Untuk membuat website atau blog kamu berada di posisi yang bagus pada hasil pencarian Google, dibutuhkan teknik SEO yang tepat. SEO (Search Engine Optimization) adalah upaya optimalisasi website atau blog untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik di hasil pencarian Google secara organik.
Baca juga: Apa itu SEO? Jenis dan Alasan Pentingnya SEO!
Ada dua teknik untuk melakukan optimalisasi SEO yaitu teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page. Kedua teknik tersebut mampu memberikan hasil yang baik untuk website kamu.
Namun banyak pemilik website yang masih bertanya-tanya, apa perbedaan kedua teknik tersebut? Apa keduanya penting dilakukan? Pada artikel ini kamu akan menemukan jawabannya, kamu juga bisa menemukan strategi ketika melakukan teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page.
Daftar isi
1. Teknik SEO On-Page
Berikut beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai SEO On-Page.
Pengertian SEO On-Page
SEO On-Page adalah teknik optimalisasi SEO yang dilakukan pada website itu sendiri dengan tujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website kamu sudah relevan atau sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dengan kualitas yang baik.
Dengan kata lain, kamu mengoptimalisasi website agar struktur serta kontennya bermanfaat bagi pengunjung, memudahkan pengunjung untuk bereksplorasi, pengunjung merasa “betah” dan mesin pencari mengerti struktur website kamu.
Dan perlu diketahui juga bahwa Google tidak menyukai konten yang tidak berbobot, tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca, tidak asli (original).
Manfaat SEO On-Page
SEO On-Page menjadi hal yang berhubungan dengan halaman website kamu. Ketika mereka masuk ke halaman website kamu, maka mereka akan melihat tampilan, konten, dan hal lain yang telah kamu optimalisasi sebelumnya.
Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika melakukan SEO On-Page:
A. Mempermudah Proses Marketing
Melalui konten dan materi marketing yang terdapat dalam website kamu, akan membuat pengunjung website lebih mudah mengerti dan mengenal bisnis kamu, sehingga mempermudah kamu menjalankan proses marketing untuk bisnis kamu.
B. Meningkatkan Brand Awareness
Selain mempermudah proses marketing, SEO On-Page juga membantu meningkatkan brand awareness bisnis kamu. Misalnya melalui konten yang kamu buat, melalui judul halaman website yang unik dan menarik, melalui media sharing yang kamu gunakan, dan optimalisasi lain dilakukan pada website kamu.
C. Fokus pada Tampilan Website
Dengan informasi yang tepat, sesuai dengan bisnis, serta adanya optimalisasi halaman website seperti adanya konten dalam bentuk artikel hingga landing page, maka SEO On-Page juga akan membuat tampilan website menjadi lebih menarik dan mudah digunakan oleh pengunjung website.
D. Meningkatkan Kecepatan Website
Salah satu teknik SEO On-Page untuk membuat website berada pada peringkat yang bagus yaitu dengan memperhatikan kecepatan website. Semakin bagus kecepatan website ketika di akses, maka semakin mudah pula untuk mendapatkan posisi yang bagus. Maka dari itu, teknik ini juga membantu meningkatkan kecepatan website kamu.
Strategi Melakukan SEO On-Page
Nah, untuk melakukan teknik SEO On-Page ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan yaitu kamu harus memperhatikan beberapa bagian penting dalam website diantaranya seperti Heading Tag, Meta Description, Title Tag, Konten, Permalink, Outbound Link, Emphasize, dan Image alt-tag.
Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi sebagai kata pertama dalam pencarian Google. Kemudian ketika memberi keterangan Meta Description pada website, kamu harus memperhatikan panjang karakter maksimal mencapai 160 karakter, jangan mengulang kata lebih dari dua kali, dan posisikan kata kunci di awal deskripsi.
Teknik SEO On-Page selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah Emphasize, yakni memberikan keterangan Bold, italic, dan underline pada kata-kata yang penting. Untuk Image-Alt tag artinya setiap gambar harus diberi kata kunci, tujuannya agar gambar pada website kamu ikut terbaca sebagai keyword. Sementara untuk Outbound Link dilakukan dengan memasukan link website lain ke dalam website kamu.
Baca juga: 10 Tips Sukses Melakukan SEO On Page
2. SEO Off Page
Pada bagian ini kamu bisa mengenal beberapa hal mengenai SEO Off Page, kamu juga bisa menemukan perbedaannya dengan teknik SEO On Page.
Pengertian SEO Off Page
Berbeda dengan Teknik SEO On-Page yang lebih dominan terhadap optimalisasi di dalam halaman website itu sendiri. Teknik SEO Off-Page adalah sebuah proses optimalisasi yang dilakukan dari luar website, misalnya dengan mencari backlink atau mempromosikan website pada media sosial.
Jika keduanya dilakukan dengan baik, maka kamu juga akan mendapatkan hasil yang baik untuk website kamu.
Manfaat SEO Off-Page
Dan berikut manfaat yang bisa dapatkan dengan Melakukan SEO Off-Page.
A. Meningkatkan SERP
SERP (Search Engine Result Pages) adalah halaman hasil mesin pencari. Dengan meningkatnya SERP, maka halaman website kamu akan ketahuan seberapa jauh peringkatnya di dalam hasil pencarian Google Search Engine.
Bukan hanya itu, semakin tinggi SERP maka semakin bagus. Terlebih jika website kamu bisa muncul di halaman pertama dan di nomor satu. Trafik website juga menjadi jauh lebih besar lagi.
B. Meningkatkan PageRank
PageRank adalah ukuran numerik yang diberikan Google kepada setiap halaman website, berdasarkan jumlah dan kualitas tautan ke setiap laman. Google memberikan peringkat 0 hingga 10.
Teknik ini juga dianggap salah satu strategi untuk meningkatkan Page Rank, misalnya melalui link building (backlink) yang kamu lakukan.
C. Website Menjadi dikenal Banyak Orang
SEO Off-Page juga membuat website kamu dikenal oleh banyak orang. Banyak teknik SEO Off-page yang bisa kamu lakukan dalam hal ini. Misalnya memanfaatkan postingan media sosial dan forum, meninggalkan komentar dan testimoni di website lain, atau memanfaatkan social bookmark atau article directory.
Strategi Melakukan SEO Off Page
Beberapa cara bisa dilakukan dalam optimalisasi SEO Off-Page, diantaranya dengan mempromosikan website kamu, social buzz, dan backlink. Memaksimalkan SEO Off-Page lebih cenderung mempromosikan website ke dalam media sosial atau lainnya.
Untuk backlink bisa dilakukan dengan anchor text dimana ada kalimat atau kata yang langsung mengarah ke website kamu. Sedangkan untuk promosi website dan social buzz hanya memasukan fitur media sosial ke dalam website.
Masih ada beberapa teknik SEO Off-Page yang lain, dimana teknik tersebut telah kita bahas pada artikel sebelumnya mengenai 4 tips sukses melakukan SEO Off-Page.
Kamu juga bisa lihat perbedaan SEO On-Page dan SEO Off-Page pada tabel berikut:
SEO On-Page | SEO Off-Page | |
---|---|---|
1. | Optimalisasi yang dilakukan di dalam website itu sendiri. | Optimalisasi yang dilakukan di luar website. |
2. | Menganalisis keseluruhan website. | Mempromosikan website. |
3. | Mengoptimalkan meta description, URL, internal link, gambar, meta tag, hingga page speed. | Mengoptimalkan backlink, link building, domain authority, dan media sosial. |
4. | Elemen optimalisasi seperti konten, CSS, HTML, URL, keyword. | Elemen optimalisasi seperti kualitas link, domain, media sosial, dan share/likes. |
Manakah yang Lebih Penting?
SEO On Page dan Off Page sama-sama penting dan harus dilakukan secara bersamaan. Jika SEO On-Page dapat berjalan dengan baik tetapi tidak dengan SEO Off-Page, maka semua akan sia-sia. Begitu juga sebaliknya.
Sebagai langkah awal, lakukan terlebih dahulu SEO On-Page secara perlahan untuk membuat website kamu lebih berkualitas dan user-friendly. Setelah itu, barulah lakukan proses optimasi Off-Page untuk menarik lebih banyak pengunjung.
Cara atau teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page diatas bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Mengoptimalkan website sangat penting untuk meningkatkan banyaknya jumlah pengunjung. Menjadikan website kamu berada di rank pertama pencarian memberikan dampak yang baik bagi perkembangan bisnis kamu, Whello sebagai agensi digital marketing yang juga menyediakan layanan jasa SEO yang memberikan penawaran mulai dari optimalisasi website kamu hingga menjadi nomor satu di halaman pencarian. Segera hubungi contact center Whello Indonesia untuk mendapatkan penawaran menarik tersebut.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!