Saat mempromosikan bisnis secara online, ada beberapa strategi digital marketing yang biasa dilakukan. Salah satunya yaitu Google Shopping Ads dan Google Ads.
Berapa diantara kamu mungkin bertanya, saya harus menggunakan strategi yang mana untuk bisnis saya? Jawabannya, tergantung produk atau jasa yang kamu tawarkan. Disini kita akan membahas perbedaan kedua strategi digital marketing ini.
Daftar isi
Pengertian Google Shopping Ads
Google Shopping adalah salah satu layanan berbayar Google yang menyediakan berbagai produk yang berasal dari para pebisnis. Mulai dari makanan, pakaian, perlengkapan bayi, houseware, kosmetik, accessories, dan lain-lain.
Google Shopping memberi kemudahan dan kenyamanan kepada para konsumen dengan cara menyediakan berbagai pilihan produk terbaik dan harga yang sangat bervariasi.
Ketika melakukan pencarian di Google, produk yang dijual menggunakan Google Shopping Ads, akan diberikan label “Sponsored atau Bersponsor”. Kamu bisa melihat contohnya pada gambar dibawah.
Baca juga: Apa Itu Google Shopping?
Pengertian Google Ads
Google Ads adalah media iklan Google yang memungkinkan kamu untuk menampilkan iklan berbayar pada mesin pencarian Google. Jika Google Shopping Ads digunakan untuk menawarkan berbagai produk, tetapi pada Google Ads kamu bisa mempromosikan produk dan jasa yang kamu tawarkan.
Sama seperti Google Shopping Ads, hasil pencarian produk kamu juga akan diberi label iklan, yaitu “Ads atau Iklan”. Bisa kamu lihat juga contohnya pada gambar dibawah.
Baca juga: Apa itu Google Ads?
Penempatan Iklan
Berikut penempatan Google Shopping Ads dan Google Ads pada hasil pencarian.
Penempatan Google Shopping Ads
Jika seseorang melakukan pencarian pada mesin pencarian, maka Google akan menampilkan iklan pada tab “Belanja atau Shopping” hasil pencarian Google.
Penempatan Google Ads
Jika iklan Google Shopping Ads muncul pada tab “Shopping”, maka Google Ads muncul pada seluruh hasil penelusuran (tab “All atau Semua” hasil pencarian Google).
Biaya dan Sistem Pembayaran Iklan
Sebelum membuat iklan, kamu juga perlu mengetahui biaya yang akan kamu keluarkan.
Biaya Google Shopping Ads
Dengan menggunakan Google Shopping, kamu bisa menentukan budget iklan Anda sesuai kebutuhan. Layanan iklan pada Google Shopping menggunakan sistem pembayaran CPC atau Cost per Click. Jika ada yang mengklik iklan kamu, barulah kamu dikenakan biaya.
Biaya Google Ads
Biaya Google Ads tergantung pada kata kunci yang digunakan. Besarnya nilai kata kunci tersebut tergantung kepada permintaan. Semakin tinggi permintaan sebuah kata kunci, maka biaya untuk menggunakan kata kunci tersebut juga lebih mahal.
Dan untuk sistem pembayaran, bisa dilakukan dengan empat metode.
- Biaya per 1000 Impresi (Pay per Thousand Impression).
- Biaya per Klik (Pay per Click).
- Biaya per Konversi (Pay per Conversion).
- Dan Biaya per tonton (Cost per View).
Cara Kerja
Google Shopping Ads dan Google Ads juga memiliki cara kerja yang berbeda-beda.
Cara Kerja Google Shopping
Layanan ini didukung oleh dua platform yaitu Google Ads dan Google Merchant Center.
Google Ads adalah program periklanan yang dibuat oleh Google membantu bisnis menjangkau lebih banyak calon konsumen melalui “iklan pencarian”.
Sedangkan Google Merchant Center adalah fitur yang disediakan untuk mengupload produk dan toko kamu ke Google sehingga bisa tampil di Google Shopping.
Cara Kerja Google Ads
Menurut Digital Vidya, ada 4 cara kerja Google Ads. Kamu bisa melihat pada gambar berikut.
A. Google Search (Penelusuran Google)
Audiens melakukan pencarian pada mesin pencari.
B. Complete Ads List (List Iklan)
Adwords akan menemukan semua keyword yang sesuai dengan pencarian (permintaan) audiens.
C. Auction (Lelang)
Google akan memilih iklan berdasarkan skor kualitas, ekstensi, dan format iklan.
D. Results (Hasil)
Google akan menampilkan iklan yang sesuai dengan hasil auction (iklan terbaik).
Konten
Untuk konten iklan, kamu juga perlu menyediakan beberapa iklan yang berbeda.
Konten Untuk Untuk Google Shopping Ads
Konten untuk Google Shopping Ads menggunakan konten gambar dan teks, karena iklan kamu akan dilengkapi dengan produk yang kamu tawarkan.
Konten Untuk Untuk Google Ads
Berbeda dengan konten untuk Google Ad, iklan hanya akan menampilkan informasi bisnis, sehingga kamu hanya membutuhkan konten teks.
Nah itulah perbedaan Google Shopping dan Google Ads, kamu juga bisa melihat perbedaannya pada tabel berikut.
Google Shopping Ads | Google Ads | |
---|---|---|
Penempatan Iklan | Tab “Shopping atau Belanja” halaman hasil pencarian Google. | Tab “All atau Semua” halaman hasil pencarian Google. |
Biaya dan Sistem Pembayaran | Cost Per Click (CPC) |
|
Cara Kerja | Didukung oleh dua platform yaitu Google Ads dan Google Merchant Center |
|
Konten | Teks dan gambar | Teks |
Saya Harus Menggunakan Google Shopping Ads atau Google Ads?
Tergantung jenis produk atau jasa yang kamu tawarkan. Jika kamu menawarkan sebuah produk, alangkah lebih baik kamu menggunakan Google Shopping Ads. Tetapi jika bisnismu menawarkan jasa tertentu, kamu bisa membuat Google Ads.
Jika kamu membutuhkan bantuan untuk membuat Google Shopping Ads dan Google Ads, Whello menyediakan jasa Search Engine Advertising (SEA) dan jasa iklan Google yang bisa membantu kamu. Dengan berbagai pengalaman, Whello telah membantu berbagai klein mereka untuk meningkatkan traffic dan konversi bisnis.
Kamu bisa melihat portofolio Whello atau langsung berdiskusi secara gratis dengan salah satu team Whello, hubungi kontak Whello sekarang.
Terimakasih dan semoga bermanfaat.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!