Loyalitas konsumen berasal dari rasa puas mereka terhadap produk kamu. Selain itu, loyalitas konsumen menciptakan pelanggan yang akan selalu mengikuti perkembangan bisnismu. Loyalitas konsumen juga dapat meningkatkan penjualan produk. Namun, bagaimana cara membangun loyalitas konsumen?
Daftar isi
10 Cara Membangun Loyalitas Konsumen
Di bawah ini merupakan cara membangun loyalitas para pelanggan untuk meningkatkan penjualan suatu produk, antara lain:
1. Memberi Kemudahan Konsumen Melakukan Transaksi
Cara membangun loyalitas konsumen yang pertama adalah dengan memberi kemudahan calon pembeli untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan sistem yang mudah dimengerti, agar proses transaksi berjalan dengan mudah.
Contohnya, dengan menyediakan berbagai sistem pembayaran seperti QR Codes, e-wallet, COD, dll. Dengan begitu, konsumen akan nyaman dengan kemudahan transaksi yang kamu berikan. Alhasil, konsumen akan datang kembali untuk melakukan transaksi.
2. Sering Memberikan Diskon
Cara membangun loyalitas konsumen berikutnya adalah dengan memberikan diskon. Berikan voucher berupa potongan harga agar konsumen kamu tertarik melakukan pembelian. Semakin sering kamu memberikan diskon, maka konsumen akan semakin sering berbelanja. Kemudian, lambat laun loyalitas akan terbentuk.
Ada beberapa cara membangun loyalitas menggunakan diskon. Pertama, kamu bisa menggunakan sistem “buy item A get item B”. Selain itu, kamu juga bisa memberikan diskon jika nilai transaksi mencapai jumlah tertentu.
3. Mengetahui Keinginan Konsumen
Transaksi akan terjadi jika konsumen menginginkan produk tersebut. Hal ini juga bisa terjadi secara berkala jika produk tersebut adalah sesuatu yang benar-benar mereka sukai. Maka dari itu, cara membangun loyalitas konsumen lainnya adalah mengetahui keinginan konsumen.
Kamu bisa melakukan riset lapangan untuk mendapatkan data terkait keinginan target konsumen. Selain itu, kamu bisa mempelajari sesuatu yang sedang tren di media sosial. Setelah itu, lakukan evaluasi terhadap produk yang kamu tawarkan.
4. Tingkatkan Customer Care
Cara membangun loyalitas konsumen yang selanjutnya adalah dengan meningkatkan customer care. Customer care merupakan layanan yang bertujuan untuk membuat konsumen tetap setia pada suatu produk atau bisnis. Hal ini ditunjukkan oleh interaksi yang dilakukan untuk membangun hubungan lebih dekat dengan para konsumen.
Customer care juga harus bisa memberikan solusi yang tepat atas permasalahan yang dihadapi pelanggan. Maka dari itu, kamu harus meningkatkan kualitas customer care agar konsumen puas dan tidak beralih ke kompetitor.
5. Membuat Strata Konsumen
Strata atau tingkatan konsumen pada suatu brand cukup mempengaruhi perilaku pelanggan. Semakin tinggi strata yang didapat, berarti semakin loyal pelanggan tersebut terhadap produk kamu.
Strata ini juga akan mempengaruhi hadiah yang konsumen dapatkan, misalnya berupa diskon. Contohnya, strata konsumen terbagi menjadi 1-3 tingkatan. Strata 1, mendapatkan diskon 10%, strata 2 mendapatkan diskon 15%, dan strata 3 mendapatkan diskon 35%.
6. Meningkatkan Brand Awareness
Untuk mengembangkan suatu bisnis, pelaku usaha harus memperhatikan brand awareness. Semakin banyak orang tahu tentang merek kamu, maka semakin tinggi pula peluang kamu mendapatkan loyalitas dari para konsumen. Maka dari itu, salah satu cara membangun loyalitas konsumen adalah dengan meningkatkan brand awareness.
Selain itu, brand awareness memengaruhi aktivitas konsumen seperti pembelian kembali (repurchase). Konsumen akan membeli kembali produk kamu karena lebih dikenal. Akhirnya, penjualan kamu akan mengalami peningkatan.
7. Terus Berinovasi
Melakukan inovasi pada setiap produk yang kamu tawarkan merupakan cara membangun loyalitas konsumen lainnya. Dengan menciptakan produk maupun varian baru, akan membuat para pelanggan tidak bosan dan mata mereka akan selalu tertuju pada bisnismu.
Kamu bisa berinovasi melalui hasil evaluasi dari data-data mengenai kebutuhan pelanggan. Setelah itu, penuhi kebutuhan mereka dengan inovasi yang akan kamu buat.
Hasilnya, pelanggan akan mendapatkan apa yang mereka inginkan dengan kualitas terbaik.
8. Membuat Loyalty Program
Cara membangun loyalitas konsumen ini sudah digunakan sejak dulu dan masih relevan hingga sekarang. Loyalty program merupakan sebuah penghargaan yang kamu berikan kepada para konsumen.
Biasanya, loyalty program menggunakan sistem poin. Nantinya, konsumen akan mendapatkan poin tersebut ketika mereka membeli produk kamu. Setelah poin terkumpul, maka mereka dapat menukarkannya dengan hadiah seperti cashback, voucher, dan sebagainya.
9. Mendengarkan Pelanggan
Cara membangun loyalitas konsumen berikutnya adalah mendengarkan pelanggan. Mendengarkan saran atau keluhan pelanggan dapat menciptakan loyalitas konsumen terhadap brand kamu.
Konsumen akan merasa dihargai karena pendapat mereka didengar oleh kamu. Selain itu, konsumen merasa ikut andil atau terlibat dengan brand yang mereka suka.
Kamu bisa mendengarkan pelanggan dengan melakukan survei beberapa kali dalam 1 tahun. Setelah itu, kamu dapat melakukan penyesuaian sesuai dengan kritik, saran, dan masukan dari para konsumen.
10. Menggunakan Platform Media Sosial
Di zaman yang serba canggih, media sosial memainkan peranan penting bagi suatu bisnis. Sebab, media sosial merupakan platform yang menjembatani konsumen dengan sebuah brand agar dapat berkomunikasi. Komunikasi ini dapat meningkatkan loyalitas konsumen dan penjualan produk kamu.
Semua kegiatan di media sosial, seperti membagikan info mengenai produk atau berinteraksi dapat membangun loyalitas konsumen. Selain itu, buatlah berbagai konten berkualitas yang dapat meningkatkan penjualan produk kamu.
Sudah Tahu Cara Membangun Loyalitas Konsumen?
Zaman yang serba digital, membuat para pelaku usaha harus menjangkau audiens lebih luas lagi. Jika tidak, suatu usaha tidak bisa bertahan dan akhirnya tumbang. Cara yang bisa kamu lakukan untuk adalah dengan menggunakan jasa digital marketing.
Digital marketing sangat penting bagi bisnis kamu. Sebab hal tersebut dapat membantu bisnis menjangkau audiens lebih banyak daripada metode konvensional. Selain itu, digital marketing dapat melakukan cara-cara di atas untuk membangun loyalitas konsumen.
Tips memilih jasa digital marketing yakni mengidentifikasi agensi ataupun perusahaannya. Kamu juga harus mengetahui model bisnis, metode, hingga teknologi yang digunakan. Semua itu dilakukan agar pemasaran digital kamu berjalan dengan baik.
Untuk itu, kamu perlu menggunakan jasa digital marketing oleh Whello. Sebab. Whello merupakan jasa agensi digital marketing terpercaya dengan pengalaman lebih dari 5 tahun. Selain itu, mereka dapat membantu kamu mengembangkan bisnis dengan strategi yang tepat.
Apa itu membangun loyalitas konsumen?
Pengertian loyalitas konsumen adalah terbentuknya kepercayaan dan komitmen konsumen terhadap produk atau jasa. Hal ini didapatkan ketika mereka mendapatkan kepuasan dari produk atau jasa tersebut.
Faktor apa yang dapat mempengaruhi loyalitas konsumen?
Menurut Dharmmesta (1999), terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen yakni harga, kualitas produk, dan promosi.
Ada berapa indikator loyalitas konsumen?
Menurut Tjiptono (2002), ada 6 indikator yang berguna untuk mengukur loyalitas konsumen, yakni pembelian ulang, kebiasaan mengkonsumsi merek tersebut, selalu menyukai merek tersebut, tetap memiliki merek tersebut, yakin jika merek tersebut adalah yang terbaik, merekomendasikan merek tersebut kepada orang lain.
Bagaimana cara mengukur kepuasan dan loyalitas konsumen?
Untuk mengukur kepuasan dan loyalitas konsumen, kamu bisa melakukan survei. Survei ini bisa kamu lakukan di berbagai media seperti kuesioner, wawancara, atau telepon. Hasil dari survei tersebut akan mengungkapkan seperti apa kepuasan dan loyalitas konsumen.
Ayo mulai kembangkan bisnismu dengan Digital Marketing!
Kamu ingin mengembangkan bisnismu secara digital? Bingung harus mulai dari mana? Konsultasikan bisnismu bersama specialist kami sekarang!
Mulai Konsultasi!Ingin konsultasi
dengan para specialist
Whello?
Tips lainnya dari kami
Bongkar Mitos Google Ads Sebelum Beriklan
Temukan kebenaran di balik mitos Google Ads sebelum kamu mulai beriklan. Dapatkan wawasan berharga untuk memaksimalkan hasil iklan kamu!
Query Deserves Freshness: Algoritma Google yang Prioritaskan Konten Baru
Temukan bagaimana Query Deserves Freshness (QDF) memengaruhi peringkat pencarian kamu! Dapatkan wawasan mendalam di sini.
Website Desa: Kenali Manfaat, Fungsi, dan Cara Membuatnya!
Kenali berbagai manfaat dan fungsi website desa. Ikuti panduan untuk membuatnya dan tingkatkan keterlibatan serta informasi di desa kamu!
Follow us on Instagram
Temukan tips bermanfaat digital marketing serta keseruan spesialis Whello dalam menumbuhkan brand, hanya di Instagram @whello.indonesia. Follow, ya!