Visual branding adalah jenis branding yang mengutamakan tampilan produk dan packagingnya. Ada banyak hal yang harus kamu perhatikan dalam membangun branding menggunakan elemen visual. Untuk selengkapnya, yuk simak penjelasannya dalam artikel berikut.
Daftar isi
Apa Itu Visual Branding?
Ada berbagai bentuk branding yang bisa kamu terapkan pada sebuah produk. Setiap branding memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing serta butuh penyesuaian untuk setiap produk yang berbeda.
Salah satu jenis branding yang saat ini banyak digunakan adalah visual branding. Visual berarti sesuatu yang dapat kita nikmati dengan indera penglihatan. Artinya, branding ini mengutamakan keindahan bentuk, warna, dan tampilan sebuah iklan atau produk.
Biasanya, produk yang mengutamakan visual memiliki ciri khas tertentu yang selalu pemilik brand gunakan di setiap desainnya. Untuk memperkuat branding, sebuah produk menyisipkan makna tertentu dalam setiap desain yang mereka buat.
Branding dalam bentuk visual juga bisa kamu gunakan untuk membangun identitas produk. Identitas bisa kamu tunjukkan melalui logo, tipografi, desain packaging, dan lain sebagainya.
Ada 3 hal penting yang harus kamu perhatikan dalam merancang branding melalui visual, yaitu warna, komposisi, dan branding seperti apa yang ingin kamu bangun. Pasalnya, pemilihan warna dan komposisi yang tepat dapat meningkatkan value produk kamu.
Selain itu, branding yang tepat bisa membantu konsumen menerima informasi yang kamu sampaikan. Produk satu dengan lainnya memiliki perbedaan yang bisa konsumen kenali melalui branding. Oleh karena itu, penting bagi kamu membangun branding dengan visual yang tepat supaya konsumen lebih mudah mengenali produk kamu.
Persaingan bisnis akan memaksa kamu terus berpikir kreatif. Tanpa pemikiran kreatif, produk kamu tidak akan berkembang. Selain itu, apabila produk kamu mudah dikenali, maka brand awareness akan meningkat dengan cepat.
Namun ingatlah bahwa branding merupakan proses yang penting, dan tidak bisa dilakukan secara instan. Jadi kamu harus memilih strategi yang tepat dalam menyusun branding bisnis kamu.
Manfaat Visual Branding
Selain untuk brand awareness, berikut ini adalah manfaat lain yang bisa kamu dapatkan melalui branding:
1. Meningkatkan Penjualan
Branding memang memiliki pengaruh terhadap penjualan. Namun, pengaruh ini baru terasa setelah beberapa waktu berjalan. Jadi, jangan heran kalau pada awal kamu membangun branding, hasil penjualannya belum terlalu terlihat.
2. Mempertahankan Bisnis di Tengah Persaingan
Kamu pasti punya keinginan untuk mempertahankan bisnis dalam waktu yang lama. Namun, mempertahankan bisnis dalam jangka waktu yang panjang tidak akan mudah. Jadi, perlu memperhatikan strategi branding yang digunakan dalam pemasaran.
Selain itu, penting bagi kamu untuk memikirkan visual branding. Visual branding yang tepat akan membantu produk kamu agar memiliki identitas yang kuat sehingga bisa bersaing dengan kompetitor.
3. Meningkatkan Brand Awareness
Salah satu keuntungan menggunakan branding dalam bentuk visual adalah meningkatnya brand awareness. Peningkatan brand awareness dapat kamu lihat dari jumlah jangkauan konsumen produk kamu.
Jadi, dengan branding yang kuat visualnya, produk kamu akan lebih mudah dikenali masyarakat luas. Jika produk kamu memiliki keunikan, maka produk tersebut akan lebih mudah tersebar di berbagai kalangan masyarakat.
4. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen
Kepercayaan konsumen bisa kamu dapatkan dari berbagai aspek, termasuk branding. Branding yang maksimal akan menunjukkan keseriusan kamu dalam berbisnis. Secara tidak langsung, konsumen akan lebih percaya terhadap bisnis yang dijalankan secara serius.
Selain itu, dengan branding dan visual yang baik, maka kredibilitas produk kamu akan meningkat. Kredibilitas yang baik menunjukkan bahwa produk tersebut berkualitas. Membangun visual untuk produk dalam jangka panjang juga akan berpotensi meningkatkan produk kamu menjadi produk unggulan.
5. Memberikan Value ke Produk
Produk yang memiliki value tinggi dapat dilihat dari keunikan, kualitas, pelayanan, dan branding yang baik. Jika kamu ingin menambahkan value pada produk kamu, maka kamu hanya perlu fokus untuk mengoptimalkan branding melalui visual.
Hal tersebut dapat kamu lakukan dengan membuat logo yang sesuai dengan produk, packaging yang menarik, serta iklan yang informatif.
Tujuan Visual Branding
Setelah memahami apa itu branding visual dan manfaatnya, lalu apa sebenarnya tujuan utama dari jenis branding ini?
Tujuan paling utama dari jenis branding yang mengutamakan visual ini adalah meningkatkan penjualan jangka panjang. Artinya, peningkatan penjualan tidak hanya terjadi pada waktu-waktu tertentu saja, tetapi konsisten.
Hal tersebut dapat terjadi karena sejak pertama produk kamu muncul, kamu memiliki konsistensi. Selain itu, branding akan meningkatkan kepercayaan konsumen karena dianggap memiliki kredibilitas.
Apabila hal tersebut terjadi secara terus-menerus, maka produk kamu akan memiliki penjualan yang stabil. kamu harus tahu bahwa branding dengan visual berlaku pada bisnis online dan offline. Maka dari itu, jika bisnismu termasuk jenis bisnis online maka kamu juga harus memahami pentingnya branding untuk bisnis online.
Tips Membuat Visual Branding
Lalu, bagaimana kira-kira membuat branding dengan visual yang baik? Simak penjelasan berikut ini.
1. Inovasi
Apabila produk kamu memiliki suatu hal yang sama dengan kompetitor, kamu perlu membuat visual yang berbeda. Kamu juga perlu memperhatikan kembali berbagai komponen visual branding pada produk untuk menemukan apa keunikan produk yang bisa ditonjolkan.
Satu hal yang perlu kamu ingat adalah untuk tidak membuat desain yang mirip dengan brand lain. Sebab, hal tersebut bisa memberikan kesan negatif pada produk kamu.
2. Unik
Sebuah produk harus memiliki sesuatu yang berbeda dengan kompetitor produk lainnya. Meski kamu memiliki produk yang sama dengan kompetitor lain, kamu perlu memikirkan keunikan apa yang tidak dimiliki oleh produk lain yang serupa.
Selain keunikan dari produk, kamu juga harus memikirkan keunikan visual branding. Sebab, desain yang berbeda dengan produk lain akan membuat produk kamu lebih mudah diingat.
3. Evaluasi
Tak jarang, branding yang telah kamu bangun ternyata tidak membuahkan hasil yang sesuai dengan harapan. Jika hal tersebut terjadi, jangan buru-buru menyerah, lakukan evaluasi untuk mengetahui apa yang salah dari brand kamu.
Setelah itu, lakukan perbaikan atas apa yang menjadi masalah. Hal ini mungkin akan terjadi berulang dan membuat lelah. Namun, itulah tantangan umum dalam berbisnis.
4. Kolaborasi
Kolaborasi artinya kamu menggandeng pihak lain untuk ikut berkontribusi dalam pengembangan branding. Ini dapat kamu mulai dengan kolaborasi bersama konsumen. Mulai dengan riset mini, misalnya bertanya kepada konsumen mengenai desain visual yang menarik.
5. Brand Management
Pengelolaan brand yang tepat perlu diperhatikan untuk mengontrol dan mengatur setiap perubahan yang terjadi. Ini sangat penting untuk memantau apakah visual branding kamu sudah sesuai dengan produk yang kamu miliki.
Sudah Tahu Cara Membuat Visual Branding?
Nah, sekarang kamu sudah memahami apa itu branding visual dan manfaatnya. Ternyata ada banyak manfaat baik dari jenis branding ini. Namun, kamu harus memperhatikan kembali apakah jenis branding ini sesuai dengan bisnis kamu.
Jika kamu masih bingung, tak perlu khawatir, Whello menyediakan jasa branding yang akan membuat produk kamu terlihat lebih unik dan berbeda dari yang lain. Dengan tim ahli branding yang mumpuni dan berpengalaman, mereka akan mendedikasikan diri untuk memberikan yang terbaik agar brand kamu bisa mendominasi pasar.
Apa itu branding visual?
Jenis branding yang mengutamakan keindahan bentuk, warna, dan tampilan sebuah iklan atau produk.
Apa pentingnya branding visual?
Branding dalam bentuk visual pada produk sangat penting karena produk akan menjadi tampilan pertama yang kamu perkenalkan ketika melakukan promosi.
Apa perbedaan antara branding dan brand?
Branding merupakan aktivitas atau kegiatan pemasaran, sedangkan brand adalah sebuah alat dalam pemasaran.
Apa yang membuat branding visual suatu produk kuat?
Branding visual bisa kuat karena konsisten, emosional, dan mampu memahami target audiens.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Research Competitor Ads: Strategi Intip Iklan Kompetitor
Ketahui strategi iklan kompetitor kamu dengan melakukan Research Competitor Ads. Dengan ini strategi pemasaran kamu akan lebih optimal!
Apa Itu Back End Developer? Skill dan Tugas Utamanya
Pelajari tentang Back End Developer, skill yang harus dimiliki, dan tanggung jawab utama mereka dalam dunia teknologi informasi disini!
Ketahui Perbedaan Front End dan Back End Developer
Ketahui perbedaan Front End dan Back End Developer. Pahami peran penting masing-masingnya dalam artikel berikut!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!