Strategi pemasaran produk memiliki peranan yang penting dalam sebuah bisnis. Dengan adanya strategi ini akan membantu produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat dipromosikan secara efektif kepada target pasar yang tepat serta mempermudah kamu menjalin komunikasi dengan konsumen.
Bukan hanya itu, dengan strategi pemasaran yang jelas juga menguntungkan bagi orang-orang yang menjalankannya (tim bisnis). Koordinasi tim akan lebih terorganisasi, setiap tim dengan mudah mengetahui seperti apa pasar yang ditargetkan dan strategi pemasaran apa yang akan digunakan. Sehingga seluruh tim dalam bisnis kamu akan memiliki persepsi yang sama.
Namun, strategi pemasaran produk yang kamu gunakan juga harus sesuai dengan bisnis kamu. Saya akan mengajak kamu mempelajari 5 strategi pemasaran produk yang bisa kamu gunakan:
Daftar isi
1. Media sosial
Digital Information World mengatakan, pengguna media sosial menghabiskan 1 hingga 3 jam setiap harinya untuk mendapatkan berbagai informasi. Kamu bisa melihat faktanya pada gambar berikut:
Sumber: Digital Information World
Berdasarkan fakta diatas, media sosial menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis kamu. Banyak platform media sosial yang bisa kamu gunakan seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan platform media sosial lainnya. Tinggal pilih salah satu platform yang banyak digunakan oleh target bisnis kamu.
Berbicara mengenai manfaat media sosial itu sendiri, media sosial memberikan berbagai keuntungan untuk bisnis kamu.
- Sebagai tempat mengenalkan bisnis, baik melalui video, foto, ataupun deskripsi (caption).
- Sebagai sumber informasi seputar bisnis bagi para konsumen, misalnya mengenai diskon, promo, event, perubahan jam kerja, serta sharing sessions yang dapat dilakukan melalui media sosial.
- Sebagai tempat untuk berkomunikasi dengan konsumen, misalnya melalui komentar, direct message, atau chatting.
2. Blog dan SEO
Blog adalah konten yang berisi berbagai informasi yang relevan dengan bisnis kamu. Blog menjadi salah satu cara yang dapat mengedukasi (memberikan informasi yang bermanfaat) bagi konsumen agar mereka tertarik menggunakan produk atau jasa kamu.
Bagaimana cara membuat blog? Tinggal tambahkan menu blog pada website kamu dan memasukkan konten (artikel) yang berkualitas.
Sedangkan SEO (Search Engine Optimization) adalah optimalisasi website untuk mesin pencarian agar mendapatkan peringkat yang lebih baik pada hasil pencarian secara organik. Nah untuk SEO sendiri membutuhkan effort yang lebih besar dalam melakukan optimasinya karena memang tingkat persaingannya sulit dan cukup kompetitif. Alternatifnya kamu bisa menggunakan jasa SEO.
Blog dan SEO akan membantu bisnis kamu memiliki reputasi yang bagus serta mudah ditemukan secara online. Berikut salah satu bisnis yang membuat blog pada website mereka:
3. Influencer
Memanfaatkan seorang influencer atau lebih dikenal dengan “Influencer Marketing” juga menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis kamu. Seorang influencer adalah mereka yang memiliki banyak follower dan dipercaya oleh follower mereka. Sehingga produk atau jasa yang mereka gunakan bisa mempengaruhi para follower untuk mencoba dan membeli produk tersebut.
Influencer itu sendiri merupakan seorang artis, selebgram, youtuber, dan blogger. Tetapi sebelum bekerjasama dengan seorang influencer, ada 3 jenis yang perlu kamu ketahui:
- Micro influencer.
- Makro influencer.
- Mega influencer.
Masing-masing jenis influencer diatas memiliki kelebihan dan kekurangan yang tersendiri, apa saja? Temukan jawabannya pada artikel sebelumnya mengenai pengertian dan jenis-jenis influencer marketing.
Berikut salah satu bisnis yang memanfaatkan seorang influencer sebagai strategi pemasaran produk mereka:
Sumber: Sin.sr’s Instagram
4. Video
Membuat konten video (video marketing) juga menjadi salah satu strategi pemasaran produk untuk bisnis kamu. Strategi ini juga strategi yang banyak disukai oleh calon konsumen sebelum mereka menggunakan atau membeli suatu produk.
Hal ini dibuktikan dari data research yang dilakukan oleh Hubspot, lebih dari 50% calon konsumen lebih suka melihat suatu produk menggunakan konten video dibandingkan jenis konten lainnya.
Kamu bisa lihat datanya pada gambar berikut:
Sumber: Hubspot
Bagaimana cara membuat konten video?
- Evaluasi konten yang kamu butuhkan agar video yang kamu buat relevan dengan bisnis kamu.
- Buat rancangan video menggunakan storyboard atau script.
- Gunakan beberapa device dan aplikasi untuk menghasilkan video yang berkualitas.
- Lakukan SEO marketing agar video kamu mudah ditemukan oleh calon konsumen.
- Pilih tempat pemasaran video yang tepat (website, media sosial, atau Youtube).
Itulah 5 cara yang bisa kamu lakukan ketika menggunakan konten video sebagai strategi pemasaran produk, untuk penjelasan lebih lengkapnya kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai 5 cara mudah membuat video marketing.
Berikut salah satu contoh bisnis yang menggunakan konten video sebagai salah satu strategi pemasaran produk mereka:
Sumber: Thisisapril’s Instagram
Baca juga: 5 Strategi SEO untuk Video Marketing
5. Affiliate Marketing
Affiliate marketing yaitu program mempromosikan produk melalui partner tertentu untuk membantu strategi pemasaran menjadi lebih impactful.
Affiliate marketing tidak hanya menguntungkan bagi bisnis kamu, tetapi juga memberikan keuntungan bagi partner afiliasi bahkan bagi calon konsumen.
Bagi pemilik bisnis, affiliate marketing akan mempermudah bisnis kamu dikenal oleh banyak orang karena akan ada orang lain (partner) yang akan membantu mempromosikan produk atau jasa kamu.
Bagi partner afiliasi akan mendapatkan komisi dari setiap penjualan produk, tentu ini menjadi salah satu cara yang mudah untuk mendapatkan uang kan?
Dan bagi calon konsumen, mereka bisa mendapatkan berbagai promo menarik melalui kode voucher atau link yang disebarkan oleh partner afiliasi.
Mungkin sekarang kamu masih bingung dengan affiliate marketing ini, jangan khawatir kamu bisa membaca artikel mengenai affiliate marketing. Pada artikel tersebut kamu akan menemukan apa itu affiliate marketing, cara kerja affiliate marketing, serta kelebihan melakukannya.
Baca juga: Tips Melakukan Affiliate Marketing
Sebagai permulaan, konsisten dengan satu atau dua strategi saja untuk menghindari kegagalan. Untuk mempermudah kamu menentukan strategi pemasaran yang cocok untuk bisnis kamu, lakukan 3 hal berikut:
- Tentukan target konsumen yang tepat.
- Cari tahu strategi pemasaran yang dilakukan oleh kompetitor.
- Pilih channel marketing yang tepat.
Jika kamu masih bingung atau mengalami kesulitan untuk melakukannya, kamu bisa tinggalkan komen di kolom komentar, atau hubungi call center Whello untuk konsultasikan bisnis kamu, Whello akan membantu menemukan strategi pemasaran produk yang cocok untuk bisnis kamu.
Semoga bermanfaat.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!