Ketika kamu melakukan pencarian melalui mesin pencarian (misalnya Google), maka Google akan menampilkan berbagai hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang kamu gunakan. Dan setiap hasil pencarian dilengkapi dengan “meta description”.
Daftar isi
Apa itu Meta Description?
Meta Description (meta deskripsi) adalah tag HTML yang berisi penjelasan singkat mengenai suatu halaman website.
Meta deskripsi akan muncul di bagian bawah URL sebuah halaman website. Kamu bisa melihat contohnya pada gambar dibawah:
Meta deskripsi menjadi salah satu elemen yang berpengaruh terhadap optimalisasi SEO. Meta deskripsi yang benar dapat meningkatkan trafik kunjungan website kamu, serta membantu mendapatkan posisi yang baik pada halaman pencarian.
Selain itu, meta deskripsi juga berfungsi untuk optimalisasi SEO On Page. Dimana hal ini juga merupakan praktik untuk menaikkan peringkat konten di hasil pencarian.
Manfaat Meta Description
Ada beberapa manfaat adanya meta deskripsi yang perlu diketahui oleh setiap pemilik website.
A. Meningkatkan Relevansi Konten
Pada meta deskripsi, kamu akan melihat beberapa kata yang dicetak tebal (bold). Kata-kata tersebut merupakan keyword yang dicari oleg pengunjung website. Misalnya kamu sedang mencari “cara membuat nasi goreng”, maka kamu akan melihat hasil pencarin seperti berikut ini.
Seperti yang kamu lihat, deskripsinya menunjukkan bahwa isi kontennya membahas topik yang sedang kamu cari. Karena ada kalimat “cara membuat nasi goreng” di dalamnya.
Dengan demikian, hal ini juga perlu Anda perhatikan juga ketika membuat meta deskripsi. Pastikan deskripsinya sesuai dengan apa yang pembaca cari.
B. Menarik Lebih Banyak Pengunjung
Saat mencari topik di mesin pencari, hal pertama yang akan kamu baca tentu judul kontennya. Tetapi mengandalkan judul saja tidak cukup, terkadang pembaca juga perlu tahu apa yang ditawarkan oleh setiap konten.
Jika deskripsi kontennya menarik, mereka akan tertarik untuk klik kontennya. Inilah mengapa meta descripsi dapat mempengaruhi click-through rate, yaitu jumlah orang yang mengklik konten.
Misalnya, jika kamu ingin tahu “cara memperbaiki laptop”, tentu kamu akan mencari konten yang menjelaskan beberapa tahapan untuk memperbaiki laptop. Berikut contohnya meta deskripsi yang menjelaskan beberapa tahapan memperbaiki laptop.
C. Membantu Mempromosikan Konten di Media Sosial
Saat ini mungkin kamu berpikir bahwa meta deskripsi hanya berguna untuk postingan website atau blog saja. Tapi, meta deskripsi juga bisa muncul di platform media sosial.
Deskripsinya akan muncul saat pengguna membagikan konten di media sosial, artinya meta descripsi tidak hanya membantu kamu mengejar jumlah klik di mesin pencari. Tapi juga di media sosial.
Cara membuat Meta Description
Nah, untuk membuat meta deskripsi yang benar, perhatikan dulu 4 tips berikut:
1. Masukkan Kata Kunci pada Meta Deskripsi
Google akan memberikan penilaian yang bagus terhadap sebuah halaman website yang memasukkan kata kunci pada meta deskripsinya. Hal ini menandakan bahwa halaman website tersebut konsisten dengan kata kunci yang digunakan. Sehingga membantu website kamu muncul pada halaman pertama, bahkan bisa paling atas.
Misalnya kata kunci yang kamu gunakan pada sebuah halaman website yaitu “jasa social media marketing”.
Sehingga kamu bisa membuat meta deskripsinya “ jasa social media marketing yang kami lakukan, membuat bisnis kamu dikenal banyak orang. Pelajari selengkapnya!”.
Tetapi perlu diingat, jangan menggunakan kata kunci secara berulang, karena Google akan menilai halaman website tersebut sebagai spamming keyword. Cukup gunakan sekali kata kunci pada meta deskripsinya.
2. Perhatikan Jumlah Karakter pada Meta Deskripsi
Saat membuat meta deskripsi, kamu juga harus memperhatikan jumlah karakter yang kamu gunakan. Google hanya akan menampilkan sebanyak 156 karakter saja.
Jika lebih dari jumlah tersebut, maka Google tidak akan menampilkan semua isi meta deskripsi yang kamu buat dan disertai dengan “tiga tanda titik” (…) .
Kamu bisa melihat contohnya seperti gambar dibawah ini:
3. Buat Meta Deskripsi yang Menarik
Meta deskripsi yang menarik membuat pengunjung website penasaran dengan isi website kamu, sehingga membuat mereka mengklik website kamu setelah muncul di mesin pencari.
Tips membuat meta deskripsi yang menarik:
- Buat kalimat tanya seolah-olah kamu bisa membaca pikiran mereka.
Misalnya, “ingin bisnis kamu dikenal banyak orang?”, “bingung untuk memulai social media marketing?” atau pertanyaan lain yang sesuai dengan topik suatu halaman website. - Berikan kalimat yang menunjukkan solusi atau memberikan manfaat bagi pembaca.
Seperti, “social media marketing merupakan cara yang tepat dan efektif untuk dilakukan agar bisnis kamu lebih dikenal oleh banyak orang. - Gunakan kalimat ajakan agar pengunjung tertarik untuk mengklik alamat website.
Misal, “baca/pelajari selengkapnya”, “telusuri lebih lanjut”, “temukan jawabannya disini”, “baca 5 cara mudahnya disini”, “hubungi kami sekarang”. - Jangan mengulang-ulang kalimat yang maknanya sama.
Contohnya, “Untuk membuat bisnis kamu dikenal oleh banyak orang, social media campaign membantu bisnis kamu dikenal banyak orang.
4. Pastikan Isi Meta Deskripsi Sesuai dengan Isi Halaman Website
Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan ketika membuat meta deskripsi yaitu membuat isi meta deskripsi yang sesuai dengan isi halaman website. Karena jika tidak sesuai, maka hanya akan meningkatkan bounce rate website kamu.
Apa itu bounce rate?
Bounce rate adalah persentase pengunjung website yang langsung meninggalkan website setelah membuka salah satu halaman website.
Baca juga: Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Website
Maka dari itu, pastikan bahwa isi meta deskripsi yang kamu buat harus sesuai dengan isi halaman website. Misalnya isi halaman website kamu membahas tentang “7 Tips Sukses Melakukan Social Media Marketing”. Maka meta deskripsi yang bisa kamu buat “social media marketing ialah cara promosi yang efektif agar bisnis kamu dikenal banyak orang, tapi kamu gagal melakukannya? Baca 7 tips suksesnya disini!”
Sudah Siap Membuat Meta Description?
Demikian penjelasan mengenai tips membuat meta description untuk optimalisasi SEO pada mesin pencarian. Meta deskripsi adalah deskripsi singkat tentang konten kamu. Fungsinya untuk menarik para calon pengunjung di halaman hasil pencarian. Selain menarik pengunjung, meta deskripsi juga berguna untuk optimasi on-page SEO. Jika kamu punya tips lain, jangan lupa sharing di kolom komentar dibawah!
Happy learning!
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!