Apa Itu Facebook Ads?

1 menit

Sebagai seorang pebisnis tentu kamu ingin bisnis kamu dikenal oleh orang banyak, hal yang bisa kamu lakukan yaitu melakukan pemasaran produk/jasa kamu, untuk melakukannya kamu bisa memanfaatkan  Facebook ads. Facebook Ads yaitu jasa iklan yang disediakan oleh Facebook untuk penggunanya. Ketika beriklan di Facebook, kamu bisa menentukan target klien yang ingin kamu capai, sehingga Facebook ads sangat cocok untuk tempat beriklan.

Berapa Biaya Facebook Ads?

Biaya iklan di Facebook bisa disesuaikan dengan biaya anggaran yang kamu punya. Iklan yang tayang nantinya akan disesuaikan otomatis sesuai dengan pengaturan yang kamu buat, jadi kamu tidak perlu takut uang yang kamu bayar untuk beriklan akan sia-sia. Iklan kamu akan optimal.

Manfaat Facebook Ads

Berikut beberapa manfaat beriklan di Facebook:

1. Penargetan Audience yang Efektif

Promosi iklan akan tepat sasaran karena target audience ketika beriklan di Facebook bisa di atur sedemikian rupa. Di Facebook ads kamu bisa menargetkan audience berdasarkan berbagai aspek, misalnya berdasarkan demografi, hobi, lokasi atau perilaku yang dimiliki para audience. Selain itu kamu juga dapat memasukkan pixel tracking yang disediakan oleh Facebook ke dalam page website agar kamu bisa menganalisis seberapa efektif iklan kamu.

2. Jangkauan Target Audience yang Lebih Luas

Saat ini pengguna Facebook mencapai lebih dari 1,74 miliar pengguna. Dengan jumlah yang sangat besar ini, maka iklan kamu akan menjangkau para pengguna tersebut, dan pastinya sesuai dengan target audience yang kamu atur sebelumnya. Melihat potensi seperti ini, tentu sangat disayangkan apabila kesempatan ini kamu lewatkan.

3. Analisis Lanjutan Untuk Penargetan Berikutnya

Setelah beriklan di Facebook, kamu akan mendapatkan report atau laporan hasil beriklan tersebut. Report atau laporan ini sudah disediakan Facebook sedemikian rupa, kamu hanya perlu memilih mau melihat laporannya dari segi apa saja, bisa dari performancenya seperti berapa orang yang melihat iklan kamu, berapa yang meng-klik dan perbandingan harga iklan dengan jumlah kliknya atau melihat dari segi demographynya seperti laki atau perempuan yang banyak melihat iklan kamu, umur berapa saja yg melihat iklan kamu, dan dari segi placementnya seperti dimana iklan kamu banyak munculnya, apakah di Facebook atau di Instagram. Selanjutnya report ini bisa kamu gunakan sebagai acuan ketika ingin beriklan lagi.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Pengguna Facebook akan memeriksa news feed/halaman beranda atau home mereka setiap harinya. Ini merupakan kesempatan kamu agar audience bisa berulang kali menerima exposure iklan pada feed Facebook mereka, dengan begitu hal ini dapat menumbuhkan kepercayaan para audience. Jika kepercaya audience sudah terbangun, maka brand awareness produk kamu akan meningkat.

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Membuat Facebook Ads

Gambar diatas merupakan beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum kamu beriklan di Facebook ads, berikut penjelasannya :

1. Tujuan Bisnis

Sebelum beriklan tentu kamu harus menentukan terlebih dahulu tujuan apa yang ingin kamu dapatkan ketika beriklan. Contohnya, apakah iklan tersebut bertujuan untuk mendapatkan subscriber atau meningkatkan jumlah pengunjung website atau ingin meningkatkan penjualan produk/jasa kamu. Setelah tahu apa tujuan beriklan, maka kamu akan mudah mengatur iklan kamu nantinya.

2. Target Audience yang Ingin Kamu Jangkau

Selanjutnya hal yang perlu kamu lakukan yaitu menentukan target audience sesuai dengan bisnis kamu, kamu bisa menentukannya berdasarkan referensi minat audience, umur, usia, gender, atau kelas ekonomi. Tentunya kamu sudah memiliki bayangan sebelum memulai mengembangkan bisnis kamu. Jika kamu belum ada ide siapa target audience kamu, kamu bisa mencontoh dari pesaing bisnis kamu untuk menentukannya atau kamu juga bisa membuat target audience atau buyer persona sendiri sesuai dengan artikel yang pernah saya bahas mengenai membuat buyer persona untuk bisnis kamu.

3. Budget Promosi

Seperti yang sudah dijelaskan mengenai budget untuk keperluan iklan, kamu bisa mengeluarkan budget sesuai anggaran yang telah kamu tentukan. Kamu bisa menggunakan tipe iklan A/B testing apabila masih ragu dalam beriklan. Tipe iklan seperti ini akan sangat berguna ketika kamu ragu tipe iklan seperti apa yang cocok untuk bisnis kamu.

4. Media Foto/Video Sebagai Konten Iklan

Terakhir yang perlu kamu persiapkan adalah media foto atau gambar dan video untuk konten iklan kamu. Jika kamu menggunakan foto atau gambar, maka kamu perlu memperhatikan beberapa aturan atau batasan yang sudah ditentukan Facebook ads, begitu juga untuk video. Yang pasti, konten yang kamu buat harus menarik perhatian banyak orang.

Banyak media promosi yang bisa kamu jadikan tempat untuk beriklan, salah satunya Facebook. Dengan potensi yang dimiliki oleh Facebook, tentu sangat sayang untuk melewatkan kesempatan ini. Apalagi sudah banyak tutorial tentang cara beriklan di Facebook. Apabila kamu tertarik untuk beriklan di Facebook, namun masih bingung dengan caranya, kamu bisa menghubungi Whello untuk membantu kamu. Whello dengan senang hati akan membantu kamu.

1+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *