4 Tips Sukses Melakukan SEO Off Page

1 menit

Jika pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai teknik SEO On Page, disini saya akan bahas mengenai SEO Off Page.

SEO Off Page merupakan proses optimalisasi SEO yang dilakukan di luar website. Tujuan melakukan SEO Off Page yaitu menaikkan peringkat SERP (Search Engine Result Page), meningkatkan page rage halaman website, membangun kepercayaan dan otoritas website dari mesin pencari dan menaikkan reputasi website.

Bagaimana cara melakukan SEO Off Page? Berikut 4 tips sukses melakukan SEO Off Page:

1. Manfaatkan Postingan Media Sosial dan Forum

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk teknik SEO Off Page adalah memanfaatkan media sosial dan forum sebagai media untuk mempromosikan website kamu agar lebih dikenal oleh banyak orang.

Saat ini hampir semua orang memiliki akun media sosial, ketika seseorang melihat postingan kamu dan tertarik, tidak menutup kemungkinan untuk mereka merekomendasikan kamu kepada rekan-rekan mereka.

Oleh karena itu, mempromosikan website di media sosial merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan trafik website kamu.

Selain mempromosikan website di media sosial, kamu juga harus lebih aktif dalam sebuah forum diskusi yang sesuai dengan niche website kamu. Misalnya di forums diskusi facebook atau di berbagai website forum.

2. Lakukan Link Building dan Guest Blogging

Salah satu tujuan SEO Off Page adalah membangun kepercayaan dan otoritas website dari mesin pencari. Cara yang bisa kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah melakukan teknik link building dan guest blogging.

Apa itu link building?

Link building yaitu cara untuk mendapatkan backlink dari website lain menuju website kamu. Semakin banyak link yang mengarah ke website kamu, berarti website kamu mempunyai nilai yang bagus dan dapat dipercaya karena ditautkan oleh banyak website lain.

Tentunya hal ini juga akan memberikan nilai positif dan meningkatkan nilai otoritas website di mesin pencari.

Untuk mendapatkan link building dari website lain, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan. Kamu bisa baca artikel selanjutnya mengenai strategi mendapatkan link building.

Apa itu guest blogging?

Guest blogging yaitu teknik optimalisasi SEO Off Page dengan membuat artikel atau postingan yang berkualitas dan relevan di website lain.

Saat melakukan guest blogging, maka kamu akan menyertakan link website kamu. Dengan begitu, akan banyak orang lain mengetahui website kamu dan reputasi website kamu akan semakin meningkat.

Guest blogging juga harus dilakukan pada website yang relevan dengan website kamu, serta mampu menghasilkan artikel yang berkualitas.

3. Tinggalkan Komentar dan Testimoni di Website Lain

Meninggalkan komentar dan testimoni di website lain juga merupakan salah satu teknik SEO Off Page untuk mmembangun reputasi atau popularitas website. Kamu harus rajin melakukan research website lain yang relevan dengan website kamu, dan tinggalkan komentar atau testimoni mengenai suatu produk.

Namun, saat meninggalkan komentar, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar komentar yang kamu buat tidak masuk ke dalam kategori spam dan merusak reputasi SEO website kamu.

  • Berikan komentar yang relevan dengan isi artikel.
  • Memasang gravatar pada profile yang kamu gunakan.
  • Tidak menyertakan URL pada komentar.

4. Manfaatkan Social Bookmark atau Artikel Directory

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan dalam teknik SEO Off Page yaitu memanfaatkan social bookmark atau artikel directory. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan reputasi dan trafik website di halaman pencarian.

Masukkan artikel kamu ke beberapa social bookmark atau artikel directory terkenal seperti Twitter, Pocket, atau Scoop.it. Dengan memasukkan beberapa artikel ke beberapa social bookmark tersebut, tentunya akan banyak orang yang akan membaca artikel kamu dan berkunjung ke website kamu.

Itulah 4 tips yang dapat kamu lakukan ketika melakukan teknik SEO Off Page. Namun, sebelum melakukan teknik SEO On Page, pastikan kamu sudah melakukan SEO On Page secara optimal. Jika kamu ragu dengan kedua teknik tersebut, kamu bisa meninggalkan komentar di kolom komentar dibawah ini.

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *