ketertarikan, dan lainnya.
Kategori-kategori segmentasi produk tersebut dapat dijadikan pedoman saat tentukan segmentasi pasar untuk usaha atau bisnis. Misalnya, pemilik bisnis kopi memilih jual biji kopi ke pekerja swasta yang domisilinya di Yogyakarta, dengan waktu kerja yang fleksibel serta suka kopi yang diolah manual.
-
Targeting
Analisa penetapan target mengharuskanmu untuk menententukan salah satu hasil dari segmenting yang paling cocok. Targeting pun dapat mempertimbangkan dari sejumlah faktor, yakni:
- Profitabilitas
Profit merupakan faktor utama yang perlu kamu pertimbangkan saat menentukan target pasar. Karena semua bisnis memang mencari profit, bukan? Oleh sebab itu, pastikan kamu bisa tentukan segmentasi pasar yang tepat serta sesuai target profit yang diincar.
- Pertumbuhan
Sebagai pebisnis, kamu harus bisa memproyeksikan rencana sampai beberapa periode akan datang. Maka dari itu, perkirakan hasil yang akan didapatkan setelah jalani strategi STP. Tentukan langkah apa yang perlu kamu ambil untuk capai visi ataupun target ke depan.
- Kemudahan dalam Akses
Jangan lupa pertimbangkan bagaimana kamu akan promosikan produk serta membuatnya mudah diakses pembeli. Misalnya, jika kamu ingin promosikan produk ke mancanegara, paling tidak pastikan kamu paham cara pengiriman barang. Lalu, pelajari juga apa yang akan jadi hambatanmu saat pilih target pasar.
-
Positioning
Berikutnya strategi STP marketing adalah positioning, yakni cara tempatkan iklan atau promosi produk pada segmen yang sudah dipilih dengan target sudah disusun. Inilah langkah yang akan membantumu menentukan bagaimana kamu menyajikan produk pada target pasarmu. Paling tidak, terdapat tiga tips yang perlu diperhatikan:
- Memberikan penawaran solusi
Setelah ketahui masalah atau keluhan sering dialami segmentasi pasar yang ditargetkan, saatnya untuk identifikasikan solusi yang dibutuhkan mereka. Lalu, tentukan solusi yang bisa kamu berikan untuk target pasarmu. Nantinya, inilah pesan yang akan kamu sampaikan pada marketing plan-mu.
- Menemukan USP (Unique Selling Point)
Saat menyusun positioning untuk bisnis, kamu harus bisa temukan keunggulan yang ditawarkan produkmu. Kemudian, pakai keunggulan itu menjadi ‘senjata’ yang bisa membedakan produkmu dengan pesaing.
- Susun campaign yang target pasar sukai
Supaya target pasar bisa kenali kehadiran brand atau produkmu, buat campaign menarik yang akan disukai oleh mereka. Contohnya adalah situs marketplace, yang sekarang banyak memakai idol Korea, untuk pasarkan brand mereka.
Contoh STP Marketing
Sebetulnya, contoh dari STP marketing ini dapat dengan mudah ditemukan pada hampir semua brand besar sekarang. Namun, kami akan berikan contoh untuk kamu yang akan bangun bisnis dari awal.
Misalnya, kamu ingin memulai bisnis kuliner. Kamu sudah lakukan riset pasar, lalu menemukan jika kuliner yang sedang menjadi favorit, yakni café yang jual minuman-minuman dan makanan-makanan ringan.
Strategi STP marketing contoh di atas kira-kira seperti ini:
- Segmentation
Café tengah menjadi hits di kalangan anak muda, jadi kamu pilih target pasar ini. Kemudian, kamu bagi jadi dua segmentasi psikografis: anak mudah berkantong pas-pasan dan anak muda kaya.
Café anak muda berkantong pas-pasan, menunya lebih sederhana dengan harga yang terjangkau. Sementara café anak muda kaya memiliki menu premium dengan harga cukup tinggi.
- Targeting
Selanjutnya, analisa targeting dengan memakai tiga poin yang telah dijabarkan:
- Profitabilitas
Nyatanya, dari kedua segmentasi pasar itu café dengan harga terjangkau lebih populer pada kalangan anak muda. Anak mudah dengan uang pas-pasan masih dapat menikmatinya. Pada saat sama, anak muda kaya pun tak ragu kunjungi café jika memang café memiliki review yang bagus.
- Ukuran serta Potensi Pertumbuhan
Kedua pasar tadi cukup besar dan memiliki potensi untuk berkembang pada masa yang akan datang. Namun setelah kamu lakukan riset kembali, nyatanya pasar anak muda berkantong pas-pasan lebih cepat berkembang. Alasannya karena lebih banyak anak muda yang berkantong pas-pasan dibandingkan anak muda kaya.
- Kemudahan Akses
Café mahal untuk anak muda kaya harus mempunyai tempat parkir luas karena mereka bawa kendaraan mobil. Namun, kamu sudah cari ke sana kemari dan nyatanya tempat sesuai dengan budget memiliki tempat parkir yang kecil. Paling hanya dapat muat untuk maksimal dua mobil.
Berdasarkan pada analisa di atas, kamu putuskan untuk buka café harga bersahabat. Sehingga cocok untuk anak sekolah, mahasiswa, sampai kaum pekerja.
- Positioning
Café telah menjamur. Jika tak tawarkan sesuatu berbeda, café-mu tak akan dapat bersaing dan malah menuju pada kebangkrutan. Lalu, kamu berpikir lagi dan lakukan riset kembali. Kamu cek review-review yang ada di internet serta media sosial, kunjungi semua café dengan harga murah di kota, sampai bertanya secara langsung ke konsumennya.
Pada akhirnya, kamu dapatkan satu kesimpulan: hampir semua WiFi pada café lain memiliki kecepatan lambat serta sinyalnya tidak merata. Padahal, tidak sedikit yang ingin memanfaatkan WiFi itu untuk kerjakan tugas, skripsi, hingga main bareng game online sambil minum kopi dan mengobrol dengan teman. Hasilnya, setelah tahu WiFi lambat, kebanyakan akan langsung pergi atau tidak akan kunjungi café itu lagi.
Inilah celah yang dapat kamu manfaatkan. Dengan WiFi kencang serta merata, kamu tawarkan solusi yang tidak dipunyai oleh café harga murah lain.
Nah, uraian di atas hanya contoh sederhana dengan tujuan untuk memberimu gambaran praktis pada dunia nyata. Dapat kamu perhatikan jika dengan STP, café itu tawarkan kelebihan di antara pesaing. Jika sudah begini tinggal tunggu waktu untuk café dapat mendominasi segmen pasar itu.
Demikian pembahasan tentang STP marketing adalah dan contoh penerapannya pada bisnis. Semoga bermanfaat.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!