Dalam dunia SEO, visibilitas merupakan hal penting untuk mencapai tujuan bisnis. Besarnya penawaran dan bermanfaatnya konten kamu akan sia-sia jika calon pelanggan tidak dapat menemukanΒ website di Google. Lantas, bagaimana cara cekΒ visibility website dan cara meningkatkannya? Simak selengkapnya di sini!
Daftar isi
Apa Itu Visibilitas SEO?
Sebelum mengetahui cara pengecekannya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian visibilitas dalam pencarian SEO. Visibilitas SEO merupakan cara agarΒ website tampil atau terlihat oleh banyak pelanggan potensial. Sehingga bisnis akan lebih mudah ditemukan, mulai dari produk, layanan, hingga informasi lainnya.
Secara umum, kamu dapat mengartikannya sebagai kekuatanΒ organic keywordΒ berdasarkan pada peringkat sekumpulan kata kunci lain yang sesuai target kamu. Semakin tinggi peringkat kata kunci, maka akan semakin besar pula visibilitas kamu bahkan mencapai maksimum.
Visibilitas maksimum, artinya kamu mencapai keberhasilan untuk mendapatkan peringkat 1 pada setiap kata kunci. Sedangkan visibilitas nol artinya kamu tidak berhasil mendapatkan peringkat kata kunci sesuai target.
Cara CekΒ Visibility Website
Setelah mengetahui pengertiannya, sekarang saatnya kamu mengerti bagaimana cara memeriksa atau cek visibilitasΒ website. Berikut uraiannya:
1. Login Halaman Admin WordPress
WordPress memiliki pilihanΒ built-in yang berfungsi untuk menyembunyikanΒ website dari mesin pencari. Hal tersebut bertujuan agar kamu memiliki waktu bekerja atau mengolahΒ website sebelum siap dipublikasikan.
Namun, terkadang pilihanΒ built-in bisa aktif secara tidak sengaja dan menyebabkanΒ website menjadi tidak bisa terindeks oleh mesin pencari. Bila situs tidak muncul di mesin pencari, maka yang perlu kamu lakukan adalah memastikan opsiΒ built-in tidak tercentang.
Caranya kamu cukupΒ login ke halaman admin WordPress. Kemudian pilih menuΒ Settings > Reading.
Setelah itu, cek pada bagian bawah halaman yang terdapat keterangan βSearch Engine Visibilityβ. Kemudian pastikan pada kotak βDiscourage search engines from indexing this siteβ tidak tercentang. Terakhir, klikΒ Save Changes agar perubahannya tersimpan.
2. Gunakan Struktur URL SEO Friendly pada WordPress
Cara selanjutnya, yaitu memanfaatkan URL SEOΒ friendly yang berisi kata penjelasan isi halaman secara keseluruhan, detail, jelas, dan mudah terbaca oleh mesin pencari maupunΒ audience. Contoh URL SEO friendly adalah sebagai berikut:
http://www.contoh.com/belajar-wordpress/
Contoh di atas menunjukkan bahwa URL SEOΒ friendly karena mudah dibaca oleh pengunjung. Dengan URL seperti itu, pengunjung akan mengerti apa isiΒ website tersebut hanya melihat teks yang ada. Sedangkan di bawah ini adalah contoh URL yang tidak SEOΒ friendly:
http://www.contoh.com/belajar/?p=10623
Berbeda dengan contoh sebelumnya, URL kedua terlihat tidak berkaitan dengan isi konten. Hal tersebut akan membuat pengunjung kesulitan memahami isi konten hanya dengan melihat teks pada URL saja.
3. Gunakan Struktur Permalink SEO Friendly
Cara selanjutnya untuk cekΒ visibilityΒ website adalah dengan menggunakan strukturΒ permalinkΒ yang bersifat SEOΒ friendly. Ini bertujuan untuk mendapatkan posisi pencarian yang lebih baik. Berikut cara memeriksa serta memperbarui strukturΒ permalinkΒ website agar bersifat SEOΒ friendly:
Masuk menuΒ Settings > Permalinks, kemudian pilih pada opsiΒ Post Name dan simpan perubahan dengan klikΒ Save Changes.
JikaΒ websiteΒ kamu sudah berjalan lebih dari 6 bulan, maka sebaiknya kamu tidak mengubah struktur padaΒ permalink. Namun, jikaΒ permalink terdiri dariΒ numeric, maka kamu bisa saja mengubahnya. Sebaliknya, apabilaΒ permalink menggunakan Day and name atau Month and name, maka sebaiknya jangan melakukan perubahan.
Mengapa perubahan tersebut sebaiknya jangan kamu lakukan? Karena untuk meminimalisir risiko kehilangan konten dari media sosial dan turunnya peringkat SEO yang sudah kamu capai sebelumnya.
Jika ingin mengubah strukturΒ permalink, kamu bisa bekerja sama dengan jasa profesional sehingga pengaturannya lebih tepat. Namun, risikonya kamu tetap harus siap kehilangan sejumlah kontenΒ website.
4. Pengaturan WWW vs Non-WWW
Saat kamu baru saja memulai pembuatanΒ website, maka perlu memilih penggunaan www atau non www pada struktur URL. Mesin pencari akan menganggap kedua jenis URL tersebut berbeda, sehingga kamu harus memilih salah satunya.
Cara pengaturannya, yaitu pada menuΒ Settings > General, kemudian menambahkan URL pilihan pada kolomΒ Website Address danΒ WordPress Address.
Cara MeningkatkanΒ Visibility Website
Bagi kamu pemilik bisnis, memilikiΒ website adalah keharusan di era digital. Namun, tidak hanya memiliki, kamu juga perlu mengetahui cara meningkatkan visibilitasΒ website. Berikut langkah-langkahnya:
1. Melacak Peringkat Kata Kunci
Cara selanjutnya yang sangat penting untuk meningkatkan visibilitasΒ website adalah memantau peringkat kata kunci atauΒ keyword. GunakanΒ toolsΒ untuk melakukanΒ tracking kata kunci mana saja yang mendapatkan ranking bagus pada mesin pencarian. Contohnya seperti Ahrefs, Google analytics, dan Semrush.
Keyword peringkat 11-15 memungkinkan peningkatan visibilitas, sehingga dapat menerima lebih banyak klik. Kata kunci merupakan hal paling penting dalam SEO. Oleh sebab itu, untuk mencapaiΒ traffic sesuai target, kamu bisa menggunakanΒ jasa SEO untuk mengoptimasiΒ web kamu.
2. Membuat Website Mobile Friendly
Cara meningkatkanΒ visibilityΒ website selanjutnya adalah memanfaatkan penggunaan alat ujiΒ mobile friendlyΒ dari Google. Selain itu, Google juga menyediakan tangkapan layar tentang tampilanΒ website pada ponsel. Ini bertujuan agar kamu bisa mengidentifikasi saat terjadi masalah saat memuatΒ website.
Kamu juga bisa memanfaatkanΒ tools untukΒ compressΒ gambar tanpa menurunkan kualitas. Ini bertujuan untuk mempercepat proses memuat situs.
3. Gunakan Kata Kunci Fokus
Jika ingin membuatΒ website lebih baik, maka tidak cukup dengan memantau statistik lalu lintas situs saja. Kamu juga perlu menambahkan kata kunci fokus pada halamanΒ title, H1, H2,Β snippet, sertaΒ altΒ text untuk URL dan gambar.
4. Memeriksa Laporan Bulanan Website
Cara ini juga merupakan langkah penting agarΒ website kamu bisa meningkat visibilitasnya pada mesin pencari. Kamu bisa memanfaatkanΒ tool Google Analytics untuk membandingkan laporan setiap bulan. Ini bertujuan agar mengetahui halaman apa saja yang mencapai kinerja tinggi dan mana saja yang perlu kamu tingkatkan.
Sudah Mengetahui Cara CekΒ Visibility Website?
Itulah penjelasan seputarΒ visibilityΒ website, mulai dari pengertian hingga cara meningkatkannya. Sebelum membuat dan mengembangkan website, kamu bisa mempelajariΒ tips SEO dan caraΒ maintenance website terlebih dahulu. Sehingga pengelolaan website bisa lebih optimal dan engagement juga lebih tinggi.
Berbicara mengenai situs web, apabila Anda memerlukan jasa pembuatan website yang terpercaya, ekonomis, dan berkualitas unggul, tak perlu khawatir. Segera dapatkan penawaran dari Whello sekarang juga.
Apa itu Search Engine Visibility?
Visibilitas Pencarian SEO berbicara tentang munculnya website di depan pelanggan potensial sebanyak mungkin ketika mereka menggunakan mesin pencari untuk menemukan bisnis, produk dan layanan, serta informasi terkait lainnya.
Apa itu visibilitas dalam marketing?
Visibilitas brand merupakan kesan yang konsumen dapatkan ketika melihat sebuah merek.
Apa itu SEO Website?
SEO (Search Engine Optimization) merupakan teknik yang digunakan untuk optimasi suatu website dengan tujuan memudahkan mesin pencari menemukan website dan menempatkan di halaman pertama di mesin pencari dengan keyword yang ditentukan user.
SEO dibagi menjadi berapa?
SEO on Page (di halaman), SEO Technical (teknis), dan SEO off page (di luar halaman).
Tingkatkan kredibilitas bisnis kamu dengan memiliki Website!
Miliki website profesional yang powerful dengan desain eksklusif dan pastinya SEO friendly untuk bisnis kamu. Konsultasi bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Ketahui Jenis-Jenis Video Ad Format di Youtube
Jelajahi berbagai format iklan video di YouTube, mulai dari TrueView hingga bumper ads. Pilih sesuai dengan kampanye kamu.
Mengenal Demand Gen Campaigns pada Google Ads
Kenali strategi Demand Gen Campaigns pada Google Ads untuk menjangkau target pasar dengan efektif untuk bisnis kamu.
Google Ads Experiments: Cara Efektif Untuk Test Campaign Kamu!
Ketahui Google Ads Experiments yang efektif untuk menguji dan meningkatkan kinerja iklan kamu, temukan langkah praktisnya dalam artikel ini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!