Search term, atau istilah pencarian yang digunakan oleh pengguna untuk menemukan iklan kamu, memiliki peran penting dalam menentukan seberapa efektif kampanye iklan kamu.
Dalam artikel ini, kita akan membahas secara mendalam tentang apa itu search term, mengapa penting untuk memahaminya, dan strategi yang dapat kamu gunakan untuk mengoptimalkan penggunaan search term dalam kampanye Google Ads kamu.
Daftar isi
Pengertian Search Term
Search terms atau search query merupakan kumpulan kata maupun frasa yang dimasukkan seseorang pada kolom pencarian di mesin pencari.
Kumpulan kata tersebut umumnya adalah kombinasi dari beragam kata kunci. Pada saat seseorang memasukkan search query, hasil yang diharapkan akan tampil dalam bentuk SERP atau search engine result page.
Pentingnya Search Term dalam Google Ads
Setiap kali kamu melakukan campaign Google Ads, kamu harus mengecek data terkait search terms tersebut secara rutin. Bahkan, banyak yang menyarankan bahwa kamu harus melakukan pengecekan setiap hari.
Tujuannya agar kamu dapat memastikan traffic maupun pengunjung yang masuk di website sesuai dengan yang kamu tawarkan.
Untuk mencapai tujuan tersebut, kamu perlu melakukan analisis serta memahami terlebih dahulu kebutuhan pengguna sebelum mereka mengklik iklan kamu.
Contohnya ketika kamu berfokus pada bisnis e-commerce yang menghadirkan produk berupa sepatu olahraga. Misalnya, kamu ingin traffic dari search terms “sepatu lari terbaik”, “beli sepatu online”, dan sebagainya.
Ketika pencarian yang muncul yaitu “sepatu pesta” atau “sepatu formal” menandakan ada data yang mesti kamu perbaiki, khususnya kata kunci yang digunakan. Meskipun begitu, pada prosesnya kamu juga bisa menemukan pencarian yang malah tak sesuai dengan bisnis kamu.
Kamu seharusnya bisa mengatur Google Ads agar tidak menampilkan iklan sesuai pencarian tertentu. Contohnya, kamu dapat menetapkan “sepatu pesta” sebagai pencarian negatif untuk sepatu olahraga yang kamu tawarkan.
Nantinya, iklan kamu tak akan dimunculkan pada pengguna yang ingin mencari “sepatu pesta”. Cara tersebut juga bertujuan untuk menghemat biaya iklan serta memastikan bahwa kamu hanya menjangkau audiens atau pengunjung yang relevan.
Perbedaan Search Terms dan Keyword
Berikut beberapa perbedaan search terms dan keyword yang perlu kamu ketahui:
A. Search Terms (Istilah Pencarian)
- Definisi: Search terms adalah kata-kata atau frasa yang digunakan oleh pengguna saat mereka melakukan pencarian di mesin pencari seperti Google.
- Sumber: Search terms berasal dari apa yang sebenarnya diketikkan oleh pengguna dalam mesin pencari.
- Spesifik: Search terms bersifat spesifik dan dapat beragam, tergantung pada apa yang benar-benar dicari oleh pengguna.
B. Keywords (Kata Kunci)
- Definisi: Keywords adalah kata-kata atau frasa yang ditentukan oleh pemilik bisnis atau pemilik iklan untuk menargetkan iklan mereka pada mesin pencari.
- Sumber: Keywords ditentukan oleh pemilik kampanye iklan berdasarkan analisis, penelitian, dan strategi pemasaran mereka.
- Tujuan: Keywords digunakan untuk menentukan kapan iklan akan muncul di hasil pencarian yang sesuai dengan kata kunci yang telah ditetapkan.
3 Cara Mengoptimalkan Search Terms
Tujuan dari mengoptimalkan search query ini yaitu bagaimana bisnis kamu memperoleh peringkat terbaik di mesin pencarian. Kira-kira apa yang harus kamu lakukan? Berikut adalah 3 cara untuk mengoptimalkannya:
1. Tentukan Keyword yang Relevan
Sebagai langkah awal, kamu perlu menentukan kata kunci yang sesuai. Keyword memegang peran sangat penting dalam pencarian di Google. Para pengguna akan memakai keyword untuk bisa mendapatkan hasil yang relevan.
Bagi kamu yang ingin peringkat website atau bisnis kamu lebih baik, maka pilihlah kata kunci yang tepat. Lalu bagaimana cara melakukannya? Pertama, kamu perlu riset keyword terlebih dahulu.
Riset keyword membantu kamu dalam menemukan istilah maupun frasa yang relevan dengan website, halaman, maupun bisnis kamu. Kemudian, kamu juga sebaiknya lebih fokus pada long tail keyword berupa 3 kata atau lebih.
Kata kunci tersebut sangat menguntungkan untuk bisnis kamu. Pasalnya, long tail keyword dapat mempermudah mesin pencari memahami website. Dengan demikian, dapat mengarahkan ke traffic yang lebih relevan untuk website kamu.
2. Buat Konten Berkualitas
Selain menggunakan keyword relevan, tentunya dalam mengoptimalkan search terms ini kamu perlu menghadirkan konten. Tanpa konten, sangat sulit mendapatkan peringkat tinggi di search engine. Akan tetapi, bukan sekadar konten yang kamu hadirkan melainkan konten berkualitas.
Konten berkualitas akan lebih menarik pengunjung untuk mengakses website kamu. Meskipun begitu, pastikan konten yang kamu hadirkan tersebut sesuai kata kunci yang sebelumnya telah kamu riset.
3. Optimalkan Website
Jika kamu ingin website muncul di search engine, maka sangat penting untuk mengoptimalkannya. Para pengguna pasti tak ingin mengakses website yang penuh dengan masalah, misalnya mengakses website yang lambat.
Kondisi tersebut akan memberikan user experience negatif pada pengunjung. Akibatnya, semakin sedikit orang yang mengakses website kamu sehingga peringkat di mesin pencari pun akan semakin menurun.
Oleh karena itu, pastikan website dapat memberikan pengalaman terbaik bagi user. Adapun kriteria website user friendly di antaranya yaitu mudah dan cepat diakses, memiliki menu navigasi yang jelas, responsif, dan kombinasi warna yang sesuai.
Sudah Paham Tentang Search Term?
Itulah beberapa penjelasan mengenai search terms, mulai dari pengertian, pentingnya dalam Google Ads hingga cara efektif untuk mengoptimalkannya. Bagi kamu yang memerlukan jasa iklan Google terpercaya, Whello Indonesia bisa menjadi pilihan tepat.
Kami berpengalaman selama lebih dari 7 tahun sebagai jasa digital marketing dan telah membantu klien dengan berbagai kebutuhan mereka. Tingkatkan trafik website dan konversi bisnis melalui Google Ads bersama SEA (Search Engine Ads) specialist yang berpengalaman dari Whello.
Dengan menggunakan materi iklan yang menarik dan strategi targeting yang spesifik, brand kamu dapat mencapai kesuksesan dengan lebih cepat dan mengalahkan kompetitor.
Buat iklan bertarget bersama Whello dan konversi traffic menjadi pembelian, kamu bisa menghubungi kontak Whello untuk berdiskusi dengan salah satu tim Whello atau melihat portofolio Whello terlebih dahulu.
Apa yang dimaksud dengan Google Search Ads?
Google Ads merupakan program pengiklanan Google. Melalui Google Ads, kamu bisa membuat iklan online sehingga mampu menjangkau lebih banyak orang secara tepat.
Bagaimana cara beriklan di Google Adwords?
Pada akun Google Ads kamu, klik ikon “Campaign”. Klik drop-down Campaign pada menu “Bagian”. Klik Campaign. Pilih tombol plus. Tambahkan campaign baru. Silakan menentukan satu maupun beberapa sasaran untuk campaign kamu. Langkah berikutnya, memilih “Penelusuran”. Pilih hasil sesuai yang ingin kamu peroleh dari campaign tersebut. Klik “Lanjutkan”.
Apa yang dimaksud dengan search term?
Search terms adalah serangkaian term maupun kalimat yang dipakai pengguna untuk menemukan sesuatu yang mereka cari di mesin pencari. Term tersebut juga dapat memicu munculnya iklan.
Apa beda SEO dan Google Ads?
Google Ads atau Google Adwords merupakan layanan berbayar. Sementara SEO merupakan layanan yang dapat dioptimasi secara organik. Untuk itu, SEO seharusnya tak harus membuat kamu mengeluarkan dana agar dapat memaksimalkan trafik.
Berapa jenis kampanye iklan Google Ads?
Search Network atau Jaringan Penelusuran. Display Network atau Jaringan Display. Google Video. Google Shopping. Google Play atau Google Aplikasi.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Mengenal Aged Domain? Apakah Termasuk Ranking Factor?
Optimalkan website dengan cepat menggunakan aged domain. Pelajari kelebihan, kekurangan hingga ciri-ciri aged domain yang bagus di sini!
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!