Ingin Menjadi Digital Marketer yang Handal? Miliki 7 Skill ini!

3 menit

Pertumbuhan teknologi dan internet saat ini menjadi suatu faktor perkembangan digital marketing dalam sebuah bisnis.

Digital marketing merupakan suatu proses untuk mempromosikan suatu produk atau jasa menggunakan media digital (online) seperti website toko online, social media marketing, email marketing, atau content marketing.

Dengan digital marketing, akan mempermudah kamu untuk menjangkau banyak klien secara online. Selain itu, klien juga dapat melakukan pembelian menggunakan gadget mereka.

Oleh karena itu, tidak heran jika banyak orang yang ingin menjadi seorang “digital marketer”. Sebagai seorang digital marketer, mereka harus mampu melakukan hal-hal yang berkaitan dengan pemasaran secara digital (online). Seperti Search Engine Optimization (SEO), content marketing, email marketing, video marketing, dan lain-lain.

Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, ada 7 skill yang harus kamu miliki:

1.Memiliki Analisa yang Bagus

Analisa menjadi salah satu skill penting yang harus dimiliki oleh seorang digital marketer. Hal ini dibutuhkan ketika menganalisa hal-hal yang akan dilakukan, misalnya menganalisa target audience, strategi online marketing yang akan digunakan atau memilih media online yang cocok dengan bisnis tertentu.

Selain itu, skill analisa juga digunakan untuk menganalisa setiap kegiatan atau aktivitas marketing yang telah dilakukan. Tujuannya agar aktivitas marketing yang kamu lakukan menjadi lebih baik dari waktu ke waktu, sehingga dapat meningkatkan pendapatan bisnis kamu.

2. Kemampuan Mengolah dan Visualisasi Data Dengan Baik

Data diperlukan sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan keputusan yang akan dilakukan. Sehingga setiap kegiatan atau aktivitas digital marketing harus dilakukan berdasarkan data yang valid.

Misalnya data klien yang berguna untuk membuat perencanaan digital marketing, atau data yang berisi email klien yang diperlukan ketika melakukan email marketing.

Oleh karena itu, sebagai seorang digital marketer harus memiliki kemampuan mengolah dan memvisualisasikan data-data yang dibutuhkan untuk melakukan digital marketing.

3. Technical Skill yang Kuat

Sebagai seorang digital marketer, kamu akan bekerja secara team, seperti team website developer. Tidak ada salahnya jika kamu mengetahui teknik-teknik dasar yang dilakukan oleh team lain. Misalnya mengetahui teknik dasar website development.

Dengan mengetahui teknik-teknik dasar tersebut, komunikasi yang dilakukan dengan seorang web developer dapat berjalan dengan baik. Kamu dapat berdiskusi dan bertukar pikiran dengan mudah bersama mereka.

4. Kemampuan Membuat Berbagai Jenis Konten

Konten terdiri dari berbagai jenis, ada konten artikel, infografik, video, animasi, e-book, atau e-magazine.

Ketika melakukan digital marketing, kamu akan menggunakan berbagai jenis konten tersebut. Sehingga sebagai seorang digital marketer yang handal, kamu harus mampu membuat berbagai jenis konten.

Baca juga: 5 Strategi Content Marketing Untuk Bisnis Kamu

5. Mampu Berkomunikasi dengan Baik.

Komunikasi merupakan salah satu soft skill yang harus dimiliki oleh seorang digital marketer. Sebagai digital marketer kamu akan bertemu dan berbicara dengan banyak orang.

Penyampaian ide, strategi, atau proses digital marketing yang akan dilakukan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kamu menjadi seorang digital marketer.

Maka dari itu, pastikan kamu memiliki keterampilan berkomunikasi dengan baik, sehingga ketika bertemu klien, mereka dapat memahami apa yang kamu sampaikan.

6. Mengikuti Perkembangan Teknologi

Seperti yang kita ketahui, digital marketer merupakan sebuah profesi yang erat kaitannya dengan dunia digital dan teknologi yang selalu berkembang.

Untuk itu, penting bagi seorang digital marketer untuk terus mengikuti perkembangan teknologi. Sehingga proses digital marketing yang dilakukan, sudah menggunakan teknologi yang selalu up to date.

7. Aktif Di Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu media penting yang digunakan saat melakukan digital marketing. Ketika menjadi seorang digital marketing kamu juga harus aktif menggunakan berbagai media sosial. Misalnya Instagram, Facebook, atau Twitter.

Aktif di media sosial bertujuan untuk mempermudah kamu ketika melakukan social media marketing.

Baca juga: 7 Tips Sukses Melakukan Social Media Marketing

Apakah kamu seorang digital marketer? Pastikan kamu sudah memiliki 7 skill diatas untuk bisa menjadi seorang digital marketer yang handal. Semoga bermanfaat.

0


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *