TikTok Pixel menjadi salah satu alat yang memungkinkan kamu untuk melacak aktivitas pengguna pada platform TikTok. Dengan menggunakan alat ini, kamu bisa mengoptimasi kampanye, meningkatkan peluang konversi, hingga memantau perilaku pengguna pada website kamu.
Kamu bisa memperoleh hasil maksimal dari iklan yang kamu buat dengan mengukur kinerjanya melalui alat ini. Penasaran bagaimana cara memasang alat ini pada website kamu? Baca artikel ini sampai selesai, ya!
Daftar isi
Apa Itu TikTok Pixel?
TikTok Pixel adalah sebuah alat pelacakan yang bisa digunakan untuk mengukur dan menganalisis aktivitas pengguna di platform TikTok. Mulai dari aktivitas pembelian, pendaftaran, atau tindakan lain yang relevan dengan tujuan pemasaran.
Alat ini mirip dengan Facebook Pixel dan Google Analytics yang juga bisa melacak perilaku pengguna. Keberadaan alat ini akan membantu untuk mengoptimalkan kampanye iklan TikTok dengan targeting yang sesuai.
Untuk menggunakannya, kamu perlu membuat pengaturan tertentu melalui akun TikTok Ads dan mengintegrasikannya dengan website kamu. Setelah itu, kamu bisa mulai melacak dan menganalisis perilaku pengguna yang berkaitan dengan kampanye pemasaran kamu di TikTok.
Cara Memasang TikTok Pixel pada Website
Memasang TikTok Pixel pada website relatif mudah, karena kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah berikut ini:
1. Pertama-tama, masuk ke TikTok Business Account. Apabila kamu belum memiliki akun TikTok for Business, silahkan daftar terlebih dahulu.
2. Setelah berhasil masuk, arahkan kursor ke menu bar, lalu pilih opsi “Aset” dan klik “Peristiwa“.
3. Nantinya, kamu akan melihat pilihan untuk “Kelola” atau “Manage” pada bagian Website Pixel. Pilihlah opsi ini untuk melanjutkan.
4. Kemudian, kamu akan melihat opsi untuk “Buat Pixel”, lalu pilih “TikTok Pixel”.
5. Berikan nama pada pixel yang akan kamu buat.
6. Selanjutnya, pilih opsi “Manually install pixel code”.
7. Setelah itu, klik “Next” untuk melanjutkan proses konfigurasi. Kamu akan diberikan pilihan untuk mengatur mode. Mode “Standar” adalah yang paling direkomendasikan.
8. Setelah kamu menyelesaikan langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk menyimpan dan menyalin Pixel ID yang telah dibuat. ID ini akan berguna dalam proses pemasangan TikTok Pixel pada website kamu.
Setelah berhasil membuat TikTok Pixel, langkah selanjutnya adalah memasangnya secara manual di website kamu. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
9. Untuk melakukan instalasi manual, kamu perlu menempelkan (paste) kode pixel TikTok pada tag <head> dan tag </head> sebagai penutupnya. Kode pixel harus ditempelkan antara kedua tag ini untuk memastikan pelacakan berfungsi dengan baik.
10. Beberapa template website mungkin memiliki opsi yang berbeda, seperti “Script Header and Footer.” Dalam hal ini, kamu harus menempelkan kode pada bagian header.
11. Pastikan untuk memeriksa pengaturan tema website kamu atau dapat juga meminta bantuan dari web developer kamu jika kamu merasa kesulitan.
Ingatlah untuk hanya menempelkan kode pixel sekali. Hindari menambahkan kode pixel berulang kali ke bagian header website kamu, karena hal ini dapat mengakibatkan masalah pelacakan yang tidak diinginkan.
Cara Membuat Tiktok Pixel dengan Google Tag Manager (GTM)
Langkah lain yang bisa kamu coba untuk memasang TikTok Pixel adalah dengan menginstal Google Tag Manager (GTM). Apa itu Google Tag Manager?
Singkatnya, Google Tag Manager adalah alat manajemen tag yang Google kembangkan agar pengelola website dan marketer bisa mengelola kode pelacakan dan tag. Kode dan tag tersebut diperlukan untuk melacak perilaku pengguna dan mengumpulkan data analitik di website.
Setelah berhasil memasang Google Tag Manager, langkah berikutnya adalah menghubungkannya dengan akun kamu. Berikut adalah cara melakukannya:
- Setelah menginstal Google Tag Manager, lanjutkan dengan memilih opsi “Install Pixel code by 3rd party tool“. Lalu, klik tombol “Next” untuk melanjutkan.
- Klik pada opsi “Hubungkan ke akun Google” untuk menghubungkan Google Tag Manager dengan akun Google kamu.
- Pilih akun Google yang sesuai, lalu pilih penampung (container) dan workspace yang ingin kamu gunakan di Google Tag Manager kamu.
- Setelah itu, tekan tombol “Next” untuk melanjutkan.
Dengan mengikuti langkah-langkah ini, kamu telah berhasil menghubungkan Google Tag Manager dengan akun kamu.
Cara Kerja TikTok Pixel
TikTok Pixel memungkinkan kamu memantau dan meningkatkan efektivitas kampanye iklan kamu di TikTok. Cara kerjanya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuat TikTok Pixel dari akun TikTok Ads Manager dan memasang kode pixel khusus pada website kamu, biasanya di halaman header atau footer.
Setelah itu, alat ini akan mulai melacak interaksi pengguna, termasuk kunjungan halaman, keranjang belanja, pembelian, dan tindakan lainnya. Kamu juga dapat melacak konversi, misalnya seberapa banyak pengguna yang menyelesaikan pembelian setelah mengklik iklan TikTok kamu.
Dengan data yang berhasil TikTok Pixel kumpulkan, kamu bisa mengoptimalkan kampanye iklan. Data-data tersebut akan membantu meningkatkan efisiensi dan efektivitas iklan dengan menyesuaikan target audiens, penawaran, dan pesan iklan.
Kamu juga dapat menggunakan retargeting untuk menargetkan ulang pengguna yang telah berinteraksi dengan website atau iklan pemasaran kamu. Dengan retargeting, kamu bisa menargetkan pengguna yang sudah menunjukkan minat pada produk atau layanan kamu sebelumnya.
Data yang terkumpul dapat membantu kamu untuk mengoptimalkan kampanye iklan dan memberikan wawasan analitik. Ini bisa mencakup metrik seperti perilaku pengguna, jumlah konversi, biaya per konversi, retensi pelanggan, dan Return on Investment (ROI).
Sudah Tahu Cara Pasang TikTok Pixel dan Mengaturnya?
Pada dasarnya, penggunaan TikTok Pixel tergolong cukup mudah. Tergantung bagaimana kamu dapat mengikuti setiap langkah demi langkah di atas agar pemasangannya dapat berhasil dan menghasilkan data yang akurat.
Dengan ini kamu sudah dapat menganalisis keberhasilan dari kampanye iklan kamu pada TikTok. Namun, bagi kamu yang masih pemula di dunia kampanye online, kamu bisa menggunakan jasa iklan sosial media dari Whello.
Sebagai digital marketing agency, Whello menyediakan layanan iklan sosial media yang bisa membantu kamu membangun brand awareness yang kuat dan mencapai target pemasaran kamu. Yuk langsung kontak Whello untuk informasi lebih lanjut!
Apa itu Pixel di TikTok?
TikTok Pixel adalah sebuah alat pelacakan yang bisa pemilik website gunakan untuk mengukur dan menganalisis aktivitas pengguna di platform TikTok. Mulai dari aktivitas pembelian, pendaftaran, atau tindakan lain yang relevan dengan tujuan pemasaran.
Apa Manfaat Menggunakan TikTok Pixel?
TikTok Pixel memberikan wawasan tentang perilaku pengguna di website setelah mereka melihat iklan TikTok. Kamu dapat melacak konversi, mengoptimalkan kampanye iklan berdasarkan tindakan pengguna, dan membuat audiens yang lebih tersegmentasi untuk iklan berikutnya.
Apakah TikTok Pixel Gratis Digunakan?
Ya, TikTok Pixel gratis digunakan. Namun, kamu harus membayar untuk iklan TikTok yang dijalankan. TikTok Pixel adalah alat gratis yang disediakan oleh TikTok untuk membantu mengoptimalkan kinerja iklan kamu.
Bagaimana Cara Menghapus TikTok Pixel dari Situs Saya?
Jika kamu memutuskan untuk tidak menggunakan TikTok Pixel lagi, kamu dapat menghapus potongan kode JavaScript dari website kamu. Setelah itu, data yang terkait dengan pixel tersebut tidak akan lagi dikumpulkan.
Boost omset bisnis online kamu dengan Social Media Marketing!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi social media marketing yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!