4 Cara Membuat Website Kamu Berada di Halaman Pertama Google

1 menit

Kata kunci (keyword) merupakan salah satu unsur untuk membuat website berada di halaman pertama Google. Untuk itu tentu kamu harus menggunakan kata kunci yang tepat dan memiliki volume pencarian yang tinggi (populer).

Nah, kali ini saya akan berbagi tips untuk untuk membuat website berada di halaman pertama Google menggunakan kata kunci apa saja yang sedang populer. Berikut tipsnya :

1. Cari Tahu Jenis Konten yang Dibutuhkan untuk Keyword yang Kamu Pilih

Seperti yang kita tahu, jenis-jenis konten tidak hanya berupa artikel, ada juga konten yang berupa halaman produk, video, audio. Penggunaan masing-masing jenis konten harus sesuai dengan keyword yang akan kamu gunakan.

Misalnya ketika kamu akan menjual sebuah Modem Andromax M3Z, maka kamu akan menggunakan kata kunci “beli modem andromax m3z”.

Orang yang akan menggunakan keyword tersebut, pasti ingin “membeli” modem andromax, bukan ingin “membaca” artikel yang berisi panduan membeli modem. Perhatikan contoh dibawah ini:

Kamu bisa lihat berdasarkan contoh diatas, website yang berada di halaman pertama Google yaitu website dengan isi konten yang menyediakan harga, spesifikasi produk, atau review mengenai produk (konten halaman produk).

Berbeda jika kamu menggunakan keyword “tips menggunakan modem andromax m3z”, pastinya website yang berada di halaman pertama yaitu website yang berisi konten berjenis artikel atau video. Berikut contohnya seperti gambar dibawah ini:

Oleh karena itu, jangan sampai salah dalam membuat konten. Sesuaikan konten dengan kata kunci yang kamu gunakan.

2. Buat Konten Berkualitas yang Mengundang Backlink.

Backlink merupakan cara untuk meningkatkan reputasi website di mesin pencarian Google. Dengan banyaknya website lain melakukan backlink terhadap website kamu, maka website kamu akan mendapatkan nilai yang bagus di halaman mesin pencarian.

Untuk mendapatkan backlink, salah satu cara yang bisa kamu lakukan yaitu membuat konten berkualitas yang mengundang banyak backlink.

Bagaimana caranya? Pada artikel sebelumnya mengenai tips mendapatkan link building, kamu juga akan menemukan tips lain untuk mendapatkan backlink yang berkualitas berdasarkan artikel tersebut.

3. Buat Konten dengan Kualitas yang Lebih Baik

Langkah ketiga yang bisa kamu lakukan yaitu membuat konten yang kualitasnya lebih baik daripada konten yang berada di halaman pertama Google.

Misalnya kamu akan menggunakan keyword “tips membuat konten”. Maka kamu melakukan pencarian menggunakan keyword tersebut pada mesin pencarian, sehingga kamu akan menemukan beberapa konten referensi terbaik di halaman pertama Google.

Perhatikan gambar dibawah ini:

Berdasarkan contoh diatas, kamu akan menemukan beberapa artikel yang ada di halaman pertama Google. Itu artinya artikel-artikel tersebut dianggap artikel terbaik berdasarkan penilaian Google.

Nah, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan yaitu menciptakan konten yang lebih berkualitas berdasarkan konten-konten yang sudah kamu temukan sebelumnya.

Bagaimana caranya? Gunakan metode KTP. Cara menggunakan metode KTP juga sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai membuat konten berkualitas menggunakan metode KTP.

4. Pahami Faktor yang Mempengaruhi Peringkat di Google

Ada beberapa faktor yang bisa membuat website kamu berada di halaman pertama Google. Yaitu :

a. Gunakan Keyword di URL dan Judul

Apapun keyword yang kamu gunakan bisa membuat website kamu berada di halaman pertama Google, asalkan kamu menggunakan keyword tersebut pada URL dan Judul.

Misalnya ketika kamu membuat sebuah artikel menggunakan keyword “strategi konten marketing”, maka sertakan keyword tersebut pada URL dan judul artikel. Lakukan seperti gambar dibawah ini:

b. Dapatkan Banyak Backlink

Semakin banyak website kamu mendapatkan backlink dari website lain, maka akan semakin mudah website kamu berada di halaman pertama Google.

c. Kepuasan Pengunjung.

Kepuasan pengunjung website juga merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google. Ada 3 hal yang mempengaruhi kepuasan pengunjung :

  • Memiliki loading website yang cepat, baik ketika diakses menggunakan desktop, tablet maupun handphone.
  • Struktur website yang jelas dan memiliki tampilan yang menarik.
  • Berisi konten dengan topik yang memberikan manfaat.

Itulah 4 cara yang bisa kamu lakukan agar website kamu bisa berada di halaman pertama Google dengan kata kunci yang akan kamu gunakan. Jika ada hal yang belum kamu pahami, silahkan tulis di kolom komentar dibawah ya.

1+


Content Specialist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *