Tips Sukses Melakukan Promosi Online di bulan Ramadhan

1 menit

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang berpotensi untuk mendapatkan keuntungan yang sangat baik bagi bisnis kamu. Jika produk atau jasa yang kamu tawarkan tidak berhubungan dengan kebutuhan selama puasa atau hari raya idul fitri, sebenarnya tidak masalah.

Kamu masih bisa mengemasnya dengan tema-tema yang sesuai dengan bulan ramadhan. Tujuannya agar kamu bisa “engage” dengan lebih banyak calon klien.

Misalnya kamu menjual produk Skin Care Wajah. Maka kamu bisa membuat promosi suatu produk untuk menangani bibir bermasalah (kering atau pecah-pecah) ketika berpuasa.

Namun, sebelum melakukan promosi secara online, kamu juga harus tahu waktu yang tepat untuk melakukan promosi online, serta tips sukses melakukan promosi di bulan Ramadhan.

Waktu Terbaik untuk Melakukan Promosi Online di Bulan Ramadhan

Berdasarkan data dari EcommerceIQ didapatkan, kunjungan tertinggi orang-orang Indonesia mengunjungi situs e-commerce terjadi dua kali sehari selama bulan Ramadhan.

  • Pukul 04.00-05.00 WIB di waktu sahur.
  • Pukul 17.00-20.00 WIB di waktu menjelang berbuka puasa sampai shalat Isya.

Kamu bisa melihat pada gambar di bawah ini:

Sumber: EcommerceIQ

Tips Sukses Melakukan Promosi Online di bulan Ramadhan:

Nah, setelah mengetahui waktu terbaik untuk melakukan promosi online di bulan Ramadhan, kamu juga harus membuat promosi online secara maksimal. Berikut 4 tips sukses melakukan promosi online di bulan Ramadhan.

1. Mulai Seminggu Sebelum Ramadhan

Masyarakat Indonesia sudah mulai sering mencari konten yang berhubungan dengan Ramadhan seminggu sebelum memasuki bulan Ramadhan. Pencarian konten mengenai Ramadhan akan berakhir seminggu setelah hari raya Idul Fitri.

Oleh Karena itu, apabila kamu ingin mempromosikan sesuatu yang berhubungan dengan bulan Ramadhan, maka lakukan seminggu sebelum bulan Ramadhan hingga seminggu setelah hari raya Idul Fitri pada jam yang sudah dijelaskan sebelumnya (04.00-05.00 WIB dan 17.00-20.00 WIB).

2. Buat Konten yang Berhubungan dengan Bulan Ramadhan

Selain mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan promosi online di bulan Ramadhan, kamu juga harus menentukan konten seperti apa yang akan kamu promosikan.

Perhatikan contoh iklan yang berhubungan dengan bulan Ramadhan dibawah ini:

 

Pada contoh iklan diatas, kamu dapat melihat penjualan produk Sari Roti dengan adanya promo hadiah menarik yang hanya didapat selama bulan Ramadhan.

3. Gunakan Konten Berupa Video

Kebanyakan orang Indonesia menonton video online melalui platform YouTube dan Facebook.

Menurut video yang di unggah Google Ramadhan Insights, pengguna YouTube di Indonesia meningkat 50% di bulan Ramadhan 2017. Sementara itu, waktu menonton video di Facebook selama bulan Ramadhan 2017 juga meningkat sebanyak 74 persen dibanding Ramadhan tahun sebelumnya.

Oleh karena itu, membuat iklan Ramadhan berupa video sangat disarankan kepada para pemilik bisnis di Indonesia.

4. Optimalkan Promosi di Perangkat Mobile

Saat melakukan promosi secara online, kamu harus melakukan promosi pada platform yang mudah diakses pada perangkat mobile. Misalnya promosi di berbagai platform media sosial (tergantung target pasar bisnis kamu).

Tetapi jika kamu menggunakan website sebagai media promosi, pastikan website kamu bisa diakses pada perangkat mobile.

Itulah waktu yang terbaik melakukan promosi online di bulan Ramadhan beserta tips sukses melakukan promosi bisnis kamu selama bulan Ramadhan. Selamat mencoba.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *