5 Strategi SEO untuk Meningkatkan Jumlah Pengunjung Website

4 menit

Internet Live Stats mengatakan, bahwa ada sekitar 5 hingga 6 miliar yang melakukan pencarian setiap harinya. Dan Google adalah salah satu mesin pencari yang paling banyak digunakan user.

Kamu bisa melihat faktanya pada gambar berikut:

Sumber: Internet Live Stats

Mengingat banyaknya lalu lintas pencarian pada mesin pencari, tentunya akan membantu meningkatkan jumlah pengunjung yang datang ke website kamu.

Namun untuk mewujudkannya, kamu juga perlu melakukan optimalisasi SEO pada mesin pencarian. Berikut 5 strategi SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung website:

1. Optimalisasi Website untuk Google Mobile First Index

Mengingat banyaknya jumlah pengguna mobile (smartphone) yang menggunakan mesin pencarian, pada tahun 2018 Google resmi merilis algoritmanya yang bernama Google Mobile First Index.

Google Mobile First Index adalah salah satu penilaian Google dalam menentukan rangking sebuah website yang menggunakan versi mobile.

Maka dari itu, jika website kamu memiliki performa yang baik ketika diakses melalui mobile (smartphone), maka kamu bisa mendapatkan rangking yang baik pada mesin pencarian, serta membantu meningkatkan jumlah pengunjung website.

Ada 4 cara yang bisa kamu lakukan dalam optimalisasi website untuk Google Mobile First Index:

  • Gunakan CSS, JavaScript, atau media yang dapat membuat tampilan website yang sama jika diakses melalui desktop maupun mobile.
  • Atur responsive website untuk membuat tampilan website tetap baik jika diakses di berbagai device, termasuk tampilan mobile.
  • Tingkatkan kecepatan website.
  • Dan cek performa website versi mobile, kamu bisa menggunakan tools Google Mobile Checker atau Blisk.

Apakah sebelumnya kamu pernah melakukan 4 hal diatas? Atau kamu belum mengetahui cara menggunakan Blisk? Pada artikel mengenai 3 cara optimalisasi website untuk google mobile first index, kamu dapat mempelajarinya lebih lengkap.

2. Tingkatkan Kecepatan Website

Kecepatan website juga merupakan hal yang berpengaruh terhadap optimalisasi SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung website.

Survei dari Google mengatakan 53% pengguna internet di Indonesia meninggalkan website yang memiliki loading lebih dari 3 detik.

Kamu bisa melihat pada gambar berikut:

Sumber: Google

Nah, kira-kira loading website kamu berapa lama? Ada beberapa tools yang dapat kamu gunakan untuk mengetahuinya, yaitu Google PageSpeed Insights, GTMetrix, atau Pingdom.

Baca juga: 3 tools untuk mengecek kecepatan website .

3. Buat Konten yang Berkualitas

Konten adalah salah satu elemen yang sangat berpengaruh terhadap optimalisasi SEO.

Semakin berkualitas konten yang kamu buat, semakin banyak jumlah pengunjung yang senang mengunjungi website kamu.

Untuk membuat konten yang berkualitas, ada 5 tips yang perlu kamu ketahui:

  • Tentukan topik konten yang akan kamu buat.
  • Gunakan kata kunci (keyword) yang tepat agar konten kamu mudah ditemukan oleh banyak orang.
  • Buat judul konten yang menarik.
  • Ciptakan konten yang engaging untuk membuat pengunjung website tidak hanya membaca namun juga berkomentar.
  • Masukkan link terkait (link yang menuju konten yang lain) untuk memancing pengunjung website membaca konten kamu yang lain.

Sebelum melakukan 5 tips di atas, terlebih dahulu kamu harus membaca artikel mengenai tips menulis konten berkualitas untuk optimalisasi SEO. Artikel tersebut akan membantu kamu mempelajari lebih lengkap untuk menghasilkan konten yang berkualitas.

4. Buat Meta Description yang Menarik

Meta description juga menjadi salah satu elemen yang berpengaruh agar website kamu mudah ditemukan di mesin pencari.

Apa itu meta description?

Meta Description (meta deskripsi) adalah tag HTML yang berisi penjelasan singkat mengenai suatu halaman website. Dan biasanya muncul di bagian bawah URL sebuah halaman website.
Berikut contohnya:

Ketika para pengunjung website melakukan pencarian dan melihat meta description yang menarik, tentunya akan membuat mereka tertarik untuk datang ke website kamu. Selain menarik, meta description yang kamu buat juga harus sesuai untuk optimalisasi SEO.

Berikut 4 tips membuat meta description:

  • Masukkan kata kunci pada meta description.
  • Perhatikan jumlah karakter yang kamu gunakan.
  • Buat meta description yang menarik.
  • Pastikan isi meta description sesuai dengan isi halaman website.

Mungkin sekarang kamu bingung, berapa jumlah karakter yang bagus untuk membuat meta description? Atau tidak bisa membuat meta description yang menarik? Temukan jawabannya pada artikel sebelumnya mengenai 4 tips membuat meta description untuk optimalisasi SEO.

5. Evaluasi Kinerja SEO

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan untuk meningkatkan jumlah pengunjung website yaitu mengevaluasi (menilai) kinerja SEO agar kinerja SEO pada website kamu dapat berjalan secara optimal. Evaluasi kinerja SEO perlu dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan.

Bagaimana cara melakukannya?

Setelah membaca 4 cara diatas, sekarang kamu mulai bertanya, apa itu Google Analytics dan Search Console? Bagaimana cara melakukannya? Jangan khawatir, pada artikel mengenai cara mengevaluasi kinerja SEO, kamu bisa membaca penjelasan yang lebih lengkap.

Baca juga: Google Analytics Access .

Demikian 5 strategi SEO yang bisa kamu lakukan untuk membantu meningkatkan jumlah pengunjung website. Apakah kamu sudah pernah melakukannya? Strategi mana yang masih membuat kamu bingung? Sharing yuk di kolom komentar dibawa, Whello akan menjawab semua kebingungan kamu.

Semoga bermanfaat ya.

0

Belajar SEO

Baca artikel tentang Belajar Seo lainnya dan raih kesuksesan bisnis kamu dengan strategi digital marketing yang tepat!

Baca selengkapnya

Butuh Jasa SEO?

Ingin website kamu berada di halaman 1 Google? Segera hubungi Whello!

Hubungi kami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *