4 Alasan Bisnis Online Kamu Butuh Email Marketing

2 menit

Email marketing menjadi salah satu media yang efektif untuk berbagai jenis industri, hal ini dikarenakan email dapat dikirim ke calon klien yang lebih tertarget dan biaya yang dikeluarkan juga murah.

Selain itu, penggunaan email marketing juga yang terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dari penelitian yang dilakukan oleh The Radicati Group.

Berikut hasil penelitiannya:

Sumber: The Radicati Group

Pada hasil penelitian di atas dapat dilihat, penggunaan email di dunia pada tahun 2015 berjumlah 2.586 orang, pada tahun 2016 berjumlah 2.672 orang, dan terus meningkat hingga tahun 2019.

Oleh karena itu, sebuah bisnis online membutuhkan email marketing sebagai media promosi produk atau jasa yang ditawarkan. Berikut 4 alasan bisnis online kamu butuh email marketing:

1. Bersifat Lebih Personal

Dengan email marketing, memungkinkan kamu untuk berkomunikasi lebih personal dengan calon klien kamu, karena email akan dikirim kepada masing-masing calon klien. Tentunya hal ini juga akan membuat hubungan lebih dekat (engaging).

Salah satu cara berkomunikasi yang lebih personal misalnya dengan menyapa calon klien menggunakan “nama” mereka. Email yang menggunakan sapaan nama memiliki tingkat open rate lebih tinggi 18% dibanding yang tidak menggunakan nama klien.

Hal ini dibuktikan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Retention Science. Berikut hasil penelitiannya:

Sumber: Retention Science

2. Meningkatkan Trafik dan Penjualan

Trafik website tidak hanya datang melalui organic search, iklan, atau media sosial. Email juga bisa mendatangkan trafik untuk website kamu.

Dengan email marketing, kamu bisa membuat CTA (Click to Action) yang mengarah pada website kamu. Sehingga ketika calon klien mengklik CTA tersebut, trafik website kamu akan terus meningkat.

Semakin tinggi tingkat trafik website, tentunya penjualan bisnis online kamu juga akan semakin meningkat.

3. Mendorong Calon Klien untuk Berbelanja

Dengan email marketing, kamu juga akan mendorong calon klien untuk berbelanja (menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan). Kamu dapat memberikan berbagai penawaran menarik kepada masing-masing calon klien melalui email yang kamu kirim.

Misalnya dengan memperkenalkan produk atau jasa yang bisa menarik perhatian calon klien. Atau kamu juga bisa memberikan kode kupon maupun promosi spesial.

Dibawah ini salah satu contoh email marketing yang memberikan promosi harga kepada calon kliennya:

4. Tidak Membutuhkan Biaya yang Besar

Untuk melakukan email marketing, kamu tidak akan membutuhkan biaya yang besar. Bahkan sudah banyak tools yang menyediakan layanan secara gratis untuk membuat email marketing.

Misalnya Mailchimp, BenchMark, atau VerticalResponse. Untuk lebih mengenal ketiga tools tersebut, kamu bisa baca pada artikel apa itu email marketing.

Nah itulah 4 alasan kenapa bisnis online kamu butuh email marketing. Berdasarkan penjelasan diatas, terbukti bahwa email marketing menjadi salah satu media yang efektif untuk mempromosikan bisnis. Semoga bermanfaat.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *