Bagi kamu seorang pebisnis mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah “Google Ads”. Platform iklan yang memberikan berbagai dampak positif terhadap sebuah bisnis. Mulai dari meningkatkan brand awareness, meningkatkan penjualan produk atau jasa yang ditawarkan, dan masih banyak yang lain.
Google Ads dapat digunakan oleh berbagai kategori bisnis, mulai dari skala besar, menengah, hingga besar. Juga bisa digunakan untuk bisnis yang berasal dari berbagai sektor, seperti kuliner, fashion, hospitality, atau bisnis lainnya.
Google Ads menjadi cara yang sangat efektif untuk mengarahkan user yang relevan dan berkualitas ke website kamu. Kamu akan mendapatkan lebih banyak calon konsumen sehingga penjualan bisnis juga semakin meningkat.
Di artikel ini kita akan membahas beberapa hal mengenai Google Ads, mulai dari apa itu Google Ads, keuntungan menggunakan Google Ads, biaya untuk membuat Google Ads, dan beberapa hal lainnya tentang Google Ads.
Daftar isi
Apa Itu Google Ads?
Google Ads adalah media iklan Google yang memungkinkan kamu untuk untuk menampilkan iklan berbayar pada mesin pencarian Google.
Melalui media iklan ini kamu bisa menampilkan iklan menggunakan kata kunci yang relevan dengan bisnis kamu. Sehingga kamu bisa menggunakan kaca kunci yang kamu inginkan.
Website yang menggunakan Google Ads biasanya diberi tanda tanda dengan tulisan “ atau Iklan”. Kamu bisa melihat contohnya pada gambar berikut.
Keuntungan Menggunakan Google Ads
Ada 4 keuntungan yang bisa kamu dapatkan ketika membuat iklan di Google.
A. Mendapatkan Pengunjung Sesuai dengan Target Bisnis Kamu
Google akan menampilkan iklan berdasarkan kata kunci yang ditargetkan, misalnya jika kamu memiliki usaha rental mobil di Pekanbaru dan kamu mentarget kata kunci ‘rental mobil murah di Pekanbaru’, maka pengunjung yang datang ke website kamu yaitu mereka yang sedang mencari tempat rental mobil di Pekanbaru.
B. Menaikkan Trafik Website
Dengan membuat iklan yang mudah ditemukan pada mesin pencari, maka akan mempermudah visitor mengetahui website atau bisnis kamu. Trafik website kamu akan meningkat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke website.
C. Omset Penjualan Meningkat
Google Ads juga membantu meningkatkan omset bisnis kamu karena kamu menargetkan iklan kepada mereka yang memang membutuhkan produk atau jasa yang kamu tawarkan (target iklan yang lebih tepat).
D. Iklan Dapat di Akses Melalui Berbagai Device
Setiap pengguna internet tentu menggunakan berbagai device yang berbeda-beda, mulai dari laptop, tablet, hingga handphone. Iklan kamu juga dapat diakses di berbagai device yang mereka gunakan.
Biaya Google Ads
Biaya Google Ads tergantung pada kata kunci yang digunakan. Besarnya nilai kata kunci tersebut tergantung kepada permintaan. Semakin tinggi permintaan sebuah kata kunci, maka biaya untuk menggunakan kata kunci tersebut juga lebih mahal.
Ada 4 cara pembayaran Google Ads yang bisa kamu lakukan.
1. Biaya per 1000 Impresi (Pay per Thousand Impression)
Kamu akan membayar setiap ada 1000 orang yang melihat iklan kamu. Hanya di lihat, bukan di klik.
2. Biaya per Klik (Pay per Click)
Kamu akan membayar setiap ada orang yang meng-klik iklan kamu. Dan jika mereka hanya melihat iklan kamu, maka kamu tidak akan dikenakan biaya.
3. Biaya per Konversi (Pay per Conversion)
Kamu akan membayar ketika goals (tujuan iklan) kamu sudah tercapai. Baik untuk tujuan iklan pendaftaran anggota baru, penjualan, atau untuk tujuan iklan yang lain.
4. Biaya per tonton (Cost per View)
Kamu akan membayar saat iklan video dilihat minimal selama 30 detik atau saat iklan selesai.
Baca Juga: Berapa Biaya Google Ads?
Jenis-Jenis Google Ads
Sebelum membuat Google Ads, ada 5 jenis Google Ads yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu. Ada Search Ads, Display Ads, Shopping Ads, Video Ads, dan Universal App Campaign.
A. Search Ads
Search ads yaitu iklan yang muncul ketika seorang user melakukan pencarian menggunakan kata kunci (keyword) tertentu melalui mesin pencari.
B. Display Ads
Display Ads adalah iklan yang muncul di website tertentu berdasarkan berbagai faktor seperti kata kunci, lokasi geografis, atau minat audiens.
C. Shopping Ads
Shopping Ads adalah iklan yang biasa digunakan oleh seorang pebisnis yang menyediakan berbagai informasi produk, seperti gambar produk, harga, dan nama penjual, maka jenis iklan ini cocok kamu gunakan.
D. Video Ads
Video ads adalah jenis iklan yang berupa video dan biasanya akan muncul ketika kamu membuka sebuah video di Youtube.
E. Universal APP Campaign
Universal APP Campaign adalah jenis iklan yang biasa digunakan untuk bisnis yang menyediakan aplikasi seluler untuk para konsumen mereka. Dengan iklan ini, kamu dapat mempromosikan aplikasi seluler di mesin pencarian, Play Store, atau YouTube.
Cara Menggunakan Google Ads
Untuk menggunakan Google Ads, kamu bisa mengikuti langkah-langkah dibawah ini:
1. Buka Google Ads
2. Klik tombol “Get Started”
3. Masukkan atau buat akun Google
4. Pilih Goals (tujuan iklan)
5. Masukkan kata kunci yang akan digunakan
Kamu bisa memasukkan kata kunci yang akan kamu gunakan. Google juga menyediakan beberapa kata kunci yang sesuai dengan bisnis kamu.
Setelah memilih kata kunci, klik tombol “Next”.
6. Pilih Jangkauan Lokasi Iklan
Disini kamu akan memasukkan jangkauan iklan kamu ditampilkan. Kamu bisa memasukkan nama negara, provinsi, kota, ataupun kode pos. Klik tombol “Next” untuk melanjutkan.
7. Tentukan Budget yang akan digunakan
8. Buat Deskripsi Iklan
Deskripsi iklan terdiri dari nama campaign (nama iklan), tujuan iklan, nama website, nama bisnis, ad text, nomor telepon, lokasi, keyword theme, dan budget yang telah kamu tentukan sebelumnya.
9. Pilih metode pembayaran dan lakukan konfirmasi
Metode pembayaran yang disediakan Google cukup beragam, kamu bisa membayar menggunakan kartu kredit atau transfer bank.
10. Berhasil membuat iklan Google
6 Tips Beriklan di Google Ads
Beriklan di Google Ads dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan menghasilkan lebih banyak konversi. Berikut adalah enam tips untuk membuat kampanye iklan Google Ads kamu lebih sukses:
A. Pahami Tujuan Kampanye Kamu
Tentukan dengan jelas apa yang ingin kamu capai dengan kampanye iklan Google Ads kamu. Apakah itu peningkatan penjualan, generasi lead, atau peningkatan kesadaran merek? Dengan memahami tujuan kamu, kamu dapat menyesuaikan strategi iklan kamu.
B. Penargetan yang Tepat
Tentukan siapa target audiens kamu berdasarkan demografi, lokasi, minat, dan perilaku online. Ini membantu memastikan bahwa iklan kamu hanya ditampilkan kepada orang-orang yang lebih mungkin tertarik dengan produk atau layanan kamu.
C. Penyusunan Kata Kunci yang Relevan
Lakukan riset kata kunci untuk menentukan kata kunci yang paling relevan dengan bisnis kamu. Gunakan kombinasi kata kunci yang tepat untuk menjangkau audiens yang relevan dan meningkatkan kualitas skor iklan kamu.
D. Pengoptimalan Halaman Tujuan
Pastikan bahwa halaman tujuan yang dihubungkan dengan iklan kamu relevan dan mudah dinavigasi. Pengalaman pengguna yang baik dapat meningkatkan konversi. Sesuaikan isi halaman dengan pesan iklan kamu untuk memberikan konsistensi.
E. Lakukan Uji A/B dan Analisis
Lakukan uji A/B untuk mengidentifikasi elemen iklan yang paling efektif. Analisis data kampanye secara teratur untuk melihat kinerja iklan, mengidentifikasi tren, dan membuat penyesuaian strategis. Google Ads menyediakan banyak data yang dapat membantu kamu mengoptimalkan kampanye kamu.
F. Atur Anggaran dengan Bijak
Tetapkan anggaran harian dan batas biaya per klik yang sesuai dengan tujuan bisnis kamu. Perhatikan pengeluaran harian dan pantau ROI (Return on Investment) untuk memastikan investasi iklan kamu memberikan nilai yang diinginkan.
Ingin tahu lebih banyak tentang Google Ads?
Jika kamu ingin mengetahui lebih banyak tentang Google Ads, kamu bisa membaca artikel sebelumnya mengenai belajar google ads untuk berbagai bisnis. Disana kamu bisa mengetahui cara membuat Google Ads, cara meningkatkan conversion Google Ads, dan masih banyak informasi lainnya.
Jika kamu masih bingung atau kesulitan dalam menerapkan Google Ads, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa iklan Google yang sudah profesional seperti Whello Indonesia. Tim Whello tidak hanya menawarkan layanan iklan Google Ads yang handal tetapi juga sudah berpengalaman luas dalam berbagai jenis klien. Sehingga tidak perlu ragu untuk menggunakan jasa Whello!
Semoga bermanfaat.
Apakah Google Ads mahal?
Biaya Google Ads bervariasi tergantung pada sejumlah faktor seperti persaingan kata kunci dan jenis kampanye yang dipilih. Namun, kamu dapat mengatur budget harian untuk mengendalikan biaya.
Apakah Google Ads cocok untuk bisnis kecil?
Ya, Google Ads cocok untuk bisnis kecil karena kamu dapat mengatur budget harian sesuai kemampuan dan tetap mencapai calon pelanggan yang relevan.
Apakah Google Ads lebih baik daripada iklan di media sosial?
Google Ads dan iklan di media sosial memiliki keuntungan dan tujuan yang berbeda. Google Ads cocok untuk menjangkau calon pelanggan melalui pencarian, sementara iklan di media sosial dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan interaksi langsung dengan audiens.
Bagaimana cara memilih kata kunci yang tepat untuk kampanye Google Ads?
Lakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang relevan dengan bisnismu dan kata kunci yang sering dicari oleh calon pelanggan. Gunakan alat bantu seperti Google Keyword Planner untuk membantu menemukan kata kunci yang tepat.
Boost omset penjualan di website kamu dengan SEA!
Maksimalkan omset bisnismu dan dapatkan keuntungan dengan strategi SEA yang tepat. Mulai konsultasi dengan specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!