Optimalisasi SEO dapat dilakukan dengan dua teknik. Pertama, menggunakan teknik SEO On Page dan kedua menggunakan teknik SEO Off Page. Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai perbedaan teknik SEO On-Page vs SEO Off-Page.
Pada artikel kali ini, saya akan membahas tips sukses melakukan teknik SEO On Page untuk mendapatkan hasil optimalisasi SEO yang lebih optimal.
Daftar isi
Apa Itu SEO On Page?
SEO On Page adalah teknik optimalisasi yang dilakukan pada website itu sendiri. Cara optimasi on page SEO fokus pada faktor-faktor yang ada dalam konten.
Tujuan teknik ini diantaranya untuk memberikan manfaat (value) website bagi visitor, memudahkan visitor melakukan eksplorasi website, membuat visitor betah berada di website, dan mempermudah mesin pencari mengerti dengan struktur website kamu.
Dan untuk mencapai empat hal diatas, ada 10 tips SEO On Page yang perlu kamu lakukan.
Tips SEO On-Page
Berikut 10 tips sukses melakukan SEO On Page yang perlu kamu lakukan.
1. Buat Konten yang Berkualitas
Untuk melakukan teknik SEO On Page, langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu membuat konten yang berkualitas. Dengan konten yang berkualitas, akan mendatangkan banyak visitor yang betah berada di website kamu.
Selain berkualitas, konten yang kamu buat juga harus memberikan manfaat. Visitor akan merasa senang dan berkunjung kembali ke website yang menyediakan konten dengan value (manfaat) bagi pembacanya.
Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas? Kamu bisa baca artikel sebelumnya mengenai 5 Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO.
2. Temukan Keyword yang Tepat
Setelah menghasilkan konten yang berkualitas, tentunya konten tersebut membutuhkan kata kunci (keyword) yang tepat agar konten yang kamu buat mudah ditemukan di mesin pencarian.
Bukan hanya konten, website kamu juga harus menggunakan keyword yang tepat agar memudahkan visitor melakukan eksplorasi website dan berada pada peringkat yang bagus.
Untuk menemukan kata kunci yang tepat, baca artikel sebelumnya mengenai 3 cara mudah temukan kata kunci artikel kamu.
3. Buat Judul Halaman yang Menarik
Selain keyword, hal yang perlu dioptimalkan dalam sebuah website yaitu judul halaman yang menarik. Judul merupakan elemen utama yang dibaca visitor dari sebuah halaman website sebelum melanjutkan membaca isi dari halaman tersebut.
Jika kamu mampu membuat judul yang menarik di sebuah halaman website, tentunya akan membuat visitor semakin penasaran dan melanjutkan membaca.
Dan jangan lupa menyertakan kata kunci (keyword) pada judul yang kamu buat.
4. URL yang Singkat dan Deskriptif
Poin selanjutnya yang harus kamu perhatikan yaitu URL website. Buatlah URL yang dapat mendeskripsikan isi (konten) dari suatu halaman website dan mengandung kata kunci (keyword).
URL yang mengandung kata kunci dapat mempengaruhi peringkat website kamu di mesin pencarian.
Contoh: Sebuah halaman website yang berisi “jasa pembuatan website”, sehingga kamu bisa membuat URL seperti “domain.com/jasa-pembuatan-website”.
5. Meta Description yang Menarik
Meta description merupakan penjelasan singkat mengenai isi dari sebuah halaman website. Meta description digunakan pada hasil mesin pencari untuk menampilkan gambaran singkat dari halaman tersebut.
Berikut contoh meta description :
Dengan meta description yang menarik, akan meningkatkan jumlah visitor website semakin tinggi. Berikut tips membuat meta description yang menarik:
- Gunakan bahasa yang menarik.
- Tidak lebih dari 155 karakter.
- Gunakan simbol dan angka.
- Masukkan kata kunci (keyword) yang kamu gunakan.
- Mengandung manfaat bagi visitor (pembaca).
6. Optimalkan Media yang Digunakan
Dalam sebuah halaman website, tentunya kamu menggunakan berbagai media seperti gambar atau video. Menggunakan gambar atau video akan menjadi nilai tambah bagi website tersebut.
Namun, penggunaan media yang berlebihan dan tidak berguna juga akan membuat visitor malas untuk berkunjung ke website. Mereka hanya akan menganggap media tersebut sebagai spam.
Berikut tips mengoptimalkan media website:
- Gunakan gambar atau video yang berhubungan dengan konten.
- Gunakan ekstensi yang tepat, misalnya ekstensi .jpg untuk gambar dan ekstensi .mp4 untuk video.
- Pastikan resolusi gambar sesuai dengan resolusi tampilan website.
- Kompres gambar supaya lebih optimal dan tidak mengganggu loading website.
7. Gunakan Referensi Link
Saat kamu membuat konten, terkadang kamu harus mengutip konten milik orang lain untuk dimasukkan ke dalam konten kamu. Misalnya saat mengambil hasil suatu penelitian atau riset.
Nah, hal terpenting yang perlu kamu ingat ketika mengutip konten orang lain yaitu memasukkan referensi (sumber) berupa link yang mengarah pada konten tersebut.
Berikut seperti contoh dibawah ini:
Dengan memasukkan referensi (sumber) terkait ke dalam sebuah konten, maka reputasi website kamu akan semakin bagus dan lebih dipercaya oleh para visitor.
Selain itu, Google juga akan menilai website kamu bisa dipercaya dan membuat trafik website semakin bagus.
8. Gunakan Internal Link
Tips SEO On Page selanjutnya yaitu penggunaan internal link. Penggunaan internal link dalam sebuah website juga hal yang dapat meningkatkan optimalisasi SEO. Karena secara bersamaan mesin pencari akan mengindeks beberapa halaman website secara bersamaan.
Selain itu, internal link akan membantu kamu untuk mengurangi tingkat bounce rate website. Tanpa kamu sadari, dengan internal link akan membuat visitor betah berada di website kamu.
Untuk lebih mengenal internal link, kamu bisa baca artikel mengenai mengenal pentingnya internal link dalam artikel kamu.
9. Buat Social sharing
Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu menyediakan social sharing atau menyediakan tombol “share” pada website kamu. Dengan begitu pembaca bisa membagikan artikel kamu di media sosial mereka.
Tentunya hal ini akan lebih mudah dilakukan, dari pada harus membuka masing-masing aplikasi media sosial setiap kali akan melakukan share.
Berikut salah satu contoh social sharing ada dalam sebuah website:
10.Perhatikan Kecepatan Website
Hal terakhir yang perlu dilakukan dalam teknik SEO On Page yaitu memperhatikan kecepatan website. Kecepatan website akan sangat berpengaruh terhadap trafik pengunjung website kamu.
Misalnya ketika seorang visitor mengakses website kamu dengan loading yang lama, maka visitor tersebut tidak akan merasa nyaman dan tidak betah berlama-lama berada di website kamu.
Oleh karena itu, sangat penting untuk memperhatikan kecepatan website kamu. Untuk mengetahui kecepatan website kamu, kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai 3 tools untuk mengecek kecepatan website.
Sudah Siap Melakukan SEO On-Page?
Dengan mengimplementasikan praktik SEO On-Page secara efektif, kamu telah memberikan fondasi yang kuat bagi kesuksesan website dalam mencapai peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Namun, penting untuk diingat bahwa SEO On-Page hanyalah salah satu aspek dari strategi SEO yang komprehensif. Untuk memaksimalkan potensi website dan mencapai visibilitas online yang optimal, kamu dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa SEO dari Whello.
Whello memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam menyusun strategi keywords, termasuk penggunaan long tail keyword yang efektif, untuk membantu meningkatkan peringkat website kamu. Dengan pendekatan yang terbukti berhasil dan fokus pada hasil, Whello siap membantu kamu mencapai tujuan SEO kamu. Yuk hubungi Whello hari ini dan temukan bagaimana mereka dapat menjadi partner yang tepat untuk pengembangan website kamu!
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Apa Itu Back End Developer? Skill dan Tugas Utamanya
Pelajari tentang Back End Developer, skill yang harus dimiliki, dan tanggung jawab utama mereka dalam dunia teknologi informasi disini!
Ketahui Perbedaan Front End dan Back End Developer
Ketahui perbedaan Front End dan Back End Developer. Pahami peran penting masing-masingnya dalam artikel berikut!
Social Listening: Pahami Audiens Lewat Media Sosial
Manfaatkan social listening untuk memahami audiens Anda. Temukan tren dan opini di media sosial yang dapat mendukung di sini!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!