Google Discover adalah fitur yang diperkenalkan oleh Google untuk memberikan pengalaman personalisasi kepada pengguna dengan menampilkan konten yang relevan dan menarik di halaman dashboard pengguna.
Berbeda dengan pencarian tradisional di Google, Google Discover menampilkan konten secara otomatis berdasarkan minat dan aktivitas pengguna tanpa perlu searching secara aktif.
Ingin tahu lebih lanjut? Yuk simak penjelasan mengenai Google Discover di artikel berikut ini!
Daftar isi
Apa itu Google Discover?
Google Discover adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menemukan konten yang relevan dan menarik tanpa perlu melakukan pencarian. Fitur ini bekerja berdasarkan preferensi dan aktivitas pengguna yang disimpan oleh Google.
Konten yang muncul di Google Discover beragam, mulai dari artikel berita, artikel blog, video, hingga gambar. Tujuan utama Google Discover adalah memberikan pengalaman yang lebih personal kepada pengguna dengan menampilkan konten yang sesuai dengan minat mereka.
Perbedaan Google Discover dan Google Feed
Beberapa dari kamu mungkin bertanya-tanya tentang perbedaan antara Google Discover dan Google Feed. Pada dasarnya, Google Discover adalah nama baru untuk layanan sebelumnya yang dikenal sebagai Google Feed.
Meskipun demikian, ada beberapa pembaruan yang membuat Google Discover dan Google Feed terlihat berbeda. Berikut penjelasannya:
A. Penyesuaian Pengguna
Pada Google Discover, Pengguna kini memiliki kontrol yang lebih besar atas konten yang mereka lihat. Mereka dapat membuat custom Discover agar hanya menampilkan konten yang mereka inginkan.
Discover juga memiliki menu “Control” yang memungkinkan pengguna untuk memberi tahu Google apakah mereka ingin melihat lebih banyak atau lebih sedikit dari suatu topik.
B. Tampilan UI/UX
Google Discover memiliki tampilan yang lebih menarik secara visual dengan pembaruan terbaru dalam UI/UX. Fitur-fitur baru yang ditambahkan juga dibuat untuk pengalaman pengguna lebih mudah.
C. Tipe Konten
Sebelumnya, Google Feed cenderung hanya menampilkan konten berita atau media-styled content. Namun, dengan adanya Google Discover, berbagai tipe konten baru semakin ditambahkan ke halaman tersebut.
D. Lokasi
Selain tersedia di aplikasi Google, Discover kini juga dapat diakses melalui berkamu browser Google. Ini memungkinkan pengguna untuk dengan mudah berinteraksi dengan topik yang mereka inginkan pada feed mereka.
Cara Memasukkan Konten Website ke Google Discover
Memasukkan konten kamu ke Discover tidak jauh berbeda dengan SEO biasa, dan tidak ada persyaratan yang ketat. Dalam hal ini, semua prinsip dasar SEO tetaplah berlaku, jadi terapkanlah strategi SEO kamu dan patuhi pedoman serta kebijakan Google.
Menurut Google, ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan agar konten website muncul di Google Discover, seperti:
1. Buatlah Konten yang Menarik
Jika kamu ingin konten muncul di Google Discover, konten kamu harus menjadi titik fokus untuk semua yang kamu lakukan. Jangan asal menghasilkan konten, melainkan buatlah konten yang sangat menarik dan berkualitas tinggi yang bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang mungkin dimiliki oleh pembaca kamu.
2. Posting Tepat Waktu
Google Discover dapat menemukan konten dalam waktu singkat, sehingga posting-lah konten kamu tepat waktu, dan konten tersebut memiliki peluang lebih tinggi untuk tampil dengan baik di Discover.
Sebagai tambahan, lihatlah topik yang sedang tren atau subjek populer di industri kamu dan tulislah tentang hal tersebut.
Konten yang sedang trend akan lebih mudah untuk masuk dalam Google Discover. Namun perlu diingat bukan hanya konten baru yang memiliki peluang bagus untuk muncul di Discover. Konten yang berkualitas tinggi dan selalu ada juga bisa tampil dengan baik.
3. Tingkatkan Konten Kamu
Cara terbaik untuk masuk ke Discover adalah menulis konten yang lebih baik daripada orang lain. Tentu saja, jika kamu memiliki konten dengan brand tertentu, mungkin akan lebih mudah untuk masuk.
Tetapi jika konten kamu tentang topik umum dan kamu menghadapi persaingan, kamu harus fokus pada kualitas. Telitilah terhadap audiens, kompetitor, dan industri kamu, lalu tulislah artikel terbaik tentang topik yang relevan.
Sebagai contoh, kamu bisa melihat apa yang dilakukan pesaing kamu. Apakah konten mereka muncul di Discover? Jika iya, coba cari tahu bagaimana mereka melakukannya. Menurut kamu, mengapa konten tersebut bisa masuk? Cobalah untuk menganalisa kesuksesan mereka tanpa meniru.
4. Penulisan Judul yang Deskriptif
Salah satu langkah penting adalah menciptakan judul atau tag judul yang deskriptif namun tidak menyesatkan. Hindari judul yang clickbait atau berlebihan karena dapat menyebabkan konten kamu tidak memenuhi syarat untuk ditampilkan di Discover.
Google juga menyarankan penggunaan judul yang mencerminkan inti konten tanpa menggunakan taktik menyesatkan.
5. Penggunaan Elemen Visual Berkualitas Tinggi
Jika kamu ingin konten kamu muncul di Discover, maka konten tersebut harus memiliki elemen visual berkualitas tinggi. Gambar dan video harus jelas serta relevan dengan konten yang dibuat.
Google menyarankan gambar dengan lebar minimal 1.200 px dan diaktifkan melalui pengaturan AMP atau “max-image-preview:large“. Selain itu, hindari penggunaan logo situs sebagai gambar unggulan.
Pertimbangkan juga berbagai jenis visual seperti infografis, GIF, screenshot, kutipan, atau visualisasi data untuk menyempurnakan konten.
Tentu saja, hal ini juga berlaku untuk video. Jika kamu memiliki video yang bagus tentang suatu topik, tambahkan ke konten. Karena konten video semakin penting dari hari ke hari, memiliki video berkualitas tinggi akan memberikan keuntungan tersendiri.
6. Menerapkan Prinsip E-A-T
Prinsip E-E-A-T (Experience, Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness) dirancang untuk memastikan konten berkualitas tinggi. Jadi sebagai pemilik website, terapkanlah prinsip ini dalam membuat konten.
Pastikan juga penulis konten memiliki pengalaman dan keahlian dalam bidangnya, situs memiliki otoritas, dan informasi yang disajikan dapat dipercaya dan dipertanggungjawabkan.
Tujuan utama Google adalah memberikan informasi relevan dan bermanfaat kepada pengguna, oleh karena itu, konten yang unik, informatif, dan berkualitas tinggi lebih cenderung muncul di halaman Discover.
Meskipun kamu tidak perlu menerapkan bagian khusus dari data terstruktur Schema untuk menampilkan konten kamu di Google Discover, namun masuk akal jika kamu memastikan bahwa penerapan Schema markup kamu adalah yang terbaik.
Selain itu, mendeskripsikan konten kamu dengan baik juga berlaku untuk apa yang terjadi di balik layar. Jika kamu mendukung entities kamu dengan data terstruktur yang bagus, search engine dapat menggunakan data tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konten kamu.
7. Mencoba Google Web Stories
Kebanyakan konten Discover adalah konten secara seluler. Untuk menjangkau pengguna, ada satu tool yang biasa digunakan, yaitu Web Stories.
Web Stories adalah cerita visual seluler yang dirancang oleh Google untuk konten yang lebih baik. Ini adalah sosial media versi Google dimana kamu bisa mendapatkan konten dari Facebook, Snapchat, dan Instagram. Tool ini bersifat terbuka dan dapat ditemukan di penelusuran dan Google Discover.
Cara Cek Traffic Google Discover di Google Search Console
Google Search Console adalah tool yang akan membantu memperoleh insights tentang performa situs kamu di penelusuran dan Discover. Di GSC, terdapat tab khusus yang memungkinkan kamu menganalisis performa konten di Discover.
Kamu bisa mengaksesnya dengan memilih tab Performance dan klik bagian Discover. Di sini, kamu dapat menemukan keseluruhan traffic kamu selama periode yang lebih lama. Selain itu, kamu juga bisa menganalisa trafik yang dihasilkan oleh postingan tertentu.
Gunakan insights ini untuk mempelajari apa yang dilakukan konten kamu. Contohnya kamu bisa memulai dengan pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apakah hasilnya merupakan traffic yang terus menerus, atau lonjakan?
- Mengapa postingan tertentu mendapat banyak traffic pada hari tertentu?
- Apakah kamu puas dengan traffic tersebut?
- Apa yang bisa kamu tingkatkan untuk menaikkan traffic?
Sudah Paham Tentang Google Discover?
Google Discover memiliki peran yang sangat penting dalam strategi konten website. Dengan kemampuannya untuk menampilkan konten yang relevan dan menarik kepada pengguna berdasarkan minat dan aktivitas mereka, Google Discover menjadi salah satu sumber penting untuk meningkatkan traffic organik dan eksposur konten website.
Selain itu, jika kamu masih bingung atau ragu dalam menyusun strategi konten SEO, kamu dapat mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan jasa SEO Whello.
Whello menyediakan paket layanan optimasi dan konsultasi SEO yang dapat membantu meningkatkan visibilitas website di SERP. Salah satunya adalah membantu konten kamu agar muncul di Google Discover dengan cepat. Yuk langsung konsultasikan goals kamu dengan Whello secara gratis!
Apa itu Google Discover?
Google Discover adalah fitur dari Google yang menampilkan konten yang relevan dan menarik kepada pengguna berdasarkan minat dan aktivitas mereka, tanpa perlu melakukan pencarian aktif.
Bagaimana Google Discover Berbeda dari Pencarian Google?
Google Discover menampilkan konten secara otomatis berdasarkan minat pengguna, sementara pencarian Google memerlukan pengguna untuk mencari konten secara aktif menggunakan kata kunci tertentu.
Bagaimana Google Menentukan Konten yang Ditampilkan di Google Discover?
Google menggunakan algoritma yang kompleks untuk menentukan konten yang akan ditampilkan di Google Discover. Faktor-faktor seperti minat pengguna, sejarah pencarian, dan interaksi sebelumnya dengan konten dipertimbangkan.
Apakah Google Discover Menggunakan Kata Kunci untuk Menampilkan Konten?
Meskipun Google Discover tidak bergantung pada kata kunci seperti pencarian Google, kata kunci masih dapat mempengaruhi pemilihan konten jika konten tersebut relevan dengan minat pengguna.
Bagaimana Cara Konten Website Saya Muncul di Google Discover?
Untuk konten website kamu muncul di Google Discover, pastikan konten kamu relevan, informatif, dan menarik bagi audiens target kamu. Selain itu, optimalkan SEO konten kamu dan pastikan situs kamu dioptimalkan untuk pengalaman pengguna mobile.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!