3 Jenis Iklan PPC yang Wajib Kamu Ketahui

2 menit

Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas apa itu PPC dan 4 alasan pentingnya PPC bagi bisnis online kamu. Untuk beriklan dengan metode PPC kamu dapat menggunakan platform Google Ads, Facebook Ads, dan Instagram Ads.

Kamu bisa menggunakan salah satu atau semua platform tersebut secara bersamaan. Tetapi kamu juga harus menyesuaikan kembali dengan kebutuhan bisnis kamu, agar tidak membebani anggaran biaya iklan. Jika target audiens kamu menggunakan Instagram, maka gunakan platform Instagram Ads.

Apa saja jenis layanan dari ketiga platform tersebut? Berikut penjelasannya:

1. Google Ads

Google Ads merupakan tools yang disediakan oleh Google untuk beriklan di mesin pencari google. Dengan menggunakan Google Ads, kamu bisa menampilkan iklan di hasil pencarian Google menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu.

Jenis PPC dengan Google Ads memungkinkan kamu untuk mendapatkan banyak calon klien yang lebih banyak.

Hal tersebut dibuktikan dari data Global Stats Counter yang menunjukkan bahwa, di Indonesia, Google memiliki pangsa pasar pada mesin pencarian sebesar 97,09 persen, yahoo sebesar 1,65, dan Bing sebesar 0,83 persen.

Berikut data yang dihasilkan:

Sumber: Global Stats Counter

Berikut contoh iklan PPC menggunakan Google Ads:

Untuk mendaftarkan bisnis kamu pada Google Ads, kamu bisa melakukan pendaftaran pada website resmi Google Ads.

2. Facebook Ads

Facebook Ads merupakan jasa iklan yang disediakan oleh Facebook. Dengan banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, menjadikan platform ini efektif untuk menjangkau banyak calon klien dari pengguna Facebook.

Hal ini dibuktikan dengan data riset yang dilakukan oleh Kata Data, mengatakan bahwa pengguna Facebook selalu meningkat di setiap tahunnya. Diketahui pada tahun 2018, pengguna Facebook mencapai hingga 2,2 Miliar user.

Berikut hasil data riset pengguna Facebook yang dihasilkan:

Sumber: Kata Data

Dan gambar dibawah ini merupakan salah satu contoh iklan menggunakan Facebook Ads:

Sebelum membuat iklan PPC menggunakan Facebook Ads, kamu harus memiliki halaman Facebook sendiri. Setelah itu, kamu bisa mendaftarkan bisnis kamu pada Facebook Ads.

Untuk lebih mengenal Facebook Ads, kamu bisa baca artikel sebelumnya mengenai apa itu facebook ads?. Kamu juga bisa baca tips sukses melakukan Facebook ads.

3. Instagram Ads

Platform lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan PPC yaitu menggunakan Instagram Ads. Sebenarnya Instagram Ads merupakan salah satu bagian dari Facebook. Sehingga ketika kamu membuat iklan menggunakan Facebook Ads, secara otomatis kamu sudah membuat iklan Instagram Ads.

Instagram ads juga efektif untuk menjangkau banyak calon klien. Berdasarkan data riset yang didapatkan dari Napoleon Cat mengatakan, pengguna Instagram di Indonesia pada bulan Februari 2019 mencapai hingga 62 juta user.

Berikut data yang dihasilkan:


Sumber: Napoleon Cat

Contoh iklan PPC menggunakan Instagram Ads

Sama seperti membuat Facebook Ads, sebelum membuat iklan Instagram Ads, kamu juga harus mempunyai halaman Facebook terlebih dahulu sebelum membuat Instagram Ads. Kemudian melakukan pendaftaran di Facebook manager.

Nah, itulah beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat iklan PPC. Kamu akan gunakan platform yang mana?

1+

Bisnis

Baca artikel lainnya agar bisnis kamu bisa meraih kesuksesan di dunia digital marketing!

Baca selengkapnya

Ingin Sukses di Dunia Digital?

Sudah saatnya bisnis kamu dikenal oleh banyak orang.Segera hubungi Whello untuk mendapatkan penawaran menarik!

Hubungi kami


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *