Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas apa itu PPC dan 4 alasan pentingnya PPC bagi bisnis online kamu. Untuk beriklan dengan metode PPC kamu dapat menggunakan platform Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads. Baik itu kamu beriklan sendiri atau menggunakan jasa seperti jasa iklan Google, jasa iklan Facebook, dan jasa iklan Instagram.
Kamu bisa menggunakan salah satu atau semua platform tersebut secara bersamaan. Tetapi kamu juga harus menyesuaikan kembali dengan kebutuhan bisnis kamu, agar tidak membebani anggaran biaya iklan. Jika target audiens kamu menggunakan Instagram, maka gunakan platform Instagram Ads.
Daftar isi
3 Jenis Iklan PPC yang Wajib Diketahui
Saat ini, dalam dunia digital yang semakin berkembang, iklan PPC (Pay-Per-Click) menjadi salah satu strategi pemasaran online yang paling efektif. Jenis iklan ini memungkinkan bisnis untuk menampilkan iklan mereka secara tepat kepada audiens yang relevan, dengan tujuan meningkatkan kunjungan situs web dan konversi. Nah, apa saja jenis layanan dari ketiga platform tersebut? Berikut penjelasannya:
1. Google Ads
Google Ads merupakan tools yang disediakan oleh Google untuk beriklan di mesin pencari google. Dengan menggunakan Google Ads, kamu bisa menampilkan iklan di hasil pencarian Google menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu.
Jenis PPC dengan Google Ads memungkinkan kamu untuk mendapatkan banyak calon klien yang lebih banyak.
Hal tersebut dibuktikan dari data Global Stats Counter yang menunjukkan bahwa, di Indonesia, Google memiliki pangsa pasar pada mesin pencarian sebesar 97,09 persen, yahoo sebesar 1,65, dan Bing sebesar 0,83 persen.
Berikut data yang dihasilkan:
Sumber: Global Stats Counter
Berikut contoh iklan PPC menggunakan Google Ads:
Untuk mendaftarkan bisnis kamu pada Google Ads, kamu bisa melakukan pendaftaran pada website resmi Google Ads.
2. Facebook Ads
Facebook Ads merupakan jasa iklan yang disediakan oleh Facebook. Dengan banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, menjadikan platform ini efektif untuk menjangkau banyak calon klien dari pengguna Facebook.
Hal ini dibuktikan dengan data riset yang dilakukan oleh Kata Data, mengatakan bahwa pengguna Facebook selalu meningkat di setiap tahunnya. Diketahui pada tahun 2018, pengguna Facebook mencapai hingga 2,2 Miliar user.
Berikut hasil data riset pengguna Facebook yang dihasilkan:
Sumber: Kata Data
Dan gambar dibawah ini merupakan salah satu contoh iklan menggunakan Facebook Ads:
Sebelum membuat iklan PPC menggunakan Facebook Ads, kamu harus memiliki halaman Facebook sendiri. Setelah itu, kamu bisa mendaftarkan bisnis kamu pada Facebook Ads.
Untuk lebih mengenal Facebook Ads, kamu bisa baca artikel sebelumnya mengenai apa itu facebook ads?. Kamu juga bisa baca tips sukses melakukan Facebook ads.
3. Instagram Ads
Platform lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan PPC yaitu menggunakan Instagram Ads. Sebenarnya Instagram Ads merupakan salah satu bagian dari Facebook. Sehingga ketika kamu membuat iklan menggunakan Facebook Ads, secara otomatis kamu sudah membuat iklan Instagram Ads.
Instagram ads juga efektif untuk menjangkau banyak calon klien. Berdasarkan data riset yang didapatkan dari Napoleon Cat mengatakan, pengguna Instagram di Indonesia pada bulan Februari 2019 mencapai hingga 62 juta user.
Berikut data yang dihasilkan:
Sumber: Napoleon Cat
Contoh iklan PPC menggunakan Instagram Ads
Sama seperti membuat Facebook Ads, sebelum membuat iklan Instagram Ads, kamu juga harus mempunyai halaman Facebook terlebih dahulu sebelum membuat Instagram Ads. Kemudian melakukan pendaftaran di Facebook manager.
Sudah Paham Tentang Jenis-Jenis Iklan PPC?
Iklan PPC adalah alat pemasaran yang bisa meningkatkan visibilitas bisnis dan menghasilkan hasil yang menguntungkan. Dengan memahami berbagai jenis iklan PPC dan mengoptimalkan strategi pemasaran, kamu dapat mencapai kesuksesan yang signifikan dalam dunia digital yang kompetitif ini.
Nah, setelah mengetahui beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan PPC, yang mana yang akan kamu gunakan?
Apa itu iklan PPC?
Iklan PPC (Pay-Per-Click) adalah bentuk iklan online di mana pengiklan membayar hanya ketika pengguna mengklik iklan mereka.
Apa keuntungan iklan PPC dibandingkan iklan tradisional?
Iklan PPC menawarkan target audiens yang lebih tepat, kontrol anggaran yang bisa diatur, dan hasil yang lebih cepat dibandingkan dengan iklan tradisional.
Apa itu teknik remarketing dalam iklan PPC?
Teknik remarketing memungkinkan pengiklan menampilkan iklan kepada orang-orang yang sebelumnya telah mengunjungi website mereka, dengan tujuan meningkatkan brand awareness dan konversi.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!