4 Tips Digital Marketing yang Efektif Untuk Startup Kamu

1 menit

Mempunyai sebuah startup yang sukses dan dikenal banyak orang tentu menjadi impian setiap pemilik startup. Untuk itu perlu dilakukan promosi atau pemasaran dengan cara yang tepat.

Pemasaran secara digital atau yang biasa kita sebut digital marketing menjadi cara yang tepat untuk mempromosikan startup kamu. Pertanyaannya adalah, bagaimana agar promosi melalui digital marketing tersebut bisa efektif dilakukan oleh bisnis/startup kamu?

Berikut 4 tips digital marketing yang efektif untuk bisnis/startup kamu :

1. Email Marketing

Email merupakan salah satu channel marketing tertua di dunia. Jika dulu email hanya digunakan untuk berkomunikasi, sekarang kita mengenal istilah email marketing.

Email marketing merupakan channel yang efektif untuk berpromosi. Kamu bisa membuat welcome email, penawaran khusus, newsletter yang semuanya berguna untuk growth dan retention startup kamu. Lagipula email marketing tidak memerlukan banyak biaya. Bahkan kamu bisa menggunakan layanan email marketing yang free namun memiliki fitur melimpah seperti mailchimp.

Perhatikan contoh email marketing dibawah ini :

Tokopedia membuat email marketing dengan baik, simpel, serasa “akrab”, dan mudah dibaca. Hasilnya? saya menggunakan voucher yang mereka kasih, efektif bukan?

Tips untuk melakukan email marketing campaign :

  1. Buat secara personalisasi (pakai nama sapaan)
  2. Mobile optimized. Sebagian besar client kamu akan membuka email via mobile phone.

2. Social Media Marketing

Social Media Marketing merupakan channel kedua yang bisa kamu gunakan untuk berpromosi. Sebagian besar client kamu pasti menggunakan media sosial.

Kamu harus memilih media sosial mana yang cocok untuk dipakai oleh startup kamu, agar kegiatan promosi lebih efektif.

Instagram cocok kamu gunakan apabila startup kamu menargetkan calon client di rentang usia yang relatif muda dan startup kamu mempunyai model bisnis B2C (business to customer).

Berbeda jika target calon client kamu kalangan profesional dan mempunyai bisnis model B2B (business to business), Facebook dan Linkedin akan menjadi pilihan yang tepat untuk berpromosi.

Tips berpromosi menggunakan social media marketing :

  1. Konsisten dan Fokus
  2. Sabar
  3. Analisa kebutuhan pasar (target client)

3. Content Marketing

Channel ke 3 yang bisa kamu gunakan untuk marketing adalah Content Marketing. Bisa dikatakan content marketing menjadi suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh setiap pebisnis/startup.

Dengan content marketing kamu bisa menceritakan tentang bisnis kamu sekaligus mempromosikannya.

Sebelum kamu membuat content, kamu harus mengenal 3 tipe client yang ada di dunia marketing :

  1. client yang belum mengenal brand kamu dan memiliki masalah
  2. client yang sudah mengenal brand kamu, tapi belum memutuskan menggunakan produk kamu
  3. client yang sudah dalam tahap memutuskan untuk membeli produk kamu.

Kamu harus membuat content untuk masing-masing client tersebut. Misalnya untuk client yang pertama, kamu harus memberikan content yang membahas “masalah” yang mereka hadapi. Dan untuk client yang ketiga kamu bisa membuat content yang berbentuk perbandingan antara produk kamu dengan produk sejenis lainnya.

Tips membuat content marketing campaign :

  1. Tentukan buyer persona bisnis/startup kamu
  2. Analisa masalah yang ada di lapangan dan temukan solusinya
  3. Buat content yang SEO friendly

4. Google Adwords

Google Adwords bisa juga disebut dengan PPC atau Pay-per-Click marketing. PPC marketing ini berguna untuk menghasilkan lead atau calon client yang sudah siap membeli atau memakai produk/jasa kamu.

Contoh Google Adwords :

Google Adwords merupakan channel marketing yang paling banyak membutuhkan biaya diantara channel marketing yang disebutkan sebelumnya.

Tetapi Google Adwords memiliki beberapa keunggulan, seperti :

  1. Menjangkau client yang tepat di waktu yang tepat dengan iklan yang tepat
  2. Analytics yang bisa kamu gunakan untuk melakukan evaluasi bisnis/startup kamu

Oleh karena itu kamu perlu melakukan percobaan atau A/B test dalam melakukan Google Adwords Marketing ini. Perlu pengalaman untuk menganalisa target client agar sesuai dengan bisnis kamu dan uang yang digunakan juga tidak sia-sia.

Jika kamu ragu, Whello bisa membantu kamu untuk berdiskusi mengenai Google Adwords marketing.

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *