Beriklan di Google merupakan salah satu strategi digital marketing yang perlu kamu coba. Karena peluang iklan kamu dilihat oleh banyak orang menjadi lebih besar. Menariknya lagi, ada beberapa jenis iklan Google Ads yang bisa kamu pilih, yaitu.
- Search Ads.
- Display Ads.
- Shopping Ads.
- Video Ads.
- Google AdMob.
Masing-masing jenis iklan didesain untuk tujuan bisnis tertentu. Misalnya untuk meningkatkan penjualan (sales), website traffic, leads, product, app promotion, brand consideration, dan lain-lain.
Kamu bisa melihat 5 jenis Google Ads, beserta contoh.
Daftar isi
1. Search Ads
Search ads yaitu iklan yang muncul ketika seorang user melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu melalui mesin pencari.
Misalnya ketika user melakukan pencarian menggunakan keyword “digital marketing agency”, maka mesin pencari akan menampilkan beberapa agensi digital marketing yang menggunakan iklan Google ads.
Ada beberapa keunggulan menggunakan jenis iklan ini, seperti iklan bisa dilihat oleh banyak orang dan kamu juga bisa menentukan target audiens dengan lebih spesifik.
Jika tujuan iklan kamu digunakan untuk meningkatkan penjualan, trafik website, dan leads, jenis iklan iklan cocok untuk kamu gunakan. Kamu bisa melihat pada gambar dibawah ini:
2. Display Ads
Pernahkah kamu membuka sebuah website tertentu, dan menemukan berbagai iklan yang muncul. Biasanya iklan tersebut berupa gambar.
Nah, iklan tersebut dinamakan dengan display ads. Jenis iklan ini dapat meningkatkan brand awareness bisnis dan peluang iklan yang di klik juga lebih besar, karena tampilan visual iklan lebih menarik dibandingkan iklan yang hanya terdiri dari teks.
Google akan menampilkan iklan di website tertentu berdasarkan berbagai faktor seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat audiens. Google juga hanya akan menampilkan iklan di website yang relevan dengan sebuah iklan.
Contohnya bisa kamu lihat pada gambar berikut ini:
3. Shopping Ads
Jika kamu seorang pebisnis yang menyediakan berbagai informasi produk, seperti gambar produk, harga, dan nama penjual, maka jenis iklan ini cocok kamu gunakan. Jenis iklan ini akan membantu kamu dalam menaikkan trafik website bisnis kamu.
Selain itu, kamu juga dapat menjangkau lebih banyak calon klien untuk meningkatkan pendapatan bisnis. Shopping ads juga membantu transaksi penjualan menjadi lebih mudah.
Berikut salah satu contoh shopping ads:
4. Video Ads
Google tidak hanya menyediakan iklan dengan format teks atau gambar. Ada juga iklan dengan format video untuk Youtube, yaitu Video Ads.
Video ads yaitu jenis iklan yang berupa video dan biasanya akan muncul ketika kamu membuka sebuah video di Youtube.
Jenis iklan ini memiliki beberapa tipe iklan yang bisa kamu pilih. Ada Skippable in-Stream Ads yang bisa di skip, Discovery Ads yang akan muncul di halaman hasil pencarian hingga Non-video Ads yang formatnya bisa berupa teks atau gambar.
Video ads dapat digunakan untuk berbagai tujuan bisnis, mulai dari meningkatkan brand awareness, product consideration, meningkatkan trafik website atau leads.
Untuk video ad, kamu bisa melihat contohnya pada gambar dibawah.
Baca juga: Apa itu Google Ads
5. Google AdMob
AdMob (Advertising on Mobile) adalah jenis iklan Google yang membantu kamu mempromosikan produk melalui aplikasi seluler. Melalui jenis iklan ini, banner iklan kamu akan muncul di aplikasi seluler yang digunakan pengguna.
Google AdMob bersifat multiplatform, artinya mendukung berbagai sistem seperti Android, WebOS, iOS, dan Windows Phone.
Jenis iklan ini cocok untuk bisnis yang menyediakan aplikasi seluler untuk para klien. Kamu juga dapat mempromosikan aplikasi seluler di mesin pencarian, Play Store, atau YouTube..
Iklan ini juga akan mendorong mereka agar mendownload aplikasi tersebut. Untuk mempromosikan aplikasi tersebut, kamu perlu menyediakan konten yang menarik, anggaran biaya yang dibutuhkan untuk mendownload (jika ada), dan beberapa penawaran menarik setelah mendownload aplikasi tersebut.
Berikut salah satu contoh iklan universal app campaign:
Jenis iklan yang Mana yang Akan Saya Gunakan?
Jika kamu seorang pemilik bisnis, dan berencana membuat iklan Google, ada banyak jenis iklan Google Ads yang bisa digunakan untuk menunjang upaya promosi produk yang kamu tawarkan.
Setiap jenis iklan Google menawarkan berbagai format sesuai dengan tujuan yang akan kamu capai. Jika kamu ingin meningkatkan brand awareness, kamu bisa menggunakan format iklan display ads atau video ads.
Tetapi jika kamu ingin mempromosikan aplikasi bisnis kamu, kamu bisa menggunakan jenis iklan Google AdMob. Kira-kira kamu akan menggunakan jenis iklan yang mana? Jangan lupa tulis di kolom komentar dibawah ya.
Jika kamu ingin mengoptimalkan kampanye iklan Google Ads dan memilih jenis iklan yang sesuai dengan tujuan bisnis kamu, kamu dapat mengandalkan jasa advertising agency seperti Whello. Dengan menggunakan jasa advertising agency, kamu dapat memastikan bahwa kampanye iklan kamu dioptimalkan dengan baik dan menghasilkan hasil yang menguntungkan untuk bisnis kamu.
Mengapa memilih jasa iklan Google dari Whello? Jika Anda belum mengetahui, Whello merupakan spesialis pemasaran digital yang memiliki pengalaman dalam mengatasi berbagai kebutuhan, mulai dari pembuatan situs web, pemasangan iklan, hingga pengoptimalan kesadaran merek (brand awareness).
Share juga artikel ini kepada teman-teman kamu yang lain, semoga bermanfaat.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!