4 Tips Sukses Melakukan Facebook Ads

1 menit

Beriklan menggunakan Facebook Ads memang memberikan keuntungan yang besar terhadap bisnis kamu. Banyak yang sukses, namun banyak juga yang gagal beriklan di Facebook Ads. berikut 4 tips sukses beriklan di Facebook Ads:

1. Pahami Karakter Target Audience Kamu

Salah satu keunggulan Facebook Ads yaitu menyediakan fitur target audience yang sesuai dengan iklan kamu. Sebelum kamu beriklan pastikan terlebih dahulu bahwa kamu benar-benar sudah mengenal karakter dari target audience yang ingin kamu targetkan. Untuk dapat mengetahui lebih jelas seperti apa karakter target audience memang agak sulit. Tetapi disini kamu bisa mencontoh dari pesaing bisnis kamu untuk menentukannya atau kamu juga bisa membuat target audience atau buyer persona sendiri sesuai dengan artikel yang pernah saya bahas mengenai membuat buyer persona untuk bisnis kamu. Kamu juga bisa menggunakan tools yang bernama Google Display Planner (GDP), tool ini dapat memberikan gambaran yang jelas kepada kamu tentang karakter orang-orang yang mengunjungi website kamu.

2. Buat Konten Iklan yang Menarik

Iklan Facebook Ads sangat bergantung pada konten yang kamu buat. Kamu harus mempu menciptakan konten yang mampu menarik audience agar menggunakan jasa/produk yang kamu iklankan. Berikut 4 komponen konten yang harus ada pada konten iklan kamu:

a. Visual

Google sangat menyukai konten yang visual, bukan hanya itu, konten visual juga lebih mudah dibagikan dan diingat dibanding konten tertulis. Tidak peduli apa jenis iklan yang kamu buat, iklan kamu harus menarik secara visual.

b. Relevan

Relevansi penting untuk keberhasilan iklan kamu, relevansi berkaitan dengan target audience, jika kamu menmpilkan iklan yang relevan untuk target audience kamu, kamu hanya membuang waktu dan biaya yang telah kamu keluarkan. Facebook memiliki fitur yang mampu mendeteksi seberapa relevan iklan yang kamu buat melaui sebuah skor. Semakin relevan konten yang kamu buat, maka semakin tinggi skor kamu, dan facebook akan lebih memprioritaskan iklan kamu.

c. Memiliki Proposisi yang Bagus

Iklan yang kamu buat harus memiliki sebuah nilai proposisi yang dapat memberitahu pembaca mengapa mereka harus meng-klik iklan kamu. Proposisi yang kamu buat juga harus dapat dipercaya. Proposisi yang bisa kamu buat seperti memberikan diskon atau bonus kepada calon client kamu.

d. Call To Action (CTA)

Iklan yang bagus tanpa CTA (poin penting untuk menarik calon pelanggan) tidak akan menghasilkan apa-apa. CTA yaitu suatu action button yang mengarahkan calon client kamu agar melakukan suatu tindakan.

3. Manfaatkan Fitur-Fitur yang Disediakan Facebook Ads

Facebook telah menyediakan beberapa fitur yang dapat mempermudah kamu ketika menggunakan Facebook Ads, Facebook juga selalu melakukan perubahan dan memperbaiki semua fitur yang semakin canggih dan mudah digunakan. Berikut beberapa fitur advertising terbaru dari Facebook Ads:

a. Custom Audience

Apabila kamu memiliki data email para customer, maka dengan menggunakan custom audience kamu bisa memasukkan data-data tersebut ke dalam Facebook dan Facebook akan mendeteksi siapa saja customer kamu yang memiliki akun Facebook.

b.  Retargeting

Retargeting digunakan untuk mengetahui orang-orang yang telah mengunjungi website kamu, sehingga setelah masuk ke website kamu, mereka akan masuk ke Facebook dan dapat melihat iklan kamu.

c. Conversion Tracking

Dengan fitur conversion tracking kamu dapat mengetahui seberapa banyak jumlah orang yang membeli produk kamu dengan cara memasukkan sebuah produk ke keranjang belanja di website kamu. Conversion Tracking juga dapat mengetahui jumlah orang yang mengisi form yang telah kamu sediakan,  sehingga kamu bisa tahu seberapa efektif iklan kamu.

d. Lookalike Audience

Fitur terbaru ini mampu menciptakan target audience baru yang memiliki kemiripan karakter dengan audience lama kamu. Dengan begitu hal ini dapat mempermudah kamu mengelompokkan target audience secara otomatis.

4. Konversikan Iklan dengan Tepat

Konversi disini maksudnya bagaimana caranya supaya customer yang sudah mengenal produk kamu menjadi lebih loyal melalui promosi iklan yang kamu buat. Kamu harus memaksimalkan bisnis kamu dalam berbagai aspek, seperti sistem kerja, teknologi kerja yang digunakan ataupun budaya kerja. Dengan begitu hal ini akan menunjang keberhasilan bisnis kamu agar lebih berkembang. Untuk mengkonversikan bisnis kamu menjadi lebih baik kamu dapat melakukan proses implementasi CRM yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya.

Penjelasan diatas merupakan 4 cara yang dapat kamu implementasikan terhadap bisnis kamu ketika melakukan proses iklan melalui Facebook Ads. Jika kamu kebingungan kamu dapat menguhubungi Whello . Whello dengan senang hati akan membantu mempromosikan bisnis kamu.

1+

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *