Perbedaan Teknik SEO On-Page vs SEO Off-Page

2 minutes

jasa seo pekanbaruMembuat website atau blog membutuhkan beberapa proses, diantaranya seperti menulis konten hingga mempostingnya. Dibutuhkan teknik SEO dalam membuat satu konten agar website atau blog kamu selalu menjadi trending topic di mesin pencari. Ada dua teknik untuk melakukan optimalisasi SEO yaitu teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page. Mungkin kamu masih belum familiar dengan nama dan kinerja teknik SEO ini. Namun dua teknik tersebut mampu memberikan hasil yang baik untuk website kamu. Menerapkan teknik SEO sama saja dengan melakukan relevansi terhadap mesin pencari. Didalam sebuah artikel ada beberapa keyword yang akan terdeteksi oleh mesin pencari (Misal: Google) dan langsung mucul di halaman pertama pencarian. Namun untuk website berdomain gratis akan sedikit sulit bersaing dengan website dengan domain berbayar. Maka dari itu sangat penting untuk memahami teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page.

Lalu bagaimana cara melakukan teknik tersebut? Berikut penjelasan Teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page :

1. Teknik SEO On-Page

Optimalisasi halaman atau SEO On-Page adalah teknik optimalisasi yang digunakan pada website itu sendiri dengan tujuan agar mesin pencari mengetahui apakah website kamu sudah relevan/ sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna dengan kualitas yang baik. Dengan kata lain, kamu mengoptimalisasi website agar struktur serta kontennya bermanfaat bagi pengunjung, memudahkan pengunjung untuk bereksplorasi, pengunjung merasa “betah” dan mesin pencari mengerti struktur website kamu.

Perlu diketahui juga bahwa Google tidak menyukai konten yang tidak berbobot, tidak memberikan nilai tambah bagi pembaca, tidak asli (original). Nah, untuk melakukan teknik SEO On-Page ini, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan yaitu kamu harus memperhatikan beberapa bagian penting dalam website diantaranya seperti Heading Tag, Meta Description, Title Tag, Konten, Permalink, Outbond LinkEmphasize, dan Image alt-tag. Bagian-bagian tersebut memiliki fungsi sebagai kata pertama dalam pencarian Google. Kemudian ketika memberi keterangan Meta Description pada website, kamu harus memperhatikan panjang karakter maksimal mencapai 160 karakter, jangan mengulang kata lebih dari dua kali, dan posisikan kata kunci di awal deskripsi.

Teknik SEO On-Page selanjutnya yang harus kamu perhatikan adalah Emphasize, yakni memberikan keterangan Bold, italic, dan underline pada kata-kata yang penting. Untuk Image-Alt tag artinya setiap gambar harus diberi kata kunci, tujuannya agar gambar pada website kamu ikut terbaca sebagai keyword. Sementara untuk Outbond Link dilakukan dengan memasukan link website lain kedalam website kamu.

2. Teknik SEO Off-Page

Berbeda dengan Teknik SEO On-Page yang lebih dominan terhadap optimalisasi didalam halaman website itu sendiri, Teknik SEO Off-Page adalah sebuah proses optimalisasi yang dilakukan dari luar, yaitu dengan mencari backlink dan mempromosikan website tersebut. Jika keduanya dilakukan dengan baik, maka kamu akan mendapatkan hasil yang baik juga. Beberapa cara bisa dilakukan dalam optimalisasi SEO Off-Page, diantaranya dengan mempromosikan website kamu, social buzz, dan backlink. Memaksimalkan SEO Off-Page lebih cenderung mempromosikan website kedalam media sosial atau lainnya. Untuk backlink bisa dilakukan dengan anchor text dimana ada kalimat atau kata yang langsung mengarah ke website kamu. Sedangkan untuk promosi website dan social buzz hanya memasukan fitur media sosial ke dalam website.

Cara atau teknik SEO On-Page dan SEO Off-Page diatas bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Mengoptimalkan website sangat penting untuk meningkatkan banyaknya jumlah pengunjung.  Menjadikan website kamu berada di  rank pertama pencarian memberikan dampak yang baik bagi perkembangan bisnis kamu, Whello sebagai agensi digital marketing yang juga menyediakan layanan jasa optimalisasi SEO yang memberikan penawaran mulai dari optimalisasi website kamu hingga menjadi nomor satu di halaman pencarian. Segera hubungi contact center Whello Indonesia untuk mendapatkan penawaran menarik tersebut.

 

2+


Content Specialist

12 comments on “Perbedaan Teknik SEO On-Page vs SEO Off-Page

    • Yuda on

      Bisa pakai tool seperti google keyword planner, kwfinder atau ubersuggest. Kemudian lihat jumlah “monthly search” nya. Atau bisa juga menggunakan google trend untuk melihat topik yang lagi tren saat ini.

      1+
      Reply
    • Yuda on

      Tidak harus setiap hari sih mas. Yang lebih penting lagi gimana caranya supaya backlink yang didapat itu berkualitas. Jadi ngejar kualitas, bukan kuantitas. Terima kasih.

      1+
      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *