Dalam dunia SEO, visibilitas merupakan hal penting untuk mencapai tujuan bisnis. Besarnya penawaran dan bermanfaatnya konten kamu akan sia-sia jika calon pelanggan tidak dapat menemukan website di Google. Lantas, bagaimana cara cek visibility website dan cara meningkatkannya? Simak selengkapnya di sini!
Daftar isi
Apa Itu Visibilitas SEO?
Sebelum mengetahui cara pengecekannya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian visibilitas dalam pencarian SEO. Visibilitas SEO merupakan cara agar website tampil atau terlihat oleh banyak pelanggan potensial. Sehingga bisnis akan lebih mudah ditemukan, mulai dari produk, layanan, hingga informasi lainnya.
Secara umum, kamu dapat mengartikannya sebagai kekuatan organic keyword berdasarkan pada peringkat sekumpulan kata kunci lain yang sesuai target kamu. Semakin tinggi peringkat kata kunci, maka akan semakin besar pula visibilitas kamu bahkan mencapai maksimum.
Visibilitas maksimum, artinya kamu mencapai keberhasilan untuk mendapatkan peringkat 1 pada setiap kata kunci. Sedangkan visibilitas nol artinya kamu tidak berhasil mendapatkan peringkat kata kunci sesuai target.
Cara Cek Visibility Website
Setelah mengetahui pengertiannya, sekarang saatnya kamu mengerti bagaimana cara memeriksa atau cek visibilitas website. Berikut uraiannya:
1. Login Halaman Admin WordPress
WordPress memiliki pilihan built-in yang berfungsi untuk menyembunyikan website dari mesin pencari. Hal tersebut bertujuan agar kamu memiliki waktu bekerja atau mengolah website sebelum siap dipublikasikan.
Namun, terkadang pilihan built-in bisa aktif secara tidak sengaja dan menyebabkan website menjadi tidak bisa terindeks oleh mesin pencari. Bila situs tidak muncul di mesin pencari, maka yang perlu kamu lakukan adalah memastikan opsi built-in tidak tercentang.
Caranya kamu cukup login ke halaman admin WordPress. Kemudian pilih menu Settings > Reading.
Setelah itu, cek pada bagian bawah halaman yang terdapat keterangan “Search Engine Visibility”. Kemudian pastikan pada kotak “Discourage search engines from indexing this site” tidak tercentang. Terakhir, klik Save Changes agar perubahannya tersimpan.
2. Gunakan Struktur URL SEO Friendly pada WordPress
Cara selanjutnya, yaitu memanfaatkan URL SEO friendly yang berisi kata penjelasan isi halaman secara keseluruhan, detail, jelas, dan mudah terbaca oleh mesin pencari maupun audience. Contoh URL SEO friendly adalah sebagai berikut:
http://www.contoh.com/belajar-wordpress/
Contoh di atas menunjukkan bahwa URL SEO friendly karena mudah dibaca oleh pengunjung. Dengan URL seperti itu, pengunjung akan mengerti apa isi website tersebut hanya melihat teks yang ada. Sedangkan di bawah ini adalah contoh URL yang tidak SEO friendly:
http://www.contoh.com/belajar/?p=10623
Berbeda dengan contoh sebelumnya, URL kedua terlihat tidak berkaitan dengan isi konten. Hal tersebut akan membuat pengunjung kesulitan memahami isi konten hanya dengan melihat teks pada URL saja.
3. Gunakan Struktur Permalink SEO Friendly
Cara selanjutnya untuk cek visibility website adalah dengan menggunakan struktur permalink yang bersifat SEO friendly. Ini bertujuan untuk mendapatkan posisi pencarian yang lebih baik. Berikut cara memeriksa serta memperbarui struktur permalink website agar bersifat SEO friendly:
Masuk menu Settings > Permalinks, kemudian pilih pada opsi Post Name dan simpan perubahan dengan klik Save Changes.
Jika website kamu sudah berjalan lebih dari 6 bulan, maka sebaiknya kamu tidak mengubah struktur pada permalink. Namun, jika permalink terdiri dari numeric, maka kamu bisa saja mengubahnya. Sebaliknya, apabila permalink menggunakan Day and name atau Month and name, maka sebaiknya jangan melakukan perubahan.
Mengapa perubahan tersebut sebaiknya jangan kamu lakukan? Karena untuk meminimalisir risiko kehilangan konten dari media sosial dan turunnya peringkat SEO yang sudah kamu capai sebelumnya.
Jika ingin mengubah struktur permalink, kamu bisa bekerja sama dengan jasa profesional sehingga pengaturannya lebih tepat. Namun, risikonya kamu tetap harus siap kehilangan sejumlah konten website.
4. Pengaturan WWW vs Non-WWW
Saat kamu baru saja memulai pembuatan website, maka perlu memilih penggunaan www atau non www pada struktur URL. Mesin pencari akan menganggap kedua jenis URL tersebut berbeda, sehingga kamu harus memilih salah satunya.
Cara pengaturannya, yaitu pada menu Settings > General, kemudian menambahkan URL pilihan pada kolom Website Address dan WordPress Address.
Cara Meningkatkan Visibility Website
Bagi kamu pemilik bisnis, memiliki website adalah keharusan di era digital. Namun, tidak hanya memiliki, kamu juga perlu mengetahui cara meningkatkan visibilitas website. Berikut langkah-langkahnya:
1. Melacak Peringkat Kata Kunci
Cara selanjutnya yang sangat penting untuk meningkatkan visibilitas website adalah memantau peringkat kata kunci atau keyword. Gunakan tools untuk melakukan tracking kata kunci mana saja yang mendapatkan ranking bagus pada mesin pencarian. Contohnya seperti Ahrefs, Google analytics, dan Semrush.
Keyword peringkat 11-15 memungkinkan peningkatan visibilitas, sehingga dapat menerima lebih banyak klik. Kata kunci merupakan hal paling penting dalam SEO. Oleh sebab itu, untuk mencapai traffic sesuai target, kamu bisa menggunakan jasa SEO untuk mengoptimasi web kamu.
2. Membuat Website Mobile Friendly
Cara meningkatkan visibility website selanjutnya adalah memanfaatkan penggunaan alat uji mobile friendly dari Google. Selain itu, Google juga menyediakan tangkapan layar tentang tampilan website pada ponsel. Ini bertujuan agar kamu bisa mengidentifikasi saat terjadi masalah saat memuat website.
Kamu juga bisa memanfaatkan tools untuk compress gambar tanpa menurunkan kualitas. Ini bertujuan untuk mempercepat proses memuat situs.
3. Gunakan Kata Kunci Fokus
Jika ingin membuat website lebih baik, maka tidak cukup dengan memantau statistik lalu lintas situs saja. Kamu juga perlu menambahkan kata kunci fokus pada halaman title, H1, H2, snippet, serta alt text untuk URL dan gambar.
4. Memeriksa Laporan Bulanan Website
Cara ini juga merupakan langkah penting agar website kamu bisa meningkat visibilitasnya pada mesin pencari. Kamu bisa memanfaatkan tool Google Analytics untuk membandingkan laporan setiap bulan. Ini bertujuan agar mengetahui halaman apa saja yang mencapai kinerja tinggi dan mana saja yang perlu kamu tingkatkan.
Sudah Mengetahui Cara Cek Visibility Website?
Itulah penjelasan seputar visibility website, mulai dari pengertian hingga cara meningkatkannya. Sebelum membuat dan mengembangkan website, kamu bisa mempelajari tips SEO dan cara maintenance website terlebih dahulu. Sehingga pengelolaan website bisa lebih optimal dan engagement juga lebih tinggi.
Berbicara mengenai situs web, apabila Anda memerlukan jasa pembuatan website yang terpercaya, ekonomis, dan berkualitas unggul, tak perlu khawatir. Segera dapatkan penawaran dari Whello sekarang juga.
Apa itu Search Engine Visibility?
Visibilitas Pencarian SEO berbicara tentang munculnya website di depan pelanggan potensial sebanyak mungkin ketika mereka menggunakan mesin pencari untuk menemukan bisnis, produk dan layanan, serta informasi terkait lainnya.
Apa itu visibilitas dalam marketing?
Visibilitas brand merupakan kesan yang konsumen dapatkan ketika melihat sebuah merek.
Apa itu SEO Website?
SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik yang digunakan untuk optimasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari menemukan website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan user.
SEO dibagi menjadi berapa?
SEO on Page (di halaman), SEO Technical (teknis), dan SEO off page (di luar halaman).
Tingkatkan kredibilitas bisnis kamu dengan memiliki Website!
Miliki website profesional yang powerful dengan desain eksklusif dan pastinya SEO friendly untuk bisnis kamu. Konsultasi bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Manfaat Lakukan Tracking Metric Marketing
Maksimalkan hasil pemasaran kamu dengan tracking matriks marketing. Dapatkan analisis mendalam untuk strategi bisnis kamu!
Ketahui Apa Itu Promotion Assets Google Ads dan Manfaatnya
Temukan promotion assets terbaik untuk Google Ads kamu. Tingkatkan hasil kampanye dengan strategi yang tepat dan efisien!
Apa itu Sitelink di Google Ads, dan Cara Menggunakannya
Pelajari strategi terbaik untuk menggunakan sitelink dalam Google Ads. Optimalkan iklan kamu dan tingkatkan klik serta konversi dengan mudah!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!