Kesuksesan digital marketing ditentukan oleh berbagai faktor, salah satu faktornya yaitu kualitas konten yang digunakan. Konten yang berkualitas dapat menjadi daya tarik audiens, sehingga memungkinkan mereka untuk melakukan pembelian.
Untuk membuat konten yang berkualitas dan menarik, alangkah baiknya jika kamu membuat beberapa jenis konten, karena semakin bervariasi konten yang kamu buat maka semakin mudah untuk mendapatkan banyak calon pelanggan.
Ada 4 jenis konten yang harus kamu ketahui:
Daftar isi
1. Artikel
Artikel merupakan jenis konten yang terdiri dari beberapa rangkaian kata yang mendeskripsikan, menjelaskan, dan menguraikan suatu topik tertentu. Misalnya artikel mengenai teknologi, kuliner, kesehatan dan lain-lain.
Artikel dapat menjadi sarana yang efektif untuk meningkatkan trafik website. Dengan membuat artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat, maka akan mengundang banyak pengunjung datang ke website.
Untuk membuat artikel yang berkualitas, ada 3 tips yang harus kamu lakukan:
- Tentukan target audiens kamu.
- Kumpulkan konten-konten terbaik.
- Tingkatkan materi konten-konten tersebut.
Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai 3 tips diatas, kamu bisa baca pada artikel tips agar konten yang kamu buat lebih berkualitas.
Baca Juga: 5 Tips Menulis Konten Berkualitas Untuk Optimalisasi SEO .
2. Video
Konten video menjadi tren digital marketing yang populer pada tahun ini (2019). Video dapat dijadikan media promosi yang menarik untuk bisnis kamu. Seperti video yang berisi tutorial, review, tips dan trik mengenai suatu produk atau jasa yang kamu tawarkan.
Agar menghasilkan video yang mampu menarik perhatian para calon klien, ada 5 cara mudah membuat video marketing:
- Evaluasi Konten yang kamu butuhkan.
- Buat rancangan video.
- Rekam dan sunting video kamu.
- Lakukan SEO video.
- Pilih tempat pemasaran video yang tepat.
Berikut salah satu contoh video sebagai media promosi bisnis online:
3. Audio
Saat ini tidak sedikit yang menggunakan konten audio sebagai media promosi. Audio merupakan konten yang berupa rekaman suara yang membahas berbagai topik dan dapat didengarkan oleh banyak orang.
Dengan konten audio, calon klien dapat mendengarkan konten kamu ketika mereka melakukan pekerjaan lain. Konten audio juga tidak akan menampilkan iklan yang bisa mengganggu calon klien ketika mendengarkannya.
- Tips membuat konten audio:
- Tentukan 1 topik yang ingin dibahas.
- Gunakan microphone untuk memperjelas suara.
- Perhatikan durasi audio agar tidak terlalu lama.
- Gunakan aplikasi editing audio untuk menghasilkan konten yang lebih menarik, seperti Adobe Audition, Audacity, atau Reaper.
Dibawah ini salah satu contoh konten audio:
4. Infografis (Gambar)
Jenis konten yang terakhir yaitu Infografis. Infografis merupakan jenis konten yang terdiri dari beberapa gambar. Menyajikan konten infografis akan membuat pembaca (calon klien) merasa tidak bosan ketika membaca konten.
Selain itu, beberapa website terkenal juga telah menyajikan konten-konten mereka berupa konten infografis, seperti pinterest.
Tips membuat infografis yang menarik:
- Buat headline (judul) yang menarik.
- Fokus pada pesan yang ingin disampaikan.
- Gunakan gambar yang mudah dipahami oleh pembaca.
- Buat infografis yang sederhana dan nyaman dilihat.
- Publikasikan infografis kamu di berbagai media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, atau Pinterest.
Berikut salah satu contoh konten infografis:
Itulah 4 jenis konten yang bisa kamu buat ketika melakukan digital marketing. Kamu bisa membuat konten yang lebih bervariatif setiap harinya. Misalnya hari ini membuat konten jenis artikel, besoknya konten video, dan lusa membuat konten audio, begitupun seterusnya.
Mulai optimasi SEO website bisnismu sekarang!
Dapatkan posisi page 1 Google dan tingkatkan traffic serta revenue pada website bisnis kamu dengan SEO. Konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!